Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

7 Tempat Wisata Di Sekotong Lombok Barat Paling Ramai Dikunjungi Saat Lebaran Idul Fitri.

April 28, 2022 | Kamis, April 28, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T11:35:48Z

7 Tempat Wisata Di Sekotong Lombok Yang Ramai Saat Libur Lebaran.

Ekowisata Mangrove Sekotong Tengah Lombok.
KIM,-Tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi saat libur lebaran idul Fitri tahun 2022 adalah Tempat Wisata Di Sekotong Lombok Barat.Sebab tempat wisata di sekotong memiliki beragam destinasi wisata yang Indah,nyaman,lengkap dan dapat menjadi tujuan wisata keluarga yang menyenangkan.Apalagi pada saat libur Lebaran Idul Fitri tahun ini,tentu anda  sudah menyiapkan rencana untuk bersantai ria ke sejumlah objek wisata favorit anda dan keluarga.

Namun karena situasi pandemi covid 19,menyebabkan perjalanan wisata anda akan terganggu dengan kebijakan terkait penerapan protokol kesehatan covid 19 di sejumlah tempat wisata.Terutama bagi anda yang ingin menghabiskan liburan ke luar daerah.

Namun tak usah khawatir,karena sejumlah objek wisata di Pulau Lombok khususnya Tempat Wisata di Sekotong Lombok Barat,siap memanjakan anda dengan spot-spot wisata yang indah dan nyaman bersama keluarga dan orang tersayang anda.

Oppss! Untuk diketahui pembaca,kawasan wisata sekotong terletak di bagian ujung barat Kabupaten Lombok Barat.Jaraknya kira kira 35 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Lombok Barat di Giri Menang Gerung.Untuk menuju kawasan wisata sekotong aksesnya cukup mudah.Pengunjung dapat menggunakan berbagai jenis sarana transportasi darat,selain kereta api,hehe.

Menuju sekotong dapat ditempuh melalui dua jalur,yaitu jalur sekotong lewat bawah melalui sepanjang jalan menuju pelabuhan Gili Mas Lombok.Dan jalur sekotong lewat atas yaitu melalui Tanjakan Gerepek Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar.Diantara kedua rute tersebut,mana yang terdekat? 

Jika menggunakan kendaraan roda 2 atau mini bus,silahkan menggunakan jalur tanjakan gerepek karena lebih dekat.Namun jika pengunjung ingin menikmati suasana pesisir dengan pemandangan kapal kapal yang bersandar di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Gili Mas Lombok,jalur sekotong lewat bawah merupakan pilihan yang tepat.

Tanpa basa basi,berikut ini beberapa tempat wisata di sekotong Lombok Barat yang akan ramai di datangi pengunjung saat libur panjang lebaran idul Fitri 1443 Hijriyah:

1.Ekowisata Mangrove Sekotong Tengah.

Tempat wisata ini lokasinya cukup dekat dari Kantor Camat Sekotong,kira kira 1 kilometer menuju arah utara.Ekowisata Mangrove Sekotong Tengah lokasinya cukup mudah dijangkau.Letaknya persis di pinggir Jalan Raya Sekotong menuju Pelangan.Tempat wisata ini memiliki berbagai spot wisata yang menarik.Yaitu dimana para pengunjung dapat menikmati lebatnya hutan mangrove yang menghijau.

Selain itu,pengunjung juga dapat berswafoto di beberapa spot foto yang tersedia.Beberapa spot foto Mangrove Sekotong Tengah adalah ratusan meter track mangrove yang di cat warna warni.Ada juga gardu pandang yang dapat dinaiki untuk melihat seluruh Kawasan Mangrove Sekotong Tengah.

Fasilitas lainnya yaitu homestay,gazebo,toilet,aula,dan puluhan spot foto lainnya yang bisa dipilih para pengunjung.Kawasan Wisata Mangrove Sekotong Tengah cocok untuk berlibur bersama keluarga sambil belajar memperkenalkan ragam ekosistem mangrove yang ada ditempat ini.

Untuk biaya masuk lokasi wisata mangrove sekotong tengah cukup murah,yaitu Rp.5000/orang includ dengan biaya parkir.Sedangkan untuk anak-anak terhitung 1 tiket untuk 2 orang.Kelebihan lain dari wisata mangrove sekotong tengah yaitu lokasi parkir yang cukup luas dan murah.

"Selama Bulan Ramadhan kawasan wisata mangrove sekotong tengah kami tutup sementara.Dan kami akan buka kembali pada saat usai Hari Raya Idul Fitri hingga seterusnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah disiapkan oleh Pokdarwis,"ungkap Kepala Desa Sekotong Tengah,Lalu Sarappudin.

2.Kawasan Wisata Gili Nanggu,Gili Sudak,Gili Kedis Dan Gili Tangkong.

Yang ingin menikmati suasana yang sepi,eksotis,dan pemandangan pantai yang Indah,tak salah jika memilih berlibur ke Gili Nanggu,Gili Kedis dan Gili Sudak di Kawasan Wisata Desa Sekotong Barat.

Menuju ke gili gili tersebut dapat ditempuh melalui beberapa tempat transport menggunakan perahu mesin yaitu Dermaga Tawun,Tanjung Kelor,Medang,Gili Genting,dll.

Adapun Biayanya berkisar antara Rp.250.000-Rp.500.000,tergantung paket yang tersedia oleh para pengelola sarana boat transportation to Gili Nanggu,Sudak dan Kedis Sekotong.

3.Pantai Kemos,Pantai Arjuna,Pantai Loang Landak,Pantai Geresak,Pantai Elak-elak,Pantai Gili Genting Dan Pantai Surat.

Pantai-pantai indah di Sekotong Lombok tersebut berada di Kawasan Wisata Desa Sekotong Barat.Wisata pantai ini berada dalam satu kawasan pesisir Desa Sekotong Barat yang memanjang dari arah timur hingga ke bagian barat Desa Sekotong Barat.

Dimulai dari Pantai Tanjung Kelor Medang,Pantai Kemos Batu Kijuk,Pantai Arjuna Tawun,Pantai elak elak Pengawisan dan Pantai Gili Genting Dusun Gili Genting serta Pantai Surat Pandanan.

Berwisata ke pantai pantai ini biayanya cukup murah,hanya cukup datang dan menggelar tikar di sepanjang pinggir pantai bersama keluarga.

4.Pantai Mekaki

Pantai Mekaki terletak di Desa Pelangan,tepatnya berada di kawasan bagian selatan Kecamatan Sekotong.Pantai Mekaki ini lokasinya memang cukup jauh dari pusat kecamatan.Tetapi perjalanan anda menuju Pantai Mekaki tak akan rugi.

Karena Pantai Mekaki menyuguhkan pemandangan yang tiada tandingnya.Pasir putih dan debur ombak khas pantai Selatan dengan pemandangan bukit karang yang aduhai,mungkin tak akan terlupakan jika berlibur ke Pantai Mekaki.

Menuju Pantai Mekaki dapat ditempuh melalui jalur Pelangan dan jalur lingkar selatan lewat Desa Buwun Mas.Berlibur ke Pantai Mekaki tak ada dikenakan biaya masuk.Karena kawasan pantai belum dikelola oleh pemda.

5.Pantai Pao-Pao,Pantai Kores Dan Gili Goleng.

Pantai ini terdapat di Kawasan Desa Wisata Batu Putih.Desa Batu Putih terletak di bagian ujung paling barat wilayah kecamatan sekotong.

Desa Batu Putih tak kalah dengan desa wisata lainnya,punya beragam destinasi wisata.Hanya saja pada saat liburan idul Fitri setiap tahun,hampir dipastikan pantai pantai tersebut akan ramai dipadati pengunjung yang menghabiskan liburan lebaran idul Fitri.

Dan sebagian besar tempat wisata ini belum dikelola dengan baik artinya masih gratis untuk dijadikan tempat berlibur.Batu Putih juga punya Embung Tibu Kuning,Desert Point Bangko Bangko,dll.

6.Gili Gede Indah.

Satu lagi tempat menghabiskan liburan lebaran yang asyik dan menyenangkan di Kecamatan Sekotong adalah Desa Gili Gede Indah (GGI).Desa kepulauan ini merupakan tujuan berlibur yang menarik dengan ragam destinasi wisata yang indah.

Gili Gede dapat dituju dengan menyeberang melalui pelabuhan tembowong dan thamarinland dengan ongkos cukup murah yaitu Rp.10.000-Rp.15.000.Di Gili Gede Indah juga ada tempat bersandaranya kapal kapal kecil yaitu pelabuhan Marina Del Ray yang indah.

7.Pantai Nambung 

Keindahan Pantai Nambung  Desa Buwun Mas tak lekang dari ingatan para pecinta liburan pantai yang eksotis.Yukkk!habiskan liburan lebaran mu seharian di sekotong.(sid)



×
Berita Terbaru Update