Notification

×

Indeks Berita

Mahasiswa FKIP Unram,45 Hari Belajar Penanganan Bencana Di Sekotong Tengah.

November 27, 2021 | Sabtu, November 27, 2021 WIB Last Updated 2022-04-28T14:50:44Z
Mahasiswa KKN FKIP Unram di Sekotong Tengah.

KIM,-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PLP FKIP Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat,melakukan kegiatan pengenalan langsung sistem penanganan bencana di Desa Sekotong tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.Sebanyak 12 orang mahasiswa ini dilepas secara langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),dan diterima oleh Kepala Desa Sekotong Tengah beserta jajarannya di kantor desa setempat,Sabtu 27 November 2021.

Dalam kata penyambutannya,Kades Sekotong Tengah Lalu Sarappudin mengatakan,bahwa keberadaan mahasiswa yang ber KKN di desanya sangat penting bagi kemajuan desa. "Dengan banyaknya perguruan tinggi yang menjadikan desa kami sebagai lokasi KKN,menjadi salah satu sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman,"ucap Lalu Sarappudin.

Disebutkan oleh Kades Sekotong Tengah 2 priode ini,pihaknya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Mataram.Terlebih pada KKN tahun ini mengambil tema tentang kebencanaan."Sangat tepat sekali tema KKN ini,karena desa kami juga merupakan salah satu desa rawan bencana di Kabupaten Lombok Barat.Jadi kami sangat membutuhkan sharing pengetahuan,"ujarnya.

Ditambahkan pula oleh Sekdes Sekotong Tengah,bahwa penangan bencana di desa ini dilakukan secara menyeluruh.Salah satu bentuknya adalah adanya lembaga-lembaga desa bidang kebencanaan,peta rawan bencana,sarana dan prasarana serta program penanganan bencana."Ada beberapa lembaga dan relawan yang dibentuk khusus pada penanganan bencana.Yaitu Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat),Destana,KSB,PMI,KMPS,dan FRPB serta Satgas Covid 19,"ungkap Muhamad Rasid,Sekdes Sekotong Tengah.

Lebih jauh disebutkan pada masa pandemi Covid 19,para relawan bencana tersebut lebih banyak berprogram pada penanganan pandemi Covid 19.Seperti pembagian masker,penerapan prokes,dan vaksinasi.

Sedangkan Ketua BPD,Samiin mengharapkan agar program KKN mahasiswa dan pemerintah desa hendaknya bersinergi."Selamat datang kami ucapkan kepada para mahasiwa KKN Unram di Desa Sekotong Tengah.Semoga program KKN yang akan dilaksanakan dapat bersinergi dengan program desa,"pinta Miin.

Drs.I Gede Mertha,M.Si,pada saat melepas para mahasiswa melalui zoom mengharapkan agar pelaksanaan KKN berbasis kebencanaan ini dapat menghasilkan program yang berkelanjutan.

Hadir pada saat penerimaan mahasiswa ini yaitu Kades,BPD,Kadus dan pimpinan lembaga lembaga bidang kebencanaan Desa Sekotong Tengah.(sid).

×
Berita Terbaru Update