Notification

×

Indeks Berita

Klub Sepak Bola Asal Kecamatan Sekotong Batman FC,Juarai Umar Said Cup 2022.Berikut Profil Singkatnya.

Oktober 21, 2022 | Jumat, Oktober 21, 2022 WIB Last Updated 2022-10-21T12:21:06Z

Profil Singkat Klub Sepak Bola Batman FC Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Lombok Barat.

Batman FC Juara Umar Said Cup III 2022.

kimsekotong.com,-Klub sepak bola asal Kecamatan Sekotong Lombok Barat,Batman FC, kembali menorehkan prestasi sebagai juara pada Tarkam Sepak Bola Lombok Umar Said Cup III 2022.


Klub Batman FC (Bina Taruna Mandiri) Desa Taman Baru,menjadi juara setelah mengalahkan Sabar Sukur FC pada pertandingan yang berlangsung di Lapangan Umum Rumsari Desa Rumak Kecamatan Kediri,Rabu (18/10/2022).


Penasaran dengan Klub Batman FC,berikut ini sekilas Profil Singkat Klub Batman FC Sekotong Lombok Barat.


Batman FC terbentuk pada tanggal 20 Oktober 2010.Awalnya,club sepak bola kebanggaan masyarakat Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong ini bernama Putra Mandiri FC.


"Namun pada awal tahun 2010,saya mencoba untuk melakukan perubahan nama club menjadi Batman FC ( Bina Taruna Mandiri),"tutur Faesal,pendiri sekaligus pelatih klub sepak bola Batman FC memulai kisahnya,Jum'at (21/10/2022).


Lebih jauh dikatakan Ecel,demikian ia biasa dipanggil,bahwa perubahan nama club tersebut lahir dari inspirasi secara spontan.


"Karena tempat tinggal saya namanya Dusun Kelep yang jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya terbang,maka untuk menyesuaikan nama club dan logo,saya memilih logo Batman karena terinspirasi dari film Batman yang sangat disukai semua orang,khususnya kalangan anak-anak,"lanjut Echal menuturkan.

Paesal,pelatih klub 

Karena nama daerah asal klub dan film Batman dirasa memiliki kesamaan,maka akhirnya pengurus klub menyepakati nama dan logo klub yang semula Putra Mandiri FC menjadi Batman FC (Bina Taruna Mandiri).


"Batman adalah singkatan dari Bina Taruna Mandiri,adapun makna yang terdapat pada logo Batman yaitu Lingkaran Biru,melambangkan kesatuan,sedangkan pilihan warna Biru adalah identik dengan letak Geografis kami yaitu "Gawah" atau hutan.


"Gawah Toak" itu tidak Hijau tetapi hijau tua atau Biru.Karena semua pemain Batman FC merupakan putra terbaik Sekotong atau yang identik disebut"Kanak Gawah",ujar pelatih yang juga merupakan salah satu anggota exco Askab Lombok Barat ini.


Sedangkan secara umum gambar kelelawar pada logo klub terinspirasi dari Superhero “BATMAN” yang berkostum kelelawar sebagai lambang kekuatan semangat untuk tidak mudah menyerah,serta bintang menggambarkan cita-cita luhur dalam mempersatukan pemuda lewat olahraga.


Semangat yang tinggi disertai ketekunan berlatih para skuad Batman FC secara bertahap terus digembleng oleh Coach Paesal.Hobinya bermain sebagai salah satu pemain sepak bola legendaris di Kecamatan Sekotong ia tinggalkan demi fokus membesarkan Batman FC.


"Saya memutuskan  untuk off sebagai pemain aktif, fokus menjadi manager club & pelatih club Batman FC bermodal sedikit pengalaman yang saya miliki.Hal pertama yang saya bangun dari para pemain adalah memiliki karakteristik permainan yang kuat.Dan pada awal terbentuknya Batman FC,saya tidak menekan pemain untuk mengejar target juara,yang penting ikut mejadi kontestan saja dulu,"ujarnya.

Klub Batman FC Desa Taman Baru Sekotong


Apa yang diharapkan oleh pelatih klub Batman FC pada generasi awal,rupanya mendapatkan perhatian serius dari para pemain.Dimana saat itu,Batman FC mencatatkan sejumlah pemain senior yang cukup ternama di Kecamatan Sekotong,seperti Paesal, Saparudin,Ashari, Burham,Samurdiana,Mursid,Rizal (Kiper),Dedi irawan,Kamek,dll.


Hingga memasuki usia 13 tahun,Batman FC terus melakukan pembenahan dan tampil di berbagai turnamen di tingkat desa,kecamatan,kabupaten bahkan tampil di berbagai open turnamen sepak bola se Pulau Lombok.


Sebut saja beberapa open turnamen yang diikuti oleh Batman FC yaitu LABUAPI CUP 2, PUTRA BAJANG CUP (Juara 3 ),Maik Meres cup (Juara 1), Liga 3 Askab Lobar (Juara 1) Dandim Cup 2019 (terhenti covid),Crystal Friendly Game 2021 (juara 1),dan Umar Said Cup III (Juara 1).


Atas capaian tersebut,Coach Paesal berpesan kepada para pemain Batman FC untuk tidak cepat puas diri,terus berlatih dan selalu rendah hati.


"Catatan penting buat semua pemain Batman FC yaitu jangan pernah sombong dengan pencapaian, jangan cepat berpuas diri karena akan pasti ada tantangan yang lebih besar yaitu mempertahankan juara jauh lebih sulit daripada meraihnya,"pungkas Bang Ecel menutup perbincangan.


Kisah Pemain Bintang Batman FC,Muhamad Saleh,Pemain Terbaik Bajang Cup 2015.


Moh Saleh Saleh usia 21 tahun, sejak SD ditinggal oleh  ayahnya.Kemudian ketika beranjak dewasa,Saleh sempat merantau ke negeri jiran Malaysia, setelah dinobatkan menjadi pemain terbaik BAJANG CUP 2015 Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah.

Muh.Saleh Pemain Batman FC.

Sekitar  3 tahun di Malaysia, dia ditinggal oleh ibunya tanpa dikabarkan apakah ibunya masih hidup atau tidak.Di Malaysia Saleh sempat ditahan pihak kepolisian Malaysia selama berbulan bulan karena dianggap pekerja ilegal.


Kemudian saleh pulang ke tanah kelahiranya tepatnya di Dusun Kelep tengah Desa Taman Baru, sesampai dirumah ia tidak disambut senyum sang ibu karna sudah meninggal dunia tanpa ia ketahui. sebelumnya kalau sang ibu telah meninggalkanya saat dlm tahanan

Semoga menjadi inspirasi buat generasi Desa Taman Baru khususnya.(sumber Fb:Echal Seccotonk).

×
Berita Terbaru Update