iklan

7 Cara Sosialisasi Vaksin Kades Sekotong Tengah Ini,Dinilai Efektif Dongkrak Penerima Vaksin.

Kimsekotong.com,-Rendahnya angka penerima vaksin di Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong,membuat Kades Lalu Sarappudin berfikir keras.

Dari 7.676 warga yang layak vaksin,yang sudah divaksin hanya 978 orang.Selain karena faktor geografis 10 dusun yang berada dilokasi perbukitan dan terpencil,juga kurangnya sosialisasi menjadi faktor penyebab rendahnya angka penerima vaksin di Desa Sekotong Tengah.

Namun,Kepala Desa Sekotong Tengah 2 priode ini tak tinggal diam,ia memerintahkan jajarannya dan turun langsung ke dusun-dusun untuk sosialisasi. 

Berikut 7 cara Kepala Desa Sekotong Tengah mensukseskan program vaksinasi di desanya.

1.Sosialisasi langsung ke dusun-dusun.

Sosialisasi secara langsung ke dusun-dusun penting untuk dilakukan.Sebab penyampaian pesan akan lebih mudah diterima oleh warga,jika dibandingkan dengan sosialisasi menggunakan media sosial atau surat edaran.Pada kegiatan sosialisasi pertama dilakukan dimalam hari bertempat di Dusun Gunung Anyar dan Dusun Gunung Kosong,Rabu (29/9/2021).

Hadir bersama kades yaitu Sekretaris Desa,BPD,Kasi Pelayanan dan Kasi Kesra."vaksin itu sangat penting bagi masyarakat,karena selain untuk kesehatan juga kartu tanda vaksin bagi warga penerima vaksin sebagai syarat pengurusan administrasi di kantor desa,"jelas Lalu Sarappudin dihadapan ratusan warga Dusun Gunung Anyar dan Gunung Kosong yang berkumpul di Musholla dusun setempat.

2.Membentuk Tim Khusus Percepatan Vaksinasi.

Selain membentuk satgas covid 19,Kades Lalu Sarappudin juga membentuk tim khusus percepatan penanganan vaksinasi.AdapunPembentukan tim sambang gubug yang terdiri dari Kadus,BPD,PKH,LPM dan operator desa serta tim pendukung dari Polsek Sekotong,Puskesmas Sekotong,Koramil dan pemerintah kecamatan sekotong.

3.Menyediakan sarana transportasi bagi warga.

Untuk efektifitas mobilisasi para penerima vaksin,kades juga Membentuk relawan penjemput dan pendata warga penerima vaksin.Tugas lainnya yaitu memberikan kartu tanda vaksin bagi warga penerima vaksin sebagai syarat pengurusan administrasi di kantor desa.Selain bersosialisasi tentang vaksin,Kades Lalu Sarappudin juga menyusun Rencana Kerja Program Percepatan Vaksinasi "Sambang Dusun atau Gerebeg Dusun yang akan di laksanakan secara menyeluruh di 23 dusun pada Bulan Oktober-November-Desember 2021.

Aksi vaksinasi Gerebeg Dusun ini diLatar Belakangi Rendahnya angka penerima vaksin.Dimana Jumlah penduduk :9.399 jiwa
Penduduk layak vaksin : 7.796 jiwa
Sudah vaksin :978 jiwa
Belum vaksin : 6.818 jiwa dengan
Target sasaran yaitu 50% atau sekitar 3000 jiwa.

4.Menentukan Titik-titik Lokasi

Dalam pelaksanaan vaksinasi,tim menentukan 4 titik pusat vaksin sambang dusun.Sehingga mempermudah pemetaan wilayah dan mendekatkan pelayanan vaksinasi.

5.Menyiapkan tempat vaksin harian.

"Jika program percepatan vaksinasi sambang dusun tidak berhasil,pemdes akan bekerjasama dengan PKM Sekotong untuk menyediakan pelayanan vaksin harian kepada warga.Jika saat mengurus administrasi tidak menunjukkan kartu vaksin,akan disuruh vaksin langsung ditempat,"tegas Lalu Sarappudin.

6.Menetapkan kartu vaksin sebagai syarat administrasi.

Sesuai peraturan presiden,Kades Sekotong Tengah juga menginstruksikan bawahannya untuk melaksanakan arahan bahwa kartu vaksin harus dibawa ketika mengurus surat-surat ke kantor desa.

7.Memberikan kemudahan akses pelayanan adminduk.

Bagi warga penerima vaksin yang tidak memiliki tanda pengenal,tim percepatan mengupayakan pelayanan adminduk kepada warga yang akan di vaksin.

Hasilnya,pada pelaksanaan vaksinasi di Dusun Telaga Lebur dan Dusun Loang Batu,600 target penerima vaksin berhasil dilampaui,bahkan hingga petugas kesehatan kewalahan dan kehabisan stok vaksin.Sementara warga masyarakat banyak yang tidak mendapatkan vaksin.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Sosialisasi Vaksin Kades Sekotong Tengah Ini,Dinilai Efektif Dongkrak Penerima Vaksin."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel