iklan

Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Sekotong Tengah,Fokus Pada Regulasi.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Sekotong Tengah.Senin(2/8/2021)

Kimsekotong.com,-Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,melakukan pelatihan peningkatan kapasitas yang bersumber dari Dana Desa (DD) Sekotong Tengah Termin 2 Tahun 2021,Senin 2 Agustus 2021.Kegiatan pelatihan berlangsung di Aula Mangrove Tanjung Batu Sekotong Tengah.

Materi pelatihan kapasitas difokuskan pada pendalaman regulasi pemerintahan desa.Hal tersebut dirasa penting agar BPD memahami tugas,fungsi dan kewenangannya.

"Kami ingin pelatihan kapasitas ini difokuskan pada peningkatan pemahaman terhadap regulasi serta perencanaan pembangunan di desa,"ucap Lalu Sarappudin,Kepala Desa Sekotong Tengah dalam arahan dan sambutannya ketika membuka acara.

Pada pelatihan tersebut,Pemdes Sekotong Tengah menghadirkan dua orang narasumber pelatihan yaitu Arif Saptari dari Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Lombok Barat,dan Nurajin, Kasi Pemerintahan Kantor Camat Sekotong.Disamping itu hadir pula PLD Kecamatan Sekotong,Sapridi.

Sebanyak 8 orang dari 9 anggota BPD Sekotong Tengah menghadiri pelatihan.1 orang anggota tidak hadir karena  sakit.

"Acara pelatihan ini kita mulai dengan memberikan kesempatan kepada para narasumber untuk menyampaikan materi.Setelah itu dilanjutkan dengan acara diskusi,"ujar Muhamad Rasid,Sekdes Sekotong Tengah yang juga pemandu acara pelatihan.

Dalam pemaparannya,Nurajin menyampaikan materi tentang BPD yang tercantum dalam Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawartan Desa.

"Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 merupakan regulasi yang mengatur tentang tugas,fungsi dan kewenangan BPD,"jelas Nurajin.

BPD Sekotong Tengah

Pemateri berikutnya Arif Saptari banyak membahas tentang peran,fungsi dan tugas BPD.Selain itu,Ia juga menyampaikan tentang sumber anggaran kegiatan BPD,tata cara pengusunan Perdes,dan kelembagaan desa lainnya.

"Pemerintahan adalah sebuah seni yang membutuhkan keseimbangan,"jelas Arif seraya memberikan contoh pada tumpukan batu yang tersusun rapi dan seimbang.



Kegiatan pelatihan berlangsung dengan santai namun serius serta penuh keakraban,hingga tak terasa waktu menunjukkan pukul 12:35 Wita.

"Terima kasih atas semua materi yang disampaikan oleh para narasumber.Materi yang disampaikan sangat tepat sesuai dengan tugas kami selaku BPD,"ujar Ketua BPD Sekotong Tengah,Sami'in.(sid).

Belum ada Komentar untuk "Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Sekotong Tengah,Fokus Pada Regulasi."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel