Notification

×

Indeks Berita

Wabup Hj.Sumiatun Resmi Membuka MTQ Ke-4 Dalam Rangka Hut Desa Sekotong Tengah Ke 58 Tahun 2022.

Juni 30, 2022 | Kamis, Juni 30, 2022 WIB Last Updated 2022-08-08T15:40:07Z
Wabup Lobar Saat membuka MTQ Desa Sekotong Tengah Tahun 2022.
Kim Sekotong– Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun membuka acara Musabaqah Tilawatul Qur’an (MTQ) Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong yang ke-4 tahun 2022.MTQ tingkat Desa Sekotong Tengah ini digelar dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Desa Sekotong Tengah yang ke-58 tahun 2022.Pembukaan MTQ bertempat di Aula Desa Sekotong Tengah, Minggu malam (26/6/2022).

Hadir dalam acara pembukaan MTQ ini yaitu Kepala Desa Sekotong Tengah,Camat Sekotong,Polsek Sekotong,Danramil Sekotong,BPD,tokoh agama dan tokoh masyarakat, para Dewan Hakim, serta para peserta MTQ  yang berasal dari 23 dusun.Hadir pula para mahasiswa Unram yang sedang melakukan KKN di Desa Sekotong Tengah.

Dalam laporannya,Mawardi,S.Pd selaku ketua Panitia Hut Desa Sekotong Tengah ke-58 tahun 2022 menyebutkan bahwa cabang lomba yang di lombakan pada MTQ kali ini yaitu Tilawatil Qur'an,Murattal dan Tahfizul Qur'an untuk tingkat anak anak dan remaja."Alhamdulillah,sejak dibukanya pendaftaran,terdapat sekitar 120 peserta MTQ dari semua cabang lomba,"ungkap Ketua LPM Desa Sekotong Tengah ini.

Sedangkan kepala desa Sekotong Tengah Lalu Sarappudin dalam sambutannya menyebutkan bahwa MTQ Tingkat Desa Sekotong Tengah ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Desa Sekotong Tengah ke 58 tahun 2022 yang anggarannya bersumber dari Dana Desa.

"Selain MTQ kita juga menggelar turnamen sepakbola kades sekotong tengah cup U-13,Lomba Catur,jalan sehat dan puncak acara HUT Desa pada tanggal 17 Juli 2022 akan di pusatkan di Kawasan Wisata Mangrove Sekotong Tengah,"ujar Lalu Sarappudin.

Sedangkan acara pembukaan MTQ oleh wabup lobar dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,mars MTQ,serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an.Dalam kata sambutannya,Wabup Hj. Sumiatun mengajak untuk memurnikan niat dalam belajar Al-Qur’an termasuk melalui MTQ. 

”Hal yang perlu menjadi catatan kita bahwa kegiatan MTQ bukan hanya sekedar lomba. Saya ingin mengajak kita semua untuk kembali ke niat awal belajar al-Qur`an yaitu lillahi ta`ala, mencari ridho Allah dalam rangka menjaga syiar Islam, menjaga kitab suci kita al-Qur`an dan mengamalkan serta mengajarkan isinya,” kata wabup sembari membacakan sebuah Hadits Rasulallah Muhammad SAW dari Utsman r.a., yaitu “Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya”,ucap Wakil Bupati asal Desa Sekotong Tengah ini.

Disampaikan Hj.Sumiatu menjadi juara atau pemenang adalah sebuah motivasi, tetapi substansinya adalah bagaimana kita mencintai dan menjaga kesucian al-Qur`an diikuti dengan pengamalan nilai-nilai yang ada di dalamnya.“Oleh sebab itu, mari kita mengembalikan niat awal kita mempelajari al-Qur`an yaitu mencari ridho Allah dengan penuh keikhlasan,”tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan wabup, Al-Qur’an merupakan sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan. Ia tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji. Keluhuran nilai-nilai ajaran Al-Qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat harus terus ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal. Salah satunya melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dalam berbagai cabang keilmuan Al-Qur’an, yang diselenggarakan secara berjenjang hingga tingkat internasional, lanjut mantan Ketua DPRD Lobar ini. 

“Untuk itu, kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi harus mampu menjadi momentum strategis untuk mewarnai pelaksanaan pembangunan dan prilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai yang Qur’ani,”harapnya menutup sambutannya dan untuk selanjutnya memukul gong sebagai tanda dimulainya pelaksanaan MTQ Tingak Desa Sekotong Tengah.(sid).


×
Berita Terbaru Update