Notification

×

Indeks Berita

Bakti Sosial,Para Pegiat Lingkungan Dan Pariwisata Bersihkan Sampah Di Kawasan Pantai Nambung.

November 20, 2022 | Minggu, November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T14:21:54Z
Bakti Sosial Di Kawasan Pantai Nambung

Kimsekotong.com,-Ratusan orang menggelar baksos bersih pantai di destinasi wisata Pantai Nambung Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong,Minggu(20/11/2022).


Menurut Ketua Panitia, Mutmainnah,kegiatan ini merupakan kegiatan 25 mahasiswa Kampus Merdeka yang magang di Bakri Center Foundation yang bermitra dengan DDORO CARE,yaitu sebuah komunitas di Lombok Tengah yang bergerak di bidang sampah residu khususnya.

 

“Giat baksos ini merupakan hasil koordinasi kami dengan H. Abdul Majid, S.Hi,anggota DPRD Lobar asal Desa Buwun Mas yang sekaligus menginisiasi kegiatan di Pantai Nambung ini”, ungkap Mutmainnah.


Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kadispar Lombok Barat H.M Fajar Taufik beserta istri, anggota DPRD Lobar, H. Abdul Majid, SHi,unsur Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa dan Sekdes Buwun Mas, Rochidi, SIP dan Muliadi,dan Kepala Desa Persiapan Pengantap Saidi S. Adm.


Turut pula hadir Pokdarwis Buwun Mas, Lokal Champion Buwun Mas, Komunitas Ayo Explore Indonesia, Persatuan Senam Sekotong-Lembar (Perselom) dan Kadus Nambung, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.


Kegiatan dimulai dengan pembukaan sekaligus sambutan oleh Ketua Panitia, Mutmainnah. Kemudian sambutan kedua oleh Kadispar Lombok Barat H.M Fajar Taufik, sambutan ketiga Oleh Kepala Desa Buwun Mas, Rochidi, SIP dan Kepala Desa Persiapan Pengantap, Saidi S. Adm dan sambutan terakhir oleh anggota DPRD Lombok Barat H. Abdul Majid, SHi sekitar pukul 08.00-08.30.

 

Dalam sambutannya, Bapak Kadispar Lobar mengatakan bahwa Pariwisata harus berjalan beriringan dengan semua elemen karena pariwsata tidak bisa sendirian.

Sedangkan Kepala Desa Buwun Mas dan Kepala Desa Persiapan Pengantap dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan baksos yang di selenggarakan oleh para Mahasiswa dan berharap kegiatan seperti ini terus berkelanjutan.


Adapun anggota DPRD Lobar yang lebih dikenal dengan Loezawa, H. Abdul Majid, Shi mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi edukasi bagi masyakat sekitar khususnya dan masyarakat luas umumnya.

"Dimana sampah merupakan persoalan bersama sehingga dibutuhkan sinergisitas yang baik dan harmonis untuk menyelesaikan persoalan sampah ini,"ujarnya.


Sekitar pukul 08.30 kemudian para pserta dibagi dalam beberapa kelompok mulai bergerak di wilayah pantai untuk membersihkan sampah yang dimulai oleh Kadispar Lobar, Kades Buwun Mas, Kades Persiapan Desa Pengantap,dan anggota  Dewan juga ikut langsung turun memungut sampah.

Sekitar Pukul 11.30 peserta kembali ke titik kumpul di lapangan Nambung membawa sampah yang sudah dikarung. Dari pantauan KIM Sekotong, puluhan karung sampah berhasil didapatkan yang dibagi dalam sampah plastik (residu) dan sampah non plastik dimana sampah sampah tersebut dibawa oleh para Mahasiswa.



Selanjutnya, ada juga sesi hiburan oleh orgen tunggal Lestari binaan Loezawa Management kemudian dilanjutkan poto bersama.


Di tempat terpisah, Ketua Pokdarwis Buwun Mas yang diakrab disapa Bang Tongkie menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu contoh Kampanye Sadar Wisata bagi masyarakat untuk membangun kesadaran tentang sampah. “Semoga kegiatan ini bisa terus dilakukan dan berkelanjutan”, ujarnya (MM)

×
Berita Terbaru Update