iklan

Workshop Peningkatan Kompetensi GPAI SMK Lobar,Hasilkan Sejumlah Rumusan Pembelajaran.

Peserta workshop peningkatan kompetensi guru PAI SMK Se-Kabupaten Lombok Barat.

Lombok Barat,-Workshop peningkatan kompetensi para Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Se-Kabupaten Lombok Barat,berlangsung di Aula SMKN 2 Kuripan,Rabu 6 Oktober 2021.

Kegiatan Workshop yang diikuti sekitar 35 GPAI SMK di Lombok Barat ini,bertujuan untuk menyusun perangkat pembelajaran yang diharapkan dapat menajadi bahan refrensi.Disamping itu,dengan adanya forum diskusi para guru PAI SMK ini dapat saling mengisi dan melengkapi,serta memberi solusi antar anggota MGMP.

"Karena saat sekarang dari Dinas memang sedang getol mendorong berbagai kegiatan penilain dengan mengaktifkan peran dan fungsi MGMP.Hal ini sangat selaras dengan apa yang menjadi harapan dinas dalam peningkatan kapasitas dan penilaian guru,"ujar Kepala SMKN 2 Kuripan,Rias Sandi Miswardan,SE,dalam kata sambutannya.

Hal senada juga disampaikan oleh  Kepala Kemenag Lobar,Dr.H. Jalalussayuthy, SS.,M.Pd.Dimana dalam arahannya,Jalalussayuthy mengatakan bahwa GPAI harus memiliki empat kompetensi dasar.Yaitu Kompetensi Kepribadian,Kompetensi Sosial,Kompetensi Paedagogik,dan Kompetensi Sosial.

"Selanjutnya bagi guru yang sudah TPG,harus mampu meningkatkan kompetensi melaui empat hal dalam meningkatkan diri antara lain melalui MGMP,Seminar,Pembelian Buku Refrensi,dan Kegiatan Ilmiah,"paparnya.

Pada kesempatan tersebut,Kepala Kemenag Lobar juga memaparkan terkait teori saling berterima yang dicetuskan oleh Tokoh Pendidikan yang merupakan Dosen Pascasarjana Unram,yakni Almarhum Dr. L. Husni Muaz.

"Saya berharap GPAI menjadi guru yang di idolakan dan disegani, serta menjadi tauladan bagi warga sekolah terutama bagi peserta didik yang diajar di sekolah,"pungkasnya pada workshop yang dihadiri juga oleh Kasi PAKIS,Ketua Pokjawas, Pengawas Pembina dan Ketua MGMP PAI SMK Provinsi NTB,yang juga Ketua DPW AGPAII NTB,Sulman Haris,M.Pdi.

Para peserta workshop juga diberikan materi penguatan yang disampaikan oleh  Kasi PAKIS Kemenag Lobar,dan Ketua Pokjawas dan Pengawas Pembina GPAI zona selatan dan utara,H.Saeful Hamdani,S.Ag.

Dalam penyampaiannya selaku pengawas,ia berharap ada kerjasama antar semua GPAI dalam melaksanakan tugas KBM di sekolah masing-masing.Selain itu,tetap melakukan update terkait perangkat pembelajaran dan alat alat bantu,terlebih dalam masa pandemi Covid 19.

Adapun pemateri terakhir yaitu  Ketua DPW AGPAII NTB ),Sulman Haris,M.Pdi.Dalam kesempatan tersebut,Sulman Haris menghimbau agar semua GPAI selalu kompak dan bersinergis untuk berjuang membumikan akhlakul karimah dan ajaran ajaran keislaman yang moderat.

Sulman Haris mengingatkan terkait solusi dalam menyiapkan prangkat pembelajaran baik materi ajar,RPP dan penilaian GPAI agar mampu menggunakan APLIKASI AGPAII DIGITAL."Didalam Aplikasi AGPAII Digital tersebut di dalmnya sudah dilengkapi dengan fitur kekinian,sehingga dapat digunakan sebagai refrensi lengkap dari GPAI se Indonesia untuk digunakan pada semua jenjang,"jelas Kepala SMKN 1 Sekotong Lombok Barat ini.

Belum ada Komentar untuk "Workshop Peningkatan Kompetensi GPAI SMK Lobar,Hasilkan Sejumlah Rumusan Pembelajaran."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel