Notification

×

Indeks Berita

Perjalanan Ke Orong Bukal,Tempat Wisata Yang Disebut Raja Ampatnya Lombok.

Juli 16, 2022 | Sabtu, Juli 16, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T04:33:43Z

Orong Bukal Tempat Wisata Viral Di Lombok Tahun 2022.

KIM Sekotong,-Keindahan Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat dengan gugusan pulau pulau kecil dikelilingi birunya air laut,ternyata juga bisa ditemukan di Pulau Lombok NTB.Tempat Indah itu bernama Orong Bukal yang terdapat di Dusun Sauh Desa Persiapan Belongas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Orong Bukal merupakan sebuah tempat dengan panaroma alam dengan gugusan bukit dan tebing bebatuan yang mengerucut mirip candi.Birunya air laut Selatan dengan ombak menghempas tebing menyambut setiap pengunjung.Perjalanan yang begitu melelahkan ke Orong Bukal seakan terbayar lunas dengan pilihan tempat berswafoto indah terpampang di depan mata."Mirip Raja Ampat,"kata seorang pengunjung yang jauh jauh datang dari Kota Mataram Lombok.

Menuju orong bukal membutuhkan kekuatan fisik yang prima.Sebab,jarak ke orong bukal sekitar 15 kilometer dari pusat Kantor Camat Sekotong menggunakan kendaraan roda 2, hingga berjalan kaki menuju lokasi.

Perjalanan menuju orong bukal dapat ditempuh melalui jalur utama yaitu dari pintu masuk pertigaan sekotong depan alfa mart sekotong,belok kiri ke arah selatan.Perjalanan cukup mudah karena tidak ada jalur lain,lurus hingga memasuki wilayah Desa Taman Baru dan memasuki Tanjakan Bukit Dusun Lemer yang menjadi perbatasan antara Desa Taman Baru dan Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong.

Sesampainya di Dusun Kombang tepatnya di depan SMPN Buwun Mas, belok kanan menuju Desa Persiapan Belongas.Jalan cukup mulus akan kita lalui dengan pemandangan khas daerah pedesaan terpencil.Orong bukal dalam bahasa lokal setempat artinya jalan kelelawar."Bukal"atau kelelawar banyak ditemukan dikawasan ini.

Selain tempatnya yang mirip Raja Ampat,cukup dekat dari tempat ini terdapat juga Pulau Sepatang atau Sophia Louisa yang tercatat sebagai Pulau Terluar NKRI yang berbatasan dengan Australia.Disamping itu,terdapat juga Pantai Nambung dan kawasan pantai lainnya di daerah ini.

Orong Bukal belum begitu dikelola dengan baik,sebab tempat ini baru dikenal sekitar tahun 2021 setelah diunggah ke media sosial oleh para netizen."Insya allah kita akan lihat perkembangan kedepan,siapa tau orong bukal bisa menjadi destinasi andalan yang bisa dikembangkan,"kata Alwi,S.Sos penjabat Kepala Desa Persiapan Belongas.

×
Berita Terbaru Update