Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Embung Kengkang Dikuras,Warga Sekotong Bawa Pulang Sekarung Ikan Mujaher.

Agustus 07, 2022 | Minggu, Agustus 07, 2022 WIB Last Updated 2022-08-07T14:16:39Z

kimsekotong.com,-Akibat dikuras atau dikeringkannya air Embung Kengkang Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Lombok Barat,membawa keberkahan bagi warga sekitar area embung.

Sejak beberapa waktu lalu,ratusan warga dari berbagai dusun tumpah ruah di sekitar waduk.Warga yang kebanyakan ibu-ibu dan anak anak ini,terlihat menceburkan diri kedalam embung yang penuh lumpur tersebut untuk menangkap ikan.Ada yang membawa jaring,sorok,atau alat lainnya untuk digunakan menangkap ikan mujair di Embung Eyat Kengkang.Dari sejak pagi hari hingga sore,warga terus berdatangan untuk menangkap ikan di air embung yang telah mulai mengecil.

Kesibukan warga menangkap ikan tersebut ada yang digunakan sebagai lauk sehari hari,ada pula untuk dijual."Hasil tangkapan ikan untuk lauk dirumah dan juga dijual,harganya Rp.10.000 setiap kantong plastik kecil,"ucap salah seorang warga yang hari itu terlihat berhasil menangkap 2 karung ukuran 25 kg berisi ikan mujair.

Dijelaskan oleh salah seorang tokoh Masyarakat Desa Taman Baru,Faesal, bahwa pengurasan atau pengeringan air embung merupakan kegiatan remedial perbaikan Embung Kengkang.Tujuan pengeringan air embung adalah untuk melihat ada atau tidaknya sedimentasi yang terdapat di dasar di Embung Kengkang Desa Taman Baru.

"Embung Kengkang ini dikuras karena akan ada pekerjaan perbaikan remedial dari hulu ke hilirnya,untuk mempermudah pekerjaan bongkar pasang batu nantinya,maka air embung harus dikuras sampai kering,"jelas Faesal.

Selain Embung Kengkang Desa Taman Baru,yang akan dikuras airnya adalah Embung Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah dan Embung Tibu Kuning Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong.

×
Berita Terbaru Update