Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketua DPW AGPAII NTB Apresiasi Kegiatan Bimbingan Literasi AGPAII Sumbawa.

Agustus 08, 2022 | Senin, Agustus 08, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T13:58:40Z

Tingkatkan Kapasitas Literasi,AGPAII Sumbawa Gandeng Penerbit Buku Dan Penulis Lokal.

DPW AGPAII PROVINSI NTB

kimsekotong.com,-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Sumbawa,menggelar kegiatan bimbingan literasi selama 2 hari (Sabtu-Ahad,6-7 Agustus 2022) kepada para anggota dan pengurus.

Bimbingan Literasi Sumbawa ini selain dihadiri oleh para Guru Pelajaran Agama Islam(GPAI),juga berasal dari  beberapa guru mata pelajaran lainnya.Sebanyak 165 orang peserta yang terdiri dari para penulis lokal,penggiat seni daerah,dan para kepala sekolah langsung mendapatkan bimbingan para narasumber dari Tim Elex Media Komputindo Jakarta.

"Alhamdullillah,bisa membersamai pejuang AGPAII Kabupaten Sumbawa dalam kegiatan Literasi Sumbawa bekerjasama dengan Elex Media Komputindo Jakarta dan FIG Sumbawa,"jelas Ketua DPW AGPAII NTB,Sulman Haris,M.Pdi kepada media,Senin(8/8/2022).

Dijelaskan lebih jauh oleh Sulman Haris,bahwa kegiatan tersebut dibuka  oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kab.Sumbawa,I Ketut Sumadi Artha,SH,mewakili Bupati Sumbawa.

Turut pula hadir Kadis Dikbud Sumbawa Dr.M. Ikhsan Safitri,M.Si,sekaligus sebagai keynot speker,dan Kadis Dispusip Sumbawa,H. Syahril, S.Pd.Sedangkan dari pihak Elex Media Komputindo Jakarta dihadiri oleh Bagus Sumanjaya,Manager Business Deveelopment,Retno Kristi,Senior Editor Elex Media,dan Jarwati,Editor In chif Redaksi Quanta.

Pada kesempatan tersebut,Ketua DPD AGPAII Kabupaten Sumbawa sekaligus sebagai Ketua Forum Ilmiah Guru (FIG) Sumbawa,Sulkifli,S.Ag.,M.Pd.I,mengatakan bahwa kegiatan literasi ini sangat mendatangkan manfaat bagi para guru dalam hal peningkatan kompetensi menulis dan pengembangan diri.

"Persiapan yang ada sangat terbatas,namun dengan adanya koordinasi dengan pihak Dinas Dikbud dan Dinas Perpustakaan dan dan Arsip Kabupaten Sumbawa yang intens kami lakukan,serta support yang luar biasa diberikan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,"ucap Sulkifli,selaku ketua panitia kegiatan.

Dikatakan Sulkifli bahwa target yang diharapkan dari kegiatan literasi ini,yaitu hasil karya tulis dapat dipublis dan di cetak sebagai output kegiatan,dan akan terus mendapat pendampingan sampai tuntas baik ofline dan online.

Kegiatan bimbingan literasi yang dilakukan AGPAII Kabupaten Sumbawa tersebut mendapat apresiasi DPW AGPAII NTB,Sulman Haris,M.Pdi.Selaku Ketua DPW AGPAII NTB,dirinya berencana menindaklanjuti kerjasama AGPAII dengan Elex Media yang akan memaksimalkan serta mengobarkan budaya literasi menulis di kalangan GPAI.

Sulman Haris juga berharap agar bimbingan literasi tersebut nantinya dapat juga bekerjasama dengan Lembaga Bahasa Provinsi NTB."Terima kasih ketua DPD AGPAII Sumbawa atas gebrakan pertama ini, dan insya allah akan ditindak lanjut di sembilan kabupaten/kota di NTB,"ucap Sulman Haris yang datang jauh jauh dari Pulau Lombok bersama rombongannya.

Adapun sejumlah Ketua DPD AGPAII Kabupaten/kota Di NTB yang hadir bersama Ketua DPW NTB yaitu Ketua DPD AGPAII Kota Mataram,M.Nasir,S.Ag,Ketua DPD AGPAII Lombok Tengah,M.Sar'i, S.Ag. M.Pd,Ketua DPD AGPAII Lombok Timur,H. Nurji,S.Ag.,M.Pd.I,Ketua DPD AGPAII Kabupaten Sumbawa Barat,Nurjidad,S.Ag. M.Pd,Ketua DPD AGPAII Kabupaten Dompu,Ismul Azam,M.Pd.I,dan Ketua DPD AGPAII Kota Bima,Mujiburrahman,S.Ag.,M.Pd.I.Sedangkan Ketua DPD Kabupaten Bima,KLU dan Kabupaten Lombok Barat diwakili oleh beberapa pengurus DPW AGPAII NTB.

Selain menghadiri kegiatan bimbingan literasi AGPAII Sumbawa,kehadiran para ketua AGPAII Kabupaten/kota ini,juga untuk melakukan rapat koorddinasi dan konsolidasi serta mobilisasi guna mensukseskan KONGRES IV AGPAII yang akan berlangsung di Provinsi Sumatera Barat pada Bulan September dan Oktober 2022.

Sejumlah  kegiatan pra kongres yang akan dilaksanakan AGPAII NTB yaitu pameran buku dan karya GPAI NTB,bazar produk lokal daerah serta kegiatan lain di masing masing DPD."Namun yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana melakukan komunikasi dengan Pemda dan DPRD serta dinas terkait supaya bisa memberikan support dana PPG bagi 1.828 GPAI yang sudah lulus tes,"pungkas Ketua DPW AGPAII NTB yang sekaligus Kepala SMKN 1 Sekotong Lombok Barat ini.

×
Berita Terbaru Update