Notification

×

Indeks Berita

Lokasi Pantai Tanjung Bias Lombok Barat,Tempat Wisata Kuliner Yang Dikelola Bumdes.

Juli 21, 2022 | Kamis, Juli 21, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T12:09:19Z

Pantai Tanjung Bias Pantai Tersehat Di Provinsi NTB Tahun 2020.

Lokasi Pantai Tanjung Bias Lombok Barat berada di daerah pesisir Dusun Karang Telage Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar.Jaraknya cukup dekat dengan kawasan wisata senggigi.Masih dalam satu wilayah kecamatan,namun berbeda desa. Pantai Tanjung Bias mempunyai pesona tersendiri yang memukau setiap pengunjung yang datang.

Pantai ini memiliki latar belakang pemandangan Gunung Agung Bali,dari Puncak Gunung Agung semburat cahaya merah jingga menandai matahari akan segera tenggelam di ufuk barat.Lokasi Pantai Tanjung Bias yang sangat strategis dengan akses jalan yang mudah dijangkau serta ombak pantai yang tenang,sangat cocok menjadi tempat berlibur seharian bersama keluarga dan orang orang tercinta anda.

Menyebut  nama Pantai Tanjung Bias tentu tidak asing bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.Nama pantai ini dikenal oleh hampir setiap pelaku wisata di Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Keterkenalan Kawasan Wisata Senggigi Lombok,menjadi faktor penting yang membawa keberuntungan bagi kawasan Pantai Tanjung Bias.

Selain terkenal akan keindahan pemandangan alamnya,Pantai Tanjung Bias tercatat sebagai pantai tersehat di Lombok Barat.Karena hal tersebut,Pada ajang Lomba Kampung Sehat tingkat Provinsi NTB tahun 2020,Pantai Tanjung Bias menyabet penghargaan sebagai Tempat Wisata Tersehat di NTB.

Penghargaan tersebut pantas diberikan atas insiatif dari Pemerintah Desa Senteluk dan masyarakatnya yang telah mampu menjadikan ikon Pantai Tanjung Bias yang selama ini tak terurus,menjadi objek wisata baru di pesisir Pantai Batulayar.

Sebab dengan adanya destinasi wisata pantai yang ada di Desa Senteluk ini,dapat membangkitkan pariwisata dan membangkitkan usaha ekonomi masyarakat sekitarnya.Pemerintah Desa Senteluk membantu pengembangan lokasi Pantai Tanjung Bias lewat Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Dalam hal ini,Bumdes berperan dalam membantu penyediaan  lapak-lapak kuliner yang direlokasi satu tempat dengan penataan yang sederhana dan rapi namun terlihat bagus dan bersih.Pemerintah Desa Senteluk sendiri sudah menggelontorkan anggarkan sebesar Rp.185 jt pada tahun 2018 untung mengembangkan lokasi Pantai Tanjung Bias.Sedangkan untuk bangunan kuliner dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Bagi para pengunjung Pantai Tanjung Bias yang ingin mencicipi aneka kuliner dan minuman khas Lombok. Tersedia berbagai menu seperti ikan bakar,cumi saus tiram,udang saus tiram, kepiting, kerang, mie goreng dan nasi goreng, aneka kopi, jus melon, jus apel, jus buah naga, jus pisang, jus nanas dan es kelapa muda.

Terdapat juga beberapa fasilitas pendukung seperti lapak jualan,gazebo,spot selfi, 100 titik PJU dan tempat parkir."Disini juga menu makanannya tidak begitu mahal,harganya terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah.Bagi Masyarakat yang mau menikmati suasana baru,Pantai Tanjung Bias salah satu alternatif untuk berakhir pekan,"ucap salah seorang pengunjung Pantai Tanjung Bias.



×
Berita Terbaru Update