iklan

Dialog Interaktif,Bupati Lobar Gandeng AKAD Sukseskan WSBK.

Dialog Interaktif Bupati Lobar Dan AKAD

KIM,-Dialog interaktif yang disiarkan secara live melalui fanpages Media Asosiasi Kades (AKAD) Lobar pada Senin (8/11/2021) Pukul 20:30 Wita,menghadirkan Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid,M.Si,dan Ketua AKAD Lobar,Syahril,SH. 

Dialog interaktif kali ini mengusung tema "Sudah Siapkah Lombok Barat Menyambut WSBK".Topik ini dipilih karena perhelatan World Super Bike Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, telah menyedot perhatian masyarakat Nusa Tenggara Barat dan dunia.WSBK yang  dicanangkan oleh Pemerintah Pusat,merupakan ajang bergengsi bagi para pembalap nasional maupun mancanegara.Dalam kesempatan tersebut,Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid optimis terhadap potensi yang terdapat di Lombok Barat,terutama untuk menyediakan oleh-oleh khas lokal. Ia menegaskan bahwa masyarakat Lombok Barat berpotensi besar untuk memberikan sumbangsih  dalam mensukseskan perhelatan WSBK."Karena Lombok Barat merupakan jalur utama turun muat barang mulai dari pelabuhan Lembar melintasi jalur Baypas Bandara Internasional Lombok (BIL),"ujar Bupati Fauzan Khalid mengawali dialog yang dipandu oleh Amaq Epol tersebut.

Bupati Lobar,H.Fauzan Khalid,M.Si.

Dijelaskan oleh  Bupati Lobar 2 priode ini,bahwa dirinya berupaya membuka kran komunikasi bagi warga agar segala potensi yang terdapat di setiap desa di Lombok Barat dapat mengambil bagian pada event WSBK nanti."terutama pada desa-desa dengan potensi wisata unik seperti Kuliner di Kebun Ayu, Gerabah di Bayumulek, Cukli dan ukir di Sesela, wisata alam sesaot,lembar selatan dan yang lainnya,"ucapnya.

Selain itu,H.Fauzan Khalid juga percaya bahwa Lombok Barat adalah rajanya pusat oleh-oleh khas Lombok.Maka kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh warga.Ia juga menegaskan bahwa warga tidak mungkin bisa dengan semaunya bisa masuk dalam wilayah WSBK."Namun kita dapat mengaktivasi ruang-ruang potensial daerah kita,sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung,"ujarnya lagi.

Pemandu acara,Amaq Epol berusaha menggiring dialog agar muncul wacana yang menguntungkan bagi semua pihak terutama bagi warga kecil agar mampu survive dalam kondisi transisi post - pasca pandemi ini. Terlebih juga peran guide dalam mengarahkan para wisatawan untuk mengunjungi destinasi yang ada di setiap desa di Lombok Barat.Maka AKAD Lobar diminta untuk terus berupaya membangun komunikasi dengan para pegiat wisata untuk menyambut WSBK 2021.

 Menanggapi hal itu,Ketua AKAD Lobat,Sahril menawarkan kepada setiap desa untuk membangun komunikasi,sehingga dapat di fasilitasi oleh AKAD Lobar lewat paket Wisata, Festival budaya ataupun bazar cita rasa kuliner desa.

"AKAD Lobar telah mempersiapkan paket kunjungan wisata yang bekerja sama dengan salah satu organisasi Travel Asosiasi Travel Agen Indonesia (ASTINDO),untuk menunjang kebutuhan para penonton WSBK yang akan berwisata di Lombok Barat,"ungkap Kades Jeringo Kecamatan Gunungsari ini.

Sahril juga mengatakan bahwa dirinya bersemangat untuk mengkordinir desa-desa dibawah naungan AKAD Lobar,untuk menghimpun potensi yang terdapat di desa masing-masing.Dengan demikian potensi-potensi yang ada dapat diklasifikasikan dalam ragam wisata yang membuat wisatawan bergairah untuk mengunjunginya.

Salah satu langkah awal yang ia lakukan selaku ketua AKAD yaitu dalam bentuk mengadakan dialog interaktif dengan para pemangku kebijakan."Dialog interaktif ini diinisiasi untuk memunculkan ruang alternatif bagi desa  yang memiliki potensi untuk dapat difasilitasi, diberdayakan oleh pemerintah daerah dan ikut serta mensukseskan upaya tersebut,"ucap Sahril.

Syahril,SH,Ketua AKAD Lobar.

Ia juga menambahkan bahwa momen WSBK merupakan kesempatan bagi pelaku kesenian dan kebudayaan untuk tampil mempertunjukkan marwah dan khazanah seni budaya di Kabupaten Lombok Barat. 



Belum ada Komentar untuk "Dialog Interaktif,Bupati Lobar Gandeng AKAD Sukseskan WSBK."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel