Notification

×

Indeks Berita

Ustaz H.Zaitun Ridwan Ingin Bertilawah Hingga Ke Liang Lahat.

Juli 25, 2022 | Senin, Juli 25, 2022 WIB Last Updated 2022-08-10T13:38:02Z

Mengenal Ustaz Haji M.Zaitun Ridwan Qori' Nasional Cacat Netra Asal Kabupaten Lombok Barat.

Ustaz H.M.Zaitun Ridwan Lombok Barat.
Kimsekotong.com,-Haji Muhammad Zaitun Ridwan atau yang lebih akrab dipanggil Ustaz Zaitun,merupakan seorang qori' nasional cacat Netra kelahiran Gerung pada tanggal 23 Maret 1983.Ditengah keterbatasan yang ia miliki,Ustaz Zaitun mampu menorehkan prestasi yang mengharumkan tanah kelahirannya Lombok Barat.

Sejak usia remaja,dengan lantunan tilawah Al-Qur'an yang ia bacakan,Zaitun Ridwan meraih juara pertama nasional pada MTQ ke-20 tahun 2006 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara,untuk golongan cacat Netra remaja.Atas prestasinya tersebut,nama Zaitun Ridwan semakin harum dan dikenal luas oleh masyarakat Lombok Barat dan NTB pada umumnya.

Keahlian Zaitun Ridwan dalam melantunkan Tilawah Al-Qur'an,dipelajarinya sejak kecil.Meskipun ia berasal bukan dari keluarga seorang qori'."Tiang suka tilawah sejak masih kecil,dan banyak belajar dari guru-guru tilawah seperti Ustaz Zainun,Ustaz Muhtar Muslim dan banyak lagi yang lain"tutur Ustaz Zaitun ketika diwawancarai usai diundang pada acara pengajian umum di Dusun Lendangre Desa Sekotong Tengah,Senin (25/7/2022).

Ketika ditanyakan tentang motivasinya mendalami seni tilawah,anak ke-6 dari 7 bersaudara pasangan Bapak Ridwan dan Ibu Johariyah ini mengatakan bahwa Al-Qur'an merupakan petunjuk didunia hingga akhirat.

"Saya terdorong sekali untuk mempelajari Al-Qur'an.Karena Al-Qur'an merupakan petunjuk di dunia dan akherat,"jawabnya seraya membacakan beberapa ayat tentang keutamaan membaca Al-Qur'an.

Disela-sela memenuhi undangan pembacaan Kalam Ilahi di berbagai acara.Bapak 2 anak ini menyibukkan diri mengajar tilawah di rumahnya yang terletak di Lingkungan Pohdana Kelurahan Gerung Lombok Barat.

Diakhir wawancara ia berpesan kepada para generasi muda islam, untuk selalu membaca dan mencintai Al-Qur'an dengan sungguh-sungguh."Kepada anak anak muda saya berpesan agar selalu membaca dan mencintai Al-Qur'an karena Allah.Insya allah Al-Qur'an akan menyelamatkan kita di dunia hingga akherat,"ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya akan berhenti menjadi qori' ketika telah masuk ke liang Lahat."Menjadi qori' itu tidak ada batas waktu,hingga sampai ke liang Lahat,"ujarnya.

Salah seorang muridnya dibidang tilawah,yaitu Nurudin asal Dusun Lebah Suren Desa Sekotong Tengah ikut menambahkan,bahwa metode belajar tilawah pada Ustaz Zaitun Ridwan sangat mudah dipahami."Beliau mengajar ayat demi ayat,kalau belum kita kuasai kita tidak dikasih pindah ke lagu berikutnya,"jelas Nurudin yang juga merupakan seorang kepala dusun ini.

×
Berita Terbaru Update