Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sejarah Berdirinya Klub Crystal FC Lombok Barat.Dulu,Kini Dan Nanti.

Maret 28, 2022 | Senin, Maret 28, 2022 WIB Last Updated 2022-08-10T17:32:25Z

Klub Crystal FC Desa Jembatan Kembar Timur Kecamatan Lembar Lombok Barat.

Klub Crystal FC Lombok Barat.
KIM,-Suksesnya Open Turnamen Sepakbola terbesar se Pulau Lombok tahun 2022,Hj Sumiatun Cup 2"menorehkan catatan sejarah bagi dua klub yang lolos ke babak final.Yakni sejarah sebagai klub sepakbola yang menjuarai open turnamen paling bergengsi dan memperebutkan hadiah total 55 juta rupiah tersebut.

Dari 48 klub sepakbola se Pulau Lombok yang berlaga di Turnamen Hj Sumiatun Cup 2022,masuk babak final dan meraih juara,tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi para pemain,pengurus dan juga pelatih klub.

Dari 48 klub yang bertanding sejak penyisihan,babak semifinal akhirnya menyisakan 4 klub yakni Sekotong FC Kecamatan Sekotong,Crystal FC Kecamatan Lembar,Undikma FC Kota Mataram dan Karce Baru FC Kecamatan Gerung.Dua klub yakni Undikma FC dan Karce Baru,harus puas sebagai juara 3 bersama.Sedangkan Sekotong FC akan bertemu Crystal FC,pada perebutan juara di pertandingan final yang digelar di Lapangan Umum Jembatan Kembar,Rabu 30 Maret 2022.

Logo Klub Crystal FC
Lolosnya kedua kesebelasan yang diperkuat para pemain bola top pulau lombok ini,tentu sangat layak untuk ditulis kiprahnya.Simak bagaimana sejarah terbentuknya Klub Sepakbola Crystal FC berikut ini.

"Crystal FC terbentuk pada tahun 1990.Dimana awalnya saya mengajak dan mengumpulkan pemuda-pemuda yang ada di Desa Jembatan Kembar untuk membuat club bernama Crystal FC,"tutur Lalu Karzaki,penggagas pertama Club Crystal FC ketika berbincang bincang dengan awak media KIM Sekotong.

Dituturkan oleh Miq Ukang,panggilan akrabnya,bahwa klub sepakbola yang bermarkas di Desa Jembatan Kembar Timur Kecamatan Lembar ini,dinamakan Crystal FC karena saat itu,usia para pemainnya rata-rata berusia 17-an tahun.

Usia yang tentu membutuhkan filter"Crystal"agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas."Saya namakan club crystal karena pada masa itu,pemain-pemain crystal usianya masih di bawah 17 tahun,"lanjutnya bercerita.

Adapun para Pemain awal klub Crystal FC masa itu yaitu Imran Maldini,Lalu Karzaki,Saharudin Maskur,Mansur dan Sapoan Samba,dll.

"Tahun 1991,Crystal FC masuk ASKAB Lombok Barat dan selalu mengambil bagian di setiap open turnamen di Pulau Lombok.Baik open turnamen yang diadakan di Lombok Timur,Lombok Tengah, Kota Mataram dan juga di Lombok Barat.

"Dan Alhamdulillah,Crystal FC selalu masuk 4 besar sebagai finalis Open turnamen tersebut,"ungkap sosok yang juga merupakan ketua panitia turnamen hj sumiatun cup 2022 ini.

Untuk lebih memperkenalkan klub crystal fc kepada para pecinta bola di Pulau Lombok,hampir setiap tahun para pengurus Klub Crystal mengadakan open turnamen bertajuk Open Turnamen Crystal Cup 1, 2,3.

Adapun beberapa turnamen sepakbola yang pernah diikuti oleh Crystal FC yakni Zaini Arony Cup, Golkar Cup,Sunardi Ayub Cup. 

