Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mengenal 7 Desa Wisata Lombok Barat Dan Potensinya Yang Terdapat Di Kecamatan Sekotong.

April 22, 2022 | Jumat, April 22, 2022 WIB Last Updated 2022-08-13T10:48:42Z
Potensi Wisata Di Sekotong Lombok Barat.

KIM,-Desa Wisata Lombok Barat sebagian besar terdapat di Kecamatan Sekotong.Kecamatan Sekotong merupakan salah satu dari 10 kecamatan yang terletak di ujung selatan wilayah Kabupaten Lombok Barat.Kecamatan sekotong memiliki luas wilayah 1/3 luas wilayah Lombok Barat,dengan total jumlah penduduk pada tahun 2020 sebanyak jiwa.

Kecamatan Sekotong terdiri dari 9 desa induk dan 5 desa persiapan pada tahun 2021.Adapun desa-desa induk di Kecamatan Sekotong yaitu Desa Sekotong Tengah,Desa Cendi Manik,Desa Taman Baru,Desa Buwun Mas,Desa Sekotong Barat,Desa Pelangan,Desa Batu Putih,Desa Kedaro dan Desa Gili Gede Indah (GGI).

Sedangkan 5 desa persiapan di Sekotong yaitu Desa Persiapan Empol yang merupakan pemekaran dari Desa Cendi Manik,Desa Persiapan Pengantap dan Desa Persiapan Belongas,pemekaran dari Desa Buwun Mas.Desa Persiapan Lendang Guar pemekaran dari Desa Kedaro,dan Desa Persiapan Pesisir Mas merupakan pemekaran dari Desa Sekotong Barat.

Dari 14 desa tersebut,Kecamatan Sekotong memiliki beberapa desa wisata,yaitu Desa Wisata Sekotong Tengah,Desa Wisata Buwun Mas,Desa Wisata Batu Putih,Desa Wisata Sekotong Barat,Desa Wisata Pelangan dan Desa Wisata Gili Gede Indah.

Terumbu Karang Yang Indah Di Sekotong

Berikut ini,sejumlah potensi wisata yang terdapat di masing-masing daerah Desa Wisata Lombok Barat yang terdapat  di Kecamatan  Sekotong.

1.DESA WISATA SEKOTONG TENGAH

Desa Sekotong Tengah merupakan desa tertua di Kecamatan Sekotong.Desa ini terletak di Pusat Pemerintahan Kecamatan Sekotong.

Desa Sekotong Tengah memiliki beberapa objek wisata yaitu:

1.Ekowisata Mangrove Tanjung Batu. 

2.Pantai Mirayu

3.Rest Area Batu Nangkok

4.Bendungan Telaga Lebur

5.Bukit Long-longan

6.Air Terjun Batu Gajah,dll. 

2.DESA WISATA SEKOTONG BARAT

Desa Wisata Sekotong Barat berbatasan dengan Desa Sekotong Tengah di sebelah timur,Desa Pelangan di sebelah barat,Desa Kedaro di sebelah Selatan dan Laut Lembar di bagian Utara.Desa Sekotong Barat merupakan desa yang paling kaya akan potensi wisata.Beberapa diantaranya yaitu:

1.Gili Nanggu

2.Gili Sudak

3.Gili Tangkong

4.Gili Kedis

5.Pantai Kemos Batu Kijuk

6.Pantai Surat Pandanan

7.Pantai Elak-elak Pengawisan

8.Pantai Tawun

9.Bukit Geresak

10.Pantai Goa Loang Landak

DESA WISATA PELANGAN

Desa Wisata Pelangan Kecamatan Sekotong merupakan salah satu desa yang pertamakali memiliki sejumlah hotel di Kecamatan Sekotong.Desa Pelangan terletak di bagian ujung barat kecamatan sekotong dengan batas batas sebagai berikut:Di sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Buwun Mas,Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sekotong Barat,Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Batu Putih dan sebelah Utara berbatasan dengan Desa Gili Gede Indah.

1.Pantai Mekaki

2.Pantai Sinyal

DESA WISATA BATU PUTIH

Desa Batu Putih merupakan desa yang terletak paling ujung barat Pulau Lombok.Desa Batu Putih merupakan pemekaran dari Desa Pelangan.Desa Batu Putih juga memiliki beragam destinasi wisata bahari yang pantas untuk diandalkan.Beberapa diantaranya yaitu:

1.Desert Poin Bangko-bangko

2.Agrowisata Golden Melon

3.Embung Tibu Kuning

DESA WISATA BUWUN MAS

1.Buwun Mas Hills

2.Pantai Nambung

3.Pantai Teluk Sepi

DESA WISATA GILI GEDE INDAH

1.Thamarinland

2.Marina Del Ray

Nah,itu tadi tulisan sekilas tentang desa desa wisata yang ada di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.


×
Berita Terbaru Update