iklan

Bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat,Ternyata Sosok Ini Adalah Kepala Dusun Perempuan Pertama Di Lombok Barat.

I Komang Sumiani,SKM,Bersama Anngota KIM Sekotong.

Kimsekotong.com,-Jabatan Kepala Dusun atau perangkat desa unsure kewilayahan di Pulau Lombok,lumrah dijabat oleh kaum laki-laki.Sedangkan kepala dusun yang dijabat oleh seorang perempuan merupakan sesuatu yang langka.Diantara yang langka tersebut,adalah Ni Komang Sumiani,SKM, Demikianlah nama Kepala Dusun Lendang Guar Timur Desa Kedaro Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.Sejak di lantik sebagai kepala dusun pada mei  2018,Komang merupakan  satu satunya kepala dusun  perempuan di Kecamatan Sekotong, atau bahkan juga di Kabupaten Lombok Barat.

Pada awalnya,Komang merasa minder untuk mengikuti seleksi perangkat desa unsur  kewilayahan di desanya.Namun berkat dorongan keluarga dan niat untuk memotivasi kaum perempuan di Desa Kedaro. Bahwa perempuan juga punya hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam berbagai bidang.Ia kemudian memberanikan diri untuk mencalonkan diri sebagai perangkat desa unsure kewilