Notification

×

Indeks Berita

7 Program Unggulan SMAN 1 Sekotong,Fokus Pada Penguatan Generasi "Z".

Desember 06, 2021 | Senin, Desember 06, 2021 WIB Last Updated 2022-04-28T14:23:57Z
Siswa SMAN 1 Sekotong belajar di Lab. komputer. 
KIM,-SMAN 1 Sekotong merupakan salah satu sekolah menengah unggulan di Kabupaten Lombok Barat.Hal tersebut dibuktikan dengan seringnya sekolah ini memenangi berbagai lomba di tingkat kabupaten hingga nasional.Dengan berbagai torehan prestasi yang didapatkan tersebut,serta untuk semakin meningkatkan kinerja seluruh elemen dan sivitasnya,SMAN 1 Sekotong terus berbenah dengan meluncur beberapa program unggulan.Adapun program-program unggulan SMAN 1 Sekotong tersebut adalah:

1.Program Internet Bijak

Program ini dilatarbelakangi oleh kesadaran,bahwa peserta didik SMAN 1 Sekotong adalah generasi Z, yaitu generasi yang lahir diatas tahun 2000.Generasi Z ini merupakan penduduk asli  yang hidup di era digital.Dimana hampir seluruh aspek kehidupannya dipengaruhi oleh perkembangan tehnologi,komunikasi dan informasi."Genarasi Z ini juga ditandai oleh sebagaian besar dari mereka memiliki gadget, minimal telpon genggam android,"ungkap Kepala SMAN 1 Sekotong,M.Ridwan Helmy,S.Pd,M.Pd kepada KIM Sekotong,Senin (6/12/2021).

Lebih jauh dikatakan kepala SMAN 1 Sekotong,Program-program tersebut ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh sivitas SMAN 1 Sekotong untuk mendapat layanan internet gratis dengan motto Unduh yang sehat, unggah yang bermanfaat."Melalui program ini, Peserta didik diharapkan mampu memanfaatnya untuk pembelajaran dan mampu meningkatkan literasi digital mereka yang pada akhirnya nanti bisa meningkatkan taraf hidup mereka,Layanan ini berlangsung selama waktu pembelajaran,"ujarnya.

Tujuan berikutnya dari program ini sebagaimana dikatakan M.Ridwan Helmy,juga diharapkan dapat mempermudah para siswa dalam mendapatkan layanan dan informasi pendidikan dari almamaternya, dimana mereka menimba ilmu sekarang ini.Program ini juga bisa mengurangi beban pembiayaan utamanya pembiayaan quota yang disediakan orang tua wali murid buat anak-anaknya.

2.Program Perpustakaan Digital.

Program ini merupakan urunan dari internet bijak yang dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa generasi Z yang merupakan peserta didik SMAN 1 Sekotong sudah mulai beralih dari buku manual ke buku digital."Untuk mendapatkan layanan ini, peserta didik perlu menginstal aplikasi perpustakaan digita SMAN 1 Sekotong melalui PLAYSTORE.Setelah menginstal aplikasi,siswa kemudian meminta username dan password untuk bisa mengaksesnya.Layanan perpustakaan digital ini yaitu berupa peminjaman buku atau membaca buku merupakan layanan utama dari aplikasi ini,"jelas Ridwan Helmy.

Pada tahap awal, perpustakaan digital SMAN 1 Sekotong ini hanya memiliki konten berupa buku-buku kurikulum 2013,dan buku-buku inspiratif karya dari beberapa penulis yang pantas dijadikan pertimbangan untuk dibaca."Ke depan sekolah akan menambah jumlah koleksi secara bertahap sehingga memungkin peserta didik membaca satu buku perorangnya,"ujarnya lagi.

3.Program Penilaian Online.

Tujuan dari program penilaian online ini yaitu dihajatkan dapat membantu pengelolaan penilaian menjadi lebih efektif dan efisien.Lebih efektif maksudnya adalah bahwa hasil akhir penilaian menjadi lebih transparan.Sedangkan kredibel artinya peserta memperoleh hasilnya dengan lebih cepat."Sedangkan lebih efisien bermakna bahwa para guru dapat mengelola penilaian dengan menghemat waktu,sehingga pengentrian nilai diraport menjadi lebih cepat,"jelasnya.

4.Program One Day One Thousand.

Selain 3 program diatas, SMAN 1 Sekotong juga telah meluncurkan program One day one thousand.Program ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengumpulkan dana untuk menyelesaikan pembangunan mushalla Raudatul Jannah,yaitu dengan menyisihkan uang belanja atau uang apapun namanya minimal seribu rupiah setiap hari.Caranya adalah dengan membagikan kaleng akhirat bagi semua kelas dan ruangan dan kemudian disebarkan setiap hari."Alhamdulillah,progam ini sampai sekarang sudah mampu mengumpulkan dana sekitar tujuh jutaan. Besar harapan kami program ini mendapatkan dukungan dari semua pihak termasuk orang tua wali murid,"ujarnya.

