iklan

5 Fakta Tempat Wisata Pulau Lombok Yang Wajib Diketahui.

Fakta-Fakta Tempat Wisata Lombok Yang Wajib Diketahui.

Bukit Geresak merupakan salah satu bukit dengan panaroma eksotis di Lombok Barat

Hallo teman-temanku para petualang dan pecinta traveler di seluruh dunia.

Pada kali ini,aku ingin mengajak teman teman semua,untuk mengenal lebih jauh destinasi wisata yang ada Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Oh,ya teman-teman! Sebelumnya bagi teman-teman yang belum tahu di kota manakah Lombok itu? Aku jelasin sedikit tentang Pulau Lombok,agar teman-teman nggak gagal paham.Lombok itu bukan nama kota,tetapi nama pulau yang terletak di bagian tenggara wilayah negara Indonesia.Pulau Lombok berbatasan dengan Pulau Bali di bagian barat dan Pulau Sumbawa di sebelah timur.Pulau Lombok terbagi menjadi 4 kabupaten dan 1 kota madya,yaitu Kabupaten Lombok Timur,Kabupaten Lombok Tengah,Kabupaten Lombok Barat,Kabupaten Lombok Utara dan Kota Madya Mataram.Luas Pulau Lombok Sekitar 4.739 km dengan jumlah penduduk pada tahun 2020 sebanyak 5.320 092 jiwa.

Di Pulau Lombok hanya terdapat 1 Bandara Internasional yaitu Bandara Internasional Lombok Zainudin Abdul Majid yang disingkat BIZAM atau BIL.Nama bandara ini diambil dari nama salah seorang pahlawan nasional Indonesia yaitu Maulana Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Majid atau yang lebih dikenal dengan nama Tuan Guru Pancor.Beliu merupakan pendiri organisasi Nahdhatul Wathon (NW).

Pantai Mekaki Sekotong Lombok Barat salah satu pantai terkenal dengan ombaknya yang ganas

Selain Bandara BIZAM,Pulau Lombok juga memilik pelabuhan sebagai pintu masuk lewat laut,yaitu Pelabuhan Lembar/Pelabuhan Gili Mas di Kabupaten Lombok Barat yang menghungkan Lombok dengan Pulau Bali,serta Labuhan Haji di Kabupaten Lombok Timur yang menghubungkan Lombok dengan Pulau Sumbawa.Sedangkan transportasi darat lebih banyak menggunakan sepeda motor,kendaraan roda 4,bus,cidomo,sepeda,bemo,dll. Di Lombok itu tidak ada becak dan kereta api seperti di daerah lainnya.

Nah,bagi teman-teman yang mau berkunjung atau liburan ke Pulau Lombok,berikut ini aku sampaikan Fakta-Fakta tempat wisata di Pulau Lombok yang wajib teman-teman ketahui:

1.Lombok memiliki destinasi wisata yang lengkap. 

Destinasi Wisata Lombok tidak hanya terkenal akan keindahan alam berupa pantai,gunung,gili-gilinya,dan terumbu karang.Melainkan juga destinasi wisata lombok terdapat wisata budaya,wisata religi,wisata edukasi,wisata gowes hingga wisata kuliner juga ada. 

Jika liburan ke Lombok, banyak rekomendasi pantai favorit yang eksotis dan terkenal.Cocok sebagai tempat wisata bersama anak dan keluarga.Tersedia juga banyak daftar wisata berupa taman dan objek wisata alam dengan panaroma paling oke dan top dech pokoknya buat teman-teman.Di jamin,nggak bakalan rugi kalau liburan ke Lombok.

Mencari kerang (Madaq) merupakan aktivitas masyarakat lombok di waktu senggang

2.Penduduknya ramah tamah dan heterogen.

Penduduk Pulau Lombok dihuni oleh Suku Sasak dengan persentase paling banyak.Selain itu ada pula Suku Bali, Suku Bima,Suku Sumbawa,Suku Jawa dan Suku Bugis.Demikian juga dengan agama yang dianut penduduk lombok yakni sebagian besar beragama islam,hindu,budha dan juga kristiani.Oleh karenanya,di lombok terdapat banyak masjid,pura,wihara dan gereja.Semua penganut agama di lombok bisa hidup rukun dan damai lho!.

2.Masih mempertahankan tradisi nenek moyang. 

Meski ditengah modernisasi yang melanda hampir seluruh dunia saat ini,penduduk Pulau Lombok masih berpegang teguh pada tradisi nenek moyangnya.Buktinya,hingga saat ini masih terdapat desa atau kampung tradisional seperti Desa atau Kampung Sade,Kampung Rambitan di Kabupaten Lombok Tengah ,dan Desa Bayan di Kabupaten Lombok Utara.

3.Mempertahankan kesenian tradisional. 

Kesenian tradisional di Pulau Lombok seperti Gendang Beleq,Peresean,cilokaq,jaran kamput,dll masih terus dilestarikan hingga saat ini.Kesenian tradisional lombok tersebut banyak dipentaskan pada acara penyambutan tamu,acara acara budaya,dan acara selamatan warga.

4.Lombok merupakan destinasi unggulan Indonesia bagian timur.

Lombok memiliki letak yang sangat strategis yaitu berada ditengah tengah 2 pulau yang merupakan tujuan para wisatawan dunia yaitu Pulau Bali di bagian barat dan Pulau Komodo di sebelah timur.Dengan posisi yang strategis tersebut,lombok bisa menjadi tempat transit bagi para wisatawan yang ingin ke Bali ataupun pulau komodo.

5.Wisata kuliner yang menggugah selera. 

Mengenai kuliner,Pulau Lombok tidak kalah dengan daerah lainnya.Siapa yang tidak kenal dengan Ayam Taliwang,atau Nasi Puyung,Pelecing dan Sate Bulayak.Semua kuliner tersebut dapat dinikmati dan tersedia dengan mudah hampir disetiap tempat wisata di Pulau Lombok.Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Hutan mangrove yang terdapat di kawasan sekotong Lombok Barat

Teman-teman yang aku cintai,demikian tadi aku tuliskan 5 fakta menarik seputar tempat wisata di Pulau Lombok.

Semoga teman-teman bisa berwisata keluarga ke Pulau Lombok.

Jangan lupa bahagia ya! 

#pesonaindonesia

#genpi

#visitlombok2021


 

Belum ada Komentar untuk "5 Fakta Tempat Wisata Pulau Lombok Yang Wajib Diketahui."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel