Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sikat Gigi Bersama Memperingati HKGN 2022 Diikuti Ribuan Siswa SD Di Lombok Barat.

September 12, 2022 | Senin, September 12, 2022 WIB Last Updated 2022-09-12T11:02:31Z

Sikat gigi bersama,Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022 di Kabupaten Lombok Barat diperingati dengan melakukan kegiatan sikat gigi bersama yang diikuti 2000 lebih siswa SD di Lombok Barat,Senin(12/9/2022).

Sikat gigi bersama HKGN 2022 Di Lombok Barat.

Sebanyak 2002 anak di 14 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Lombok Barat menyikat gigi secara bersamaan.Sikat gigi serentak ini merupakan bagian dari kampanye Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perawatan gigi dan mulut bagi para siswa Sekolah dasar yang berlangsung pada Senin 12 September 2022 bertempat di Lapangan  Kantor Bupati Lombok Barat.

Sebelum kegiatan menyikat gigi secara bersama sama tersebut,para siswa sekolah dasar terlebih dahulu mendapat penyuluhan dan bimbingan tentang cara menyikat gigi yang benar dari para dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Lombok Barat dan PDGI Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kampanye sikat gigi bersama (Sigiber) ini dilakukan serentak di Indonesia sebagai program Kementerian Kesehatan dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)."Kegiatan sikat gigi bersama ini awalnya tercatat 500 siswa yang berpartisipasi,tetapi menurut angka terbaru yang diterima panitia hari ini lebih dari 700.000 siswa menyikat gigi bersama"kata Yuanita dari panitia penyelenggara.

Menurut Yuanita,usia sekolah merupakan usia yang paling rentan terhadap kesehatan gigi dan mulut.Dengan demikian,usia SD merupakan waktu yang sangat strategis untuk mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut.

"Usia 8-11 tahun sangat penting untuk gigi permanen,karena pada masa inilah gigi berubah dari gigi susu menjadi gigi tetap atau dewasa,"kata Yunita.

Secara umum di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),sikat gigi bersama dalam HKGN 2022 menargetkan 10.000 siswa. Namun hasil akhirnya tercatat diikuti oleh sebanyak 14.149 siswa.

Dengan rincian yaitu Kota Mataram terdiri dari 1275 siswa,Lombok Tengah 900 siswa,Lombok Utara 608 siswa, Lombok Timur 1000 siswa,Sumbawa dan KSB 1184 siswa,Bima dan Dompu 1048 siswa dan Lombok Barat 8134 siswa.

Sedangkan untuk kegiatan HKGN yang difokuskan di Gerung Lombok Barat ini diikuti 14 Sekolah Dasar.

Wakil Gubernur NTB Hj.Siti Rohmi Djalillah pada acara peresmian HKGN yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia PDGI Kabupaten Lombok Barat dan PDGI Provinsi NTB mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan HKGN ini diharapkan dapat berlanjut kedepannya.

"Dengan melaksanakan kegiatan dasar baik di Taman Kanak-kanak (TK) maupun Sekolah Dasar (SD) menunjukkan pentingnya menyikat gigi setiap hari untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut di Lombok Barat NTB dan Indonesia.

Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid dalam kesempatan tersebut melaporkan kepada wakil gubernur NTB bahwa kegiatan HKGN 2022 di Lombok Barat bertempat di beberapa lokasi.

"Kami telah menyiapkan dua lokasi di Kantor Kecamatan Gunung Sari dan Kantor Bupati Lombok Barat di Bencingah sebagai pusat kegiatan HKGN 2022 bekerjasama dengan PDGI Kabupaten Lombok Barat dan PDGI NTB,"ucap Fauzan Khalid.



×
Berita Terbaru Update