5.Program One Juz One Level.

Program one Juz one level adalah gerakan menghafal alquran (bagi yang muslim) yaitu satu juz untuk setiap jenjangnya.Sehingga selama tiga tahun,seluruh peserta didik diharapkan memiliki kemampuan menghafal 3 juz. Program ini diawali pada pertengahan bulan oktober dengan sistem setoran hafalan ke guru pendamping setiap hari. Program ini mengadopsi cara anggota pramuka untuk mendapatkan kompetensi untuk naik tingkat. Namun secara formal, setoran dilaksanakan pada setiap hari jumat yaitu pada jam IMTAQ dengan masing-masing peserta didik memiliki kartu setoran hafalan. "Nantinya setiap akhir semester, diadakan uji kompetensi hafalan dengan mendatangkan penguji tamu dari lembaga yang memiliki otoritas tahfiz yang ada seputaran Lombok Barat,"jelasnya lagi.

6.One Semester One Program

Program One Semester One Program dilatarbelakangi oleh fakta bahwa sebagian besar peserta didik tidak memiliki kemampuan dasar literasi computer. Di sisi lain,sekolah berkeinginan untuk mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. "Hemat kami, mereka akan sangat membutuhkan keterampilan literasi computer dasar untuk kegiatan kampus mereka nantinya. Kondisi lain yang juga mendukung kegiatan ini adalah adanya fasilitas komputer kami sejumlah 60 buah,dan 40 diantaranya siap untuk digunakan belajar,"kata Ridwan Helmy melanjutkan.

Program ini di awali khusus untuk kelas XII dengan asumsi sangat di butuhkan oleh para siswa.Program ini menggunakan pola jam tambahan selama 45 menit dengan system belajar mandiri. Artinya sekolah menyiapkan fasilitasnya termasuk modul, tutorian dan link youtubenya. Dan peserta didik dipersilahkan menggunakan panduan tersebut untuk belajar. Program ini juga diinterasikan dengan tugas akhir mata pelajaran. Misalnya untuk program MS OFFICE diintegrasikan dengan tugas akhir sosiologi dan geografi."Jadi,pada saat pembelajaran MS word, peserta didik juga mengerjakan tugas akhir dari kedua mata pelajaran tersebut.Untuk uji kompetensinya,SMAN 1 Sekotong telah menandatangani kerja sama dengan SMKN 7 Mataram sebagai lembaga penguji dari kegiatan ini,"ujarnya.

7.Program Sekolah Alam Sabtu Mengkonservasi Mangrove.

Program terakhir yang diluncurkan adalah Kelas Alam Sabtu mengkonservasi Mangrove. Program ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa Sekotong secara umum merupakan daerah langganan banjir yang disebabkan oleh limpahan air hujun dari bukit-bukit yang berada disekitarnya,serta gelombang pasang yang terjadi secara bersamaan.

Sementara itu,hampir sebagian besar sivitas dan warga SMAN 1 Sekotong adalah korban banjir. Melihat kenyataan tersebut, pihak sekolah merasa bahwa selaku korban berkeinginan untuk berkontribusi mencegah banjir tersebut.Kontribusi ini dilaksanakan melalui program kelas alam sabtu mengkonversi mangrove.

M.Ridwan Helmy,S.Pd,M.Pd 
Program ini berlangsung di Bagek kembar yang merupakan salah satu tempat konservasi mangrove di kecamatan Sekotong. Program ini terlaksana berkat kerja sama denga SMKN 1 sekotong dan Balai pengelolaan Sumber daya  pesisir dan Laut (BPSPL Denpasar) wilayah Kerja Nusa Tenggara barat dibawah bimbingan bapak Barmawi. Juga program ini terlaksana berkat kerja sama dengan kelompok pengawas masyarakan Bagek Kembar yang diketuai oleh Bapak agus alwi. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian latar belakang kegiatan oleh Kepala SMAN 1 Sekotong,M. Ridwan Helmy, S.Pd, M.Pd,dan Kepala SMKn 1 Sekotong Sulman Haris S.Ag, M.Ag."Kemudian dilanjutkan oleh penyampaian materi  tentang mangrove oleh Bapak Barmawi,jalan-jalan mengenal ekosistem mangrove dan diakhir dengan penanaman mangrove. Program ini berlasung setiap hari sabtu mulai pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 12.00 Wita,"pungkas Kepala SMAN 1 Sekotong menutup penjelasannya.


×
Berita Terbaru Update