iklan

Untuk Kedua Kali,FKUB Lobar 2021-2026 Dipimpin TGH.Subki As-Sasaki.

Pelantikan pengurus FKUB Lobar priode 2021-2026.


Giri Menang,Kimsekotong.com,-
Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid,S.Ag,M.Si melantik Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lombok Barat periode 2021-2026 sesuai SK Nomor 517/15/Kesbangpol/2021.Acara pelantikan berlansung di Aula Kantor Bupati Lombok Barat,Senin 30 Agusutus 2021.Hadir pada kegiata pelantikan tersebut yaitu Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lombok Barat Hj. Nurul Adha, Asisten I H.Agus Gunawan, Kemenag Lombok Barat, Kepala Kesbangpol Lombok Barat, Ketua MUI serta dari beberapa perwakilan TNI/Polri.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lombok Barat tersebut,Tgh.Subki As-Sasaki kembali dipercayakan sebagai ketua FKUB Lombok Barat untuk kedua kalinya.Berikut daftar lengkap nama pengurus FKUB Lombok Barat priode 2021-2026.
Ketua : Tgh.Subki As-Sasaki.
Wakil Ketua : Lalu Ikbal Murad.
Sekretaris : Muizudin.
Anggota-anggota yaitu
Selamat Riadi,
H.Herman Maesun,
Mukril Hakim,
Musyaddatul Karimah,
Munawar,
I Made Putu Sudiartha,
I Made Diata
I Gusti Ngurah Swastayoga,
Nasib,
Amirudin,
Drs. Romo kristian Pakaseko,
Pdt. Suwardi, dan
Junaidi Wijanarko.

"Selamat atas pengukuhan FKUB Lombok Barat priode 2021-2026. Mudah-mudahan FKUB terus menunjukkan kinerjanya, kapasitasnya untuk menjaga kerukunan umat beragama,serta berikan terbaik untuk Kabupaten Lombok Barat," ucap Bupati Fauzan Khalid dalam kata sambutannya.

Disampaikan tokoh nomor 1 di Lombok Barat ini terkait kerukunan di masa kemajuan informasi dan teknologi,akan mendapat tantangan yang jauh lebih besar, dan itu sangat membutuhkan kesadaran, ketulusan dan usaha bersama.

Menurut Bupati Lobar 2 priode ini, bahwa di setiap agama sesuai keyakinan adalah semua agama itu baik.Sebab,jangankan agama, setiap komunitas yang ajarannya atas kesepakatan komunitas itu pasti memiliki tujuan yang juga baik.

Oleh sebab itu,melalui kesempatan tersebut ia mengajak untuk melihat kebaikan di masing-masing agama.

"Masalah kebenaran itu, adalah persoalan masing-masing,dan bahkan tidak ada agama yang tidak memiliki tujuan yang baik,"ujarnya.

Terkait konflik antar umat beragama di Kabupaten Lombok Barat menurutnya sangat kurang.Jikapun ada,hal itu disebabkan hal yang sepele seperti perkelahian antar pemuda yang sebenarnya bisa diidentfikasi sebagai bukan masalah agama.

Terakhir disampaikan Fauzan Khalid, Kepengurusan FKUB di bawah TGH.Subki Sasaki diberharapkan dapat terus bersinergi dengan pemda. Selain itu dengan terus meningkatkan kolaborasi kerjasama untuk menjaga soliditas kondusivitas kerukunan antar umat beragama,dan ntar golongan di Wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Ketua FKUB Lobar terpilih TGH.Subki Sasaki pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa ke depan,semua diminta harus siap bergandengan tangan.Dimana setiap orang akan bertetangga dengan orang yang berbeda agama, berbeda keyakinan, berbeda tutur kata dan berbeda budaya dan adat istiadat.

"Ke depan kita harus siap bergandengan tangan hidup dengan orang yang berbeda agama dan kenyakinan,"ucap tuan guru asal Kuripan ini.

Disampaikan Tuan Guru Subki, bahwa program FKUB Lobar jangka panjang 6 tahun ke depan,yakni akan menginventarisir rumah ibadah, yang akan dibagi menjadi tiga klasifikasi. yakni pertama rumah ibadah bersejarah, yang dibangun sebelum proklammasi tahun 1945 seperti Pure, Masjid, Klenteng, Kemaliq, masjid jamiq milik banjar, dan lainnya yang ada di Lombok Barat.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan data terbaru jumlah pemeluk agama dari lima agama yang ada di Kabupaten Lombok Barat.Yaitu

1.Pemeluk Islam :680.290 jiwa,
2.Agama Kristen Protesten 1.133 jiwa, 3.Katolik 507 jiwa,
4. Hindu 37.161 jiwa,
5.Budha 1.826 jiwa
6. Konghucu 5 orang

Selanjutnya FKUB akan membentuk desa siaga kerukunan,memperbanyak piagam penghargaan dan akan mensosialisasikan ke seluruh desa.

Kemudian ia juga akan memberikan kepada seluruh instansi kemitraan FKUB sebagai piagam penghormatan karena ikut bersama FKUB untuk melestarikan dan menjaga organisasi kerukunaan umat beragama di Kabupaten Lombok Barat.

"Lombok Barat ini berbeda dengan kabupaten Lainnya. Lobar memilki pelabuhan laut kemudian dekat dengan pelabuhan udara. Oleh karena itu, banyak pekerjaan dan antisipasi bersama," katanya.

Belum ada Komentar untuk "Untuk Kedua Kali,FKUB Lobar 2021-2026 Dipimpin TGH.Subki As-Sasaki."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel