iklan

Pegiat Lingkungan Wisata,Kumpulkan Puluhan Kwintal Sampah Dasar Laut Dan Pantai Elak-Elak Sekotong Lobar.

Aksi bersih pantai Elak-Elak sekotong (11/8/2021).


Kim Sekotong.com,-Sekitar seratusan orang berkolaborasi membersihkan Pantai Elaq Elaq Desa Persiapan Pesisir Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.Rabu 11 Agustus 2021.

Para pegiat lingkungan wisata tersebut terdiri dari Pokmaswas Elaq Elaq, Dispar Lobar, Persatuan Penyelam Profesional Lombok Sumbawa (P3LS), Perkumpulan Penyelam Sekotong (PPS), TNI/Polri, Pemdes Desa Persiapan Pesisir Mas, Pokdarwis Kecamatan Sekotong serta Mami Bale Bintang, pengusaha asal Jakarta yang sedang mengeksplorasi kekayaan bawah laut Pantai Sekotong.Pada kegiatan tersebut, Mami Bale Bintang merupakan donatur langsung yang secara bersama sama melakukan Giat bersih Pantai dan dalam laut di Pantai Elaq Elaq.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilakukan di wilayah Pantai Sekotong.Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya laut dan Pantai Sekotong yang terkenal akan keindahannya.

Dari kegiatan tersebut, di dapatkan sekitar ratusan kilo sampah dengan klasifikasi ribuan jenis sampah yang didominasi sampah plastik untuk sampah yang berada dalam laut.

Sedangkan dari pantai didapatkan sekitar 6-7 kwintal sampah yang juga didominasi oleh sampah plastik. Hal ini tentu menandakan bahwa kondisi laut di Kecamatan Sekotong perlu mendapatkan atensi serius dari ancaman dan bahaya sampah,karena bisa merusak ekosistem yang ada di dasar laut.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lombok Barat, Ahkam Mahfuz juga hadir dan ikut serta  secara langsung dalam kegiatan tersebut." Terima kasih atas kepedulian para pegiat wisata yang sudah membantu pemerintah dalam menangani persoalan sampah di wilayah Lobar. Kami ucapkan terima kasih juga kepada Mami Bale Bintang yang telah berkontribusi penuh dalam kegiatan ini",ucap Akhkam dalam sambutannya.

Acara dimulai dari pukul 09.00 Wita, dimana terdapat dua tim yaitu tim divers yang menyelam mengambil sampah bawah laut,dan sisanya membersihkan pantai. Setelah sampah terkumpul kemudian dilalukan pemilahan,dimana terdapat sekitar 2000-an jenis sampah yang berhasil dikumpulkan.

"Kami berharap dengan kegiatan seperti ini akan membuka kepedulian masyarakat secara umum akan pentingnya menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan, khsusnya ke laut",kata Budiman salah satu peserta dalam acara tersebut.(itong).

Belum ada Komentar untuk "Pegiat Lingkungan Wisata,Kumpulkan Puluhan Kwintal Sampah Dasar Laut Dan Pantai Elak-Elak Sekotong Lobar."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel