Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Sosok Inspiratif Penerima Piagam Penghargaan HUT Desa Sekotong Tengah Tahun 2022.

Piagam Penghargaan Diberikan Kepada 10 Kategori Penerima.

Sosok Inspiratif Desa Sekotong Tengah Tahun 2022.
KIM Sekotong,-Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat yang ke-58 tahun 2022 tanggal 17 Juli 2022,terlihat begitu istimewa.Pasalnya,pada moment ultah desa tertua di Kecamatan Sekotong ini,Pemerintah Desa Sekotong Tengah memberikan piagam penghargaan kepada warga desa yang dianggap memiliki peran penting dan turut membantu dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa.

"Sejak lama kami mengamati dan mencatat kiprah warga desa yang berkontribusi pada perubahan,dan turut membantu desa dalam pemberdayaan sosial kemasyarakatan.Sehingga pada Hut Desa Sekotong Tengah tahun 2022 ini, pemdes memberikan piagam penghargaan,"ungkap Sekretaris Desa Sekotong Tengah,Muhamad Rasid.

Dijelaskan lebih jauh oleh sekretaris desa yang juga merupakan Ketua KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Kecamatan Sekotong ini,bahwa pemberian piagam  oleh Pemerintah Desa Sekotong Tengah merupakan bentuk penghargaan dan menjadi motivasi untuk semakin mendorong peran warga desa dalam kegiatan pembangunan.

"Pemberian penghargaan oleh Pemdes Sekotong Tengah sudah dua kali dilakukan.Dimana yang pertama pada tahun 2018 diberikan penghargaan kepada kepala dusun dengan kinerja terbaik,dan hadiahnya yaitu diajak study banding keluar daerah,"tuturnya.

Pemberian piagam penghargaan kepada warga Desa Sekotong Tengah pada tahun 2022 ini terdiri dari 10 kategori.Piagam penghargaan tersebut diserahkan pada saat pelantikan perangkat desa unsur kewilayahan bertempat di Kawasan Wisata Mangrove Sekotong Tengah,Rabu 13 Juli 2022.

Adapun 10 kategori dan tokoh penerima piagam tersebut yaitu:

1.Kepala Dusun dengan pelayanan publik terbaik 2021-2022.

Kadus terbaik diserahkan oleh Kadis PMD Lobar.
Pada kategori ini,Kepala Dusun Sekotong 1 yaitu Suhaimi,memperoleh nilai tertinggi berdasarkan pada kriteria diantaranya keaktifan melakukan pendampingan warga,mengikuti rapat kantor desa,ketepatan dan kecepatan melakukan tindakan pelayanan,serta laporan kependudukan yang baik setiap bulan.

Pemberian piagam kepada kepala dusun ini juga berdasarkan pada hasil Laporan kinerja kepala dusun dengan pelayanan publik terbaik tahun 2021-2022.Laporan kinerja perangkat desa ini rutin dibuat oleh sekretariat desa untuk dilaporkan kepada kepala desa.Berikut ini hasil penilaian kinerja perangkat desa pada kategori terbaik,kategori standar dan kurang maksimal. 

2.Warga desa penggiat pendidikan daerah terpencil 2022.

Piagam diserahkan Babinkamtibmas sekotong tengah
Piagam Penghargaan berikutnya diberikan kepada Syamsuddin,M.Pdi.Sosok ini merupakan Warga Dusun Serero yang diberikan penghargaan atas kiprahnya mengembangkan pendidikan dengan mendirikan serta mengelola lembaga-lembaga pendidikan di daerah terpencil di Dusun Serero.

Selain itu,Syamsudin juga aktif dalam berbagai kegiatan keagamaan,sosial dan juga menjadi pembina Ikatan Mahasiswa Sekotong(Ikmas).

3.Warga desa penggiat anti perkawinan usia anak tahun 2022.

Piagam diserahkan camat sekotong(kasi pem).
Ditetapkannya Desa Sekotong Tengah sebagai desa layak anak di Kabupaten Lombok Barat,serta semakin menurunnya angka perkawinan usia anak di desa ini,tidak terlepas dari keterlibatan Forum Anak Desa (FAD) dan Komunitas Peduli Perempuan dan Anak Desa (KPPAD) yang diketuai oleh Febriani Nurbaya asal Dusun Sekotong 2.

Sosok ibu rumah tangga ini dikenal aktif turun langsung pada kegiatan sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak.Feby Nurbaya juga merupakan kader dan fasilitator dari Yayasan Tunas Alam Indonesia(Santai NTB),salah satu lembaga yang bermitra dengan Pemdes Sekotong Tengah pada isu-isu perlindungan anak dan kekerasan terhadap perempuan.

4.Warga desa penggiat lingkungan tahun 2022.

Piagam diserahkan babinsa sekotong tengah
Ahmad Rijalullai asal Dusun Suredadi, merupakan pemuda dan mahasiswa yang aktif menghimpun para pemuda desa sekotong tengah melalui bank sampah yang dibentuknya sejak tahun 2019.Rijalullail juga aktif pada pembinaan kajian kajian lingkungan dan keagamaan bagi para remaja di Kecamatan Sekotong.

5.Warga desa penggiat kerelawanan dan kebencanaan 2022.

Piagam diserahkan KUA Kec.Sekotong
Sebagai desa rawan bencana,Desa Sekotong Tengah memiliki sejumlah lembaga yang bergerak pada bidang kebencanaan.Sebut saja misalnya Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat),Relawan Destana,Kampung Siaga Bencana, KMPS (Komunitas Masyarakat Peduli Sungai) dan Forum Relawan Peduli Bencana(FRPB) yang telah terlatih.

Dan salah satu warga desa yang memiliki keahlian dan aktif bersosialisasi tentang kebencanaan di Desa Sekotong Tengah adalah Mardi,warga Dusun Telaga Lebur Kebon.Mardi juga merupakan seorang Relawan Tagana dan PMI Kabupaten Lombok Barat.

6.Kader posyandu dengan pengabdian terlama.

Kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat desa,khusunya bagi bayi,balita dan ibu hamil melalui Posyandu.Atas pengabdiannya menjadi kader posyandu selama sekitar 30 tahun,Amak Herwan asal Telaga Lebur Dese,diberikan piagam penghargaan sebagai kader posyandu Desa Sekotong Tengah dengan masa pengabdian terlama.

7.Warga desa penggiat budaya 2022

Semakin terkikisnya budaya lokal oleh kemajuan teknologi saat ini, juga disebabkan oleh semakin berkurangnya para pegiat budaya ditingkat desa.Di Desa Sekotong Tengah bisa dihitung dengan jari jumlah warga yang masih aktif dan tercatat sebagai pegiat buamdaya sasak,salah satu yang masih aktif adalah Amak Maryam(75 tahun) warga Dusun Lebah Suren.

8.Penggiat promosi wisata Desa. 

Penghargaan diserahkan kapolsek sekotong(kasat binmas). 
Terkenal dan semakin berkembangnya Wisata Mangrove Sekotong Tengah tidak terlepas dari keaktifan warga yang terus mempromosikan wisata mangrove Sekotong Tengah melalui media sosial,baik berupa foto maupun video.Dialah Marwi asal Dusun Tanjung Batu yang tak kenal lelah berpromosi tentang wisata mangrove sekotong tengah melalui chanel mangrove sekotong tengah yang ia kelola.

9.Perintis dan pelestari ekosistem mangrove.

Penghargaan diserahkan kades sekotong tengah
Bapak Saleh (65 tahun) dari Dusun Tanjung Batu barangkali merupakan sosok yang berjasa besar menjaga dan merawat ekosistem mangrove tanjung batu hingga tumbuh dan menjadi kawasan wisata terkenal saat ini.

Saleh yang merupakan seorang nelayan ini yang konon menjaga hutan mangrove tersebut selama puluhan tahun.Atas perannya tersebut Pemdes Sekotong Tengah layak mengganjarnya dengan sebuah penghargaan sebagai perintis dan pelestari ekosistem mangrove sekotong tengah.

10.Pegiat Koperasi,UMKM dan ekonomi kreatif Desa Sekotong Tengah.

Nama Sudirman,SE,asal Dusun Telaga Lebur Dese mungkin tak asing lagi di dunia perkoperasian syariah di Lombok Barat.Sosok ini aktif di berbagi pelatihan pengembangan koperasi syariah dan turut pula melakukan pembinaan UMKM dan ekonomi kreatif di Desa Sekotong Tengah.

"Pemberian piagam penghargaan ini akan kita lanjutkan untuk tahun tahun berikutnya dengan menambah kategori penghargaan dan juga bentuk penghargaannya,"kata Sami'in,S.Pdi Ketua BPD Sekotong Tengah.

Sementara itu pada saat menghadiri pelantikan Kepala Dusun Di Desa Sekotong Tengah,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa(DPMD) Kabupaten Lombok Barat,Hery Ramadhan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemdes Sekotong Tengah.

"Penghargaan terhadap mereka yang berprestasi dan berkinerja baik,merupakan salah satu bentuk apresiasi,rasa terimakasih dan motivasi.Mudah-mudahan ini bisa terus ditradisikan dan diikuti oleh desa lainnya.Dirgahayu Desa Sekotong Tengah yang ke 58 tahun 2022,Barakallah,"ucapnya.


Posting Komentar untuk "10 Sosok Inspiratif Penerima Piagam Penghargaan HUT Desa Sekotong Tengah Tahun 2022."