"Pada tahun 2012,club crystal sempat vakum.Karena waktu itu saya jarang di rumah dan keluar daerah.Club crystal kemudian saya serahkan sama Pak Faizi.Pada waktu itu pula, nama club crystal di rubah menjadi Bintang Selatan FC,"ujarnya.

Lalu Karzaki/Miq Ukang,Pendiri Club Crystal FC.
Meskipun nama klub dirubah menjadi "Bintang Selatan FC" tak menyurutkan semangat para pengurus klub untuk berprestasi.

Bintang Selatan pun melejitkan nama tenar,dalam setiap mengikuti open turnamen,selalu mendapatkan 4 besar finalis.Dan sampai sekarang,Bintang Selatan FC masih bertengger di liga 2 Internal ASKAB PSSI Lombok Barat.

"Saya pulang kampung tahun 2022.Lalu saya ambil alih kembali Club Crystal dari Pak Faizi.Dan secara resmi saya akuisisi di ASKAB Lobar dari Bintang Selatan menjadi Crystal Fc seperti semula,"ujarnya.

Sebagai penanda kembalinya Crystal Fc dari Bintang Selatan,berselang beberapa waktu,pengurus klub langsung mengadakan Open Turnamen Crystal Cup yang peserta nya berasal dari klub Kecamatan Sekotong dan Kecamatan Lembar.

Sukses Open Turnamen Crystal Friendly Cup 2021,kemudian dilanjutkan dengan Open Turnamen "RABER & HS MANDIRI CUP Se Kabupaten Lombok Barat.Pada open tersebut,Crystal Fc mendapat juara 3 bersama.

"Dari awal terbentuknya Crystal FC, saya selalu menggandeng sponsor untuk bisa mensuport club crystal. Dulu sponsor utama crystal adalah PT penyeberangan JM FERRY.

Dan saat ini,sponsor utama crystal adalah RABER MITRA AGENCY,yaitu agen perkapalan yang dimiliki oleh pengusaha sukses dari Kecamatan Lembar.Selain itu,TOKO BANGUNAN HASAN MANDIRI DAN CV AGIAN PRAWARA UTAMA yang bergerak di bidang usaha alat berat.

Dimana direktur dari 3 sponsor utama ini adalah teman-teman sepermainan ketika masih remaja,dan sekarang sudah sukses di bidang usahanya, "tutur Miq Ukang menceritakan mengenai kiprahnya membesarkan Crystal FC. 

Keluarga Besar Klub Crystal FC
Tak butuh waktu lama bagi Miq Ukang untuk membangkitkan kembali Crystal FC.Dalam kurun waktu 6 bulan sejak kembali kampung halamannya di Desa Jembatan Kembar Timur.Sosok ini telah 3 kali menjadi ketua open turnamen secara berturut-turut.

Selain itu,beberapa nama pemain asli crystal yang berasal dari Jakem di rekrut untuk memperkuat Perslobar Lombok Barat yaitu Okky Ananda dan Ryan."Harapan kedepan semoga crystal tetap solid dan jaya serta mampu menerbitkan bibit pemain muda yang berkualitas.

Langkah berikutnya yang dilakukan oleh manajemen crystal fc yakni mengumpulkan para pemain legendaris crystal fc dalam satu tim yaitu  Crystal Lengend.

Selanjutnya dalam waktu dekat,manajemen klub crystal FC juga akan membentuk SSB CRYSTAL yang home base nya di lapangan Jakem.SSB Crystal akan merekrut anak-anak Usia 10, 15. 17 dan 23 khusus wilayah Kecamatan Sekotong dan Kecamatan Lembar.

"Semoga ini terwujud untuk kami bisa membawa crystal masuk liga Asprov NTB.Dan tujuan utama kami sekarang akan berusaha crystal fc untuk masuk menjadi peserta liga ASPROF NTB yang dimana squad pemainnya berasal dari Kecamatan Lembar dan Sekotong,"pungkas Miq Ukang menutup perbincangan.



×
Berita Terbaru Update