iklan

Penguatan Peran Perempuan Dalam Pembangunan,Desa Sekotong Tengah Gelar Workshop.

Workshop penguatan peran perempuan Desa Sekotong Tengah 2021.

Kimsekotong.com,-Pada zaman emansipasi dan kesetaraan gender sekarang ini, kelompok perempuan masih dipandang sebagai warga kelas kedua yang tidak memperoleh persamaan hak,seperti halnya kelompok laki-laki.

Tidak sedikit kajian yang menyebutkan bahwa perempuan dan anak di seluruh dunia merupakan kelompok yang rentan  mengalami masalah seperti kemiskinan, bencana alam, konflik, kekerasan, dan sebagainya.

Demikianlah yang menjadi latar belakang diselenggarakannnya workshop penguatan kapasitas kader perempuan optimalisasi peran perempuan dalam pembangunan desa.

Workshop yang diinisiasi oleh Yayasan Tunas Alam Indonesia (Santai) NTB ini,bertempat di Aula Kantor Desa Sekotong Tengah.Kamis 23 September 2021.

Kegiatan workshop diikuti oleh 30 orang peserta dari kelompok perempuan yang ada di Desa Sekotong Tengah,seperti PKK,Kader Posyandu,Guru Paud,Forum Anak Desa,Komunitas Peduli Perempuan dan Anak Desa (KPPAD) dan Kader Pemberdayaan Masyarakat(KPM).

Bertindak selaku narasumber yaitu Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Lombok Barat,Erni Suryana,SST,MM, dan Kabid Administrasi Pemdes DPMD Lobar,Saeful Abubakar.

Dikatakan Erni Suryana,bahwa Perempuan bisa menjadi aktor strategis di dalam pembangunan di desa,dan juga pembangunan nasional. Kelompok perempuan dapat menciptakan perubahan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan sejahtera. 

Oleh sebab itu,keberadaan perempuan harus diperhitungkan,karena kecerdasan dan kepiawaian perempuan tidak bisa lagi dianggap sepele dalam berkontribusi terhadap kegiatan pembangunan.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Desa Sekotong Tengah,Lalu Sarappudi.Dalam kata sambutannya ia berharap agar kelompok perempuan turut aktif dan kreatif memberikan ide dan gagasan,terkait pembangunan di desa.

"Silahkan membentuk kelompok kelompok usaha ekonomi,agar bisa kami anggarkan pada tahun 2022,"ucap Lalu Sarap saat membuka Workshop dengan peserta khusus perempuan tersebut.

Sedangkan narasumber lainnya,Kabid Administrasi Pemdes DPMD Lobar,Saeful Abubakar,lebih banyak membas peran dan fungsi perempuan dalam kegiatan pembangunan di desa.Ia juga mengapresiasi adanya kegiatan workshop ini.

"Kegitan workshop seperti ini penting untuk dilakukan.Sehingga kelompok perempuan paham akan hak dan kewajibannya dalam kegiatan pembangunan.Selain itu,di era kesetaraan gender saat ini,adanya anggota BPD keterwakilan perempuan merupakan salah satu bentuk keterlibatan perempuan,"ucap Saeful Abubakar ketika dikonfirmasi usai penyampaian materi.

Usai penyampaian materi oleh para narasumber,selanjutnya peserta menyampaikan gagasan dan ide kepada para narasumber.(sid).




Belum ada Komentar untuk "Penguatan Peran Perempuan Dalam Pembangunan,Desa Sekotong Tengah Gelar Workshop."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel