Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Uji Kompetensi Keahlian SMKN 2022 Di SMKN 1 Sekotong Lombok Barat,Berlangsung Pada 3 KK.

Maret 28, 2022 | Senin, Maret 28, 2022 WIB Last Updated 2022-08-15T15:26:54Z

 Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMKN 1 Sekotong TP.2021-2022.

Uji Kompetensi Keahlian siswa SMKN 1 Sekotong.
KIM,-Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi peserta didik kelas akhir di SMKN 1 Sekotong Lombok Barat,berlangsung pada 3 Kompetensi Keahlian (KK) yaitu NKPI,TBSM dan TKJ.Kegiatan UKK ini merupakan puncak peserta didik kelas XII mengikuti serangkaian ujian di Tahun Pelajaran 2021-2022.

"Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik.UKK ini dilaksanakan di akhir masa studi,dan dilaksanakan oleh Lembaga  pendidikan bersama mitra dunia usaha atau industri,"jelas Sulman Haris,M.Pdi,Kepala SMKN 1 Sekotong kepada media KIM,Senin(28/3/2022).

Dijelaskan lebih jauh oleh Sulman Haris,hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan.Adapun untuk KK NKPI berasal dari penguji eksternal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Sedangkan  dari internal sekolah yaitu para guru yang berkompeten di bidangnya."Tenaga penguji eksternal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB yaitu Bapak Syaeful Bachri,S.St.Pi,dan yang dari Internal Bapak Supriadi, S.Pi. dan Bapak Ardyen Saputra, S.Pi., M.Pi,"ujarnya.

Sedangkan untuk KK TKJ penguji eksternal adalah Muhammad Aminulloh,S.Pd,dan penguji internal yaitu Dedy Zulkarnain,S.Kom,dan Suprayotno Hady,S.Kom.Sementara untuk KK TBSM dengan Penguji Eksternal dari SABAKO Motor yait Sayid Khaidir Ali, S.T,dan penguji internal yaitu I Made Kartiartha, ST dan Tri Kaspian Cahyadi, ST.

"Untuk materi uji NKPI terkait dengan pemahaman peta dan GPS,serta bagaimana pola dan pemanfaatan jaring.Selanjutnya adalah merencanakn operasi penangkapan ikan,dan melukis posisi kapal perikanan dengan global position system (GPS).Materi UKK lainnya yaitu membuat dan merawat alat tangkap ikan dan simulasi operasi penangkapan ikan,"jelas Sulman Haris.

Adapun UKK untuk jurusan TKJ yaitu menguji perangkat,menguji switch pada jaringan,menguji routing pada perangkat jaringan dan mengidentifikasi sistem operasi pada jaringan "Model tes yang diujikan yaitu Tes tertulis,tes lisan dan tes praktek,"pungkasnya.

×
Berita Terbaru Update