iklan

Festival Air 2021 Berlangsung Sukses,Sejumlah Tokoh Gemakan Ke Sekotong Aja.

Festival Air Sekotong 2021.

KIM,-Festival Air Sekotong yang digelar selama 2 hari,Sabtu-Minggu (13-14/11/2021) berlangsung penuh kemeriahan.Festival yang pertamakali digelar di Kecamatan Sekotong oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat ini,menampilkan sejumlah atraksi wisata serta menyedot perhatian pengunjung.

Sepanjang pantai Arjuna Tawun serta Pantai Elak-Elak Desa Sekotong Barat pada pagi sabtu(13/11),para pengunjung memenuhi sepanjang tepi pantai untuk menyaksikan pembukaan festival air 2021 oleh Asisten 1 Setda Lobar,Agus Gunawan,mewakili Wabup Lobar.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Gunawan menyampaikan bahwa dipilihnya Sekotong sebagai lokasi diselenggarakannya Festival Air adalah sangat tepat."Sangat tepat, karena Sekotong sendiri sudah sangat terkenal dengan panorama pantai, pulau-pulau kecil dan keindahan bawah lautnya," ucapnya.

Sementara padaMinggu(14/11/2021),puluhan perahu layar warna-warna memadati sepanjang pantai pandanan.Perahu layar tersebut selanjutnya diperlombakan,start dari Pantai Pandanan dan finis di Pesisir Pantai Tamarinland Desa Gli Gede Indah,tempat penutupan Festival air Sekotong 2021 oleh Sekda Lombok Barat,H.Baihaqi,mewakili Bupati Lombok Barat.

Dalam kata sambutannya,Sekda Baihaqi memberikan apresiasi tinggi kepada Dispar Lobar serta para pelaku wisata atas terselenggaranya festival air 2021 di Kecamatan Sekotong.Dalam kesempatan tersebut,tak lupa pula ia memuji keindahan alam sekotong."Kami memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Dispar Lobar serta para pelaku wisata atas suksesnya festival air di Sekotong ini.Kalau tadi Ibu Wakil Ketua DPRD Bilang,Sekotong ini merupakan sekeping surga di bumi.Maka saya mengatakan bahwa Tuhan menciptakan sekotong ini dalam keadaan tersenyum,saking indahnya,"ucap Sekda Baihaqi.

Pujian yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Lombok Barat,Hj.Nurul Adha."Saya memberikan apresiasi kepada Kadispar Lobar atas kreasi dan dedikasinya dalam mempromosikan pariwisata Lombok Barat.Festival air di Desa Gili Gede Indah ini sungguh luar biasa.Semoga dengan even ini akan membangkitkan perekonomian masyarakat.Untuk itu,mari kita sebarkan pesan kedamaian dan kenyamanan kepada para wisatawan,"ucap Politisi PKS tersebut dalam sambutannya yang disampaikan dari atas spedboat ini.

Sedangkan mewakili Komisi II DPRD Lobar,Munawir Haris,menyebutkan event festival air ini perlu keberlanjutan,tidak hanya dilakukan sekali."Sebagai pimpinan Komisi 2 DPRD Lobar,kami harapkan event ini tidak hanya dilakukan untuk saat ini,tetapi menjadi event yang berkelanjutan,"harap Politisi partai PAN ini kepada KIM Sekotong.

Munawir Haris juga menilai event festival air yang diselenggarakan oleh Dispar Lobar ini,berlangsung cukup baik.Jikapun ada kekurangan menurutnya,hal tersebut akan menjadi bahan evaluasi agar Dispar Lobar dapat menyelenggarakan event-event yang lebih baik lagi.

Tokoh berikutnya yang memberikan apresiasi adalah Abu Bakar Abdullah.Anggota DPRD Lobar Dapil Sekotong-Lembar yang juga merupakan pemilik Tamarinland ini, tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak sehingga event akbar yang pertamakali di gelar di Desa Gili Gede Indah ini,berlangsung penuh kemeriahan. 

"Terima kasih tak terhingga kepada berbagai pihak yang telah mendukung suksesnya festival air sekotong 2021 ini.Melalui event ini,kita dapat melihat betapa indahnya karunia Allah kepada bangsa Indonesia.Untuk itu,mari kita jaga dan syukuri,"ucap Abu Bakar Abdullah dalam welcome speach yang ia sampaikan dari tengah laut gili gede indah tersebut.

Sedangkan melalui rilisnya,Dinas Pariwisata Lombok Barat menyebutkan bahwa letak Sekotong yang relatif dekat dengan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi venue perhelatan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa hari ke depan,menjadi peluang bangkitnya kepariwisataan di Sekotong.

Menangkap momen tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) mulai dari pagi tadi menggelar sejumlah kegiatan kepariwisataan di kawasan Sekotong yang terbungkus dalam event 'Festival Air - The Southland Dance', Sabtu (13/11/2021).

Dimulai dengan clean up bawah laut serta transplantasi karang di laut Gili Layar Sekotong yang langsung dipimpin oleh Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan, kegiatan hari pertama juga disertai dengan Live Cooking dari ibu-ibu masyarakat Sekotong yang didampingi Indonesian Chef Association (ICA) di Pantai Arjuna Batu Kijuk Sekotong Barat.

Bersamaan dengan Live Cooking, ada juga kegiatan Beauty Class yang dimeriahkan sejumlah perias wajah yang ada di kawasan Sekotong.

Pada malam harinya, event dilanjutkan dengan Camping Bareng, Live Music dan Diskusi Seputar Pariwisata di Pantai Elak-Elak yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Dinas Pariwisata Lombok Barat dan YouTube TVRI NTB.

Sebagai penutup di hari pertama, Festival Air menyajikan nonton bareng tanyangan WSBK di pinggir pantai."Di tengah hiruk pikuk dengan pemberitaan WSBK dan tahun depannya ada MotoGP, dengan event ini masyarakat juga diharapkan menjadi aware terhadap aspek promosi pada destinasi di tempatnya sendiri," ujar Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam saat pembukaan event.

Aspek lain yang ditujukan dari event ini juga disebutkan Akhkam adalah aspek edukasi, menurutnya, aspek inilah yang mendasari adannya kegiatan live cooking yang didampingi oleh ICA, beauty class hingga cleanup bawah laut dan transplantasi."Ini adalah aspek yang ingin kita capai agar masyarakat kita menyadari bahwa membangun kepariwisataan yang berkelanjutan itu harus berbasis masyarakat," ucapnya.

Terakhir ia menyebutkan bahwa aspek lain yang ingin dicapai dari event ini adalah pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat."Aspek pemberdayaannya yaitu di semua rangkaian pada event ini kita lebih banyak menampilkan konten lokal dari para pelaku yang ada di daerah Sekotong," tandas Akhkam.








Belum ada Komentar untuk "Festival Air 2021 Berlangsung Sukses,Sejumlah Tokoh Gemakan Ke Sekotong Aja."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel