Notification

×

Indeks Berita

Siswa MAN 2 Mataram Asal Buwun Mas Sekotong,Wakili Indonesia Di Ajang MUN Tahun 2022.

Agustus 04, 2022 | Kamis, Agustus 04, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T11:23:32Z

Muhamad Andrianudin Siswa MAN 2 Mataram Lombok,Wakil Indonesia Di Ajang Model United Nation (MUN) Tahun 2022.

Wakil Indonesia di ajang MUN Tahun 2022.
Kimsekotong,-Model United Nation (MUN) atau Simulasi Sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),merupakan ajang yang memberikan kesempatan bagi para pemuda dari seluruh negara di dunia untuk merasakan secara langsung jalannya sidang PBB.
Melalui Model United Nation PBB ini,para pemuda pilihan ini akan berkumpul,berdiskusi dan berdiplomasi untuk menyampaikan pendapat serta merumuskan jalan terbaik bagi permasalahan global.Simulasi Sidang PBB (MUN) ini dapat digambarkan layaknya Parlemen Remaja DPR RI di Indonesia.

Simulasi Sidang PBB mulai diselenggarakan pertamakali di Kuala Lumpur Malaysia pada tahun 2017 yang diikuti 620 utusan dari 45 negara.MUN kedua tahun 2018 dilaksanakan di Bangkok Thailand yang diikuti oleh 1.066 delegasi yang berasal dari 70 negara.

Malaysia kembali menjadi tuan rumah MUN tahun 2019.Terdapat 1.518 delegasi dari 85 negara yang hadir saat itu. Karena wabah covid 19 yang melanda dunia pada awal tahun 2020,simulasi sidang PBB dilaksanakan secara virtual sebanyak 2 kali.Yaitu di awal Februari 2022 diikuti 575 delegasi dari 52 negara,serta pada Bulan November 2020 yang diikuti oleh 1.018 delegasi dari 51 negara.

Model United Nation ke 6 kembali diselenggarakan secara virtual pada tahun 2021 karena kasus Covid yang sedang mewabah.Model United Nation Ke-VII Tahun 2022 kali ini dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 25 hingga 28 Februari 2022 di Kota Denpasar Bali. MUN Ke-VII ini dikuti 393.241 pendaftar dari 180 negara peserta.

Salah satu peserta MUN Tahun 2022 yang menjadi wakil Indonesia adalah seorang pemuda asal Dusun Bengkang Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,Muhammad Andrianudin.

Andre,demikian namanya biasa dipanggil,merupakan siswa keas 12 Program Keagamaan  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menjadi wakil Indonesia sebagai peserta Simulasi Sidang PBB bukanlah perkara gampang.Setiap peserta MUN diseleksi ketat,berupa seleksi administrasi,menulis esai,tes wawancara dan uji kelayakan. Semua tes tersebut dilakukan menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Disamping kemampuan berbahasa asing,Model United Nation juga membutuhkan kecakapan bernegosiasi dan berdiplomasi layaknya para anggota PBB yang tengah bersidang.Persyaratan lainnya yaitu kecakapan public speaker,kecakapan leadership serta mampu berpikir kritis.Juga kemampuan membangun jaringan lintas negara dan menemukan solusi global dalam waktu singkat.

"Muhamad Andrianudin memiliki kemampuan berbahasa Inggris layaknya penutur asli.Kemampuan berbahasa asing ini terasah sejak dini dan semakin meningkat sejak di asrama MAN 2 Mataram.Andre juga sering bertemu native speaker yang membuatnya percaya diri. Selain Bahasa Inggris,ia juga lancar berbahasa Arab,"jelas pihak MAN 2 mataram kepada media.

Ketika dikonfirmasi tentang keberadaan Muhamad Andrianudin saat ini,Kepala Dusun Bengkang Desa Buwun Mas mengatakan bahwa Andre lebih banyak tinggal di Mataram untuk bersekolah."Andre lebih banyak tinggal di Mataram,hanya pada saat liburan sekolah saja ia pulang,"ucap Kadus Bengkang melalui sambungan telponnya.Kamis (4/8/2022).

Ketika ditanyakan bagaimana tanggapan terkait prestasi Andre,Pak Kadus Bengkang mengatan sangat bangga dan berharap agar lebih banyak lagi pemuda pemuda di dusunnya yang bisa berprestasi.

Senada dengan Kadus,Kepala Desa Buwun Mas,Rochidi,S.Ip mengatakan sangat mendukung semua potensi para pemuda di Desa Buwun Mas.

"Kebtulan tadi pagi (4/8) Andre datang ke rumah untuk minta bantuan untuk difasilitasi transportasinya.Dan saya sangat mendukung dan menyanggupinya,karena pada Bulan Agustus ini Andre ke Malaysia terlebih dahulu,dan pada bulan september 2022 nanti dia akan berangkat ke Dubai,"ujar Rochidi.

"Kalau kami Pemdes Buwun Mas sangat mendukung setiap potensi dan bakat yang ada desa dari semua sektor,termasuk juga beberapa atlit asal Desa Buwun Mas yang sudah mulai muncul di berbagai ajang kompetisi baik di daerah maupun luar daerah,"pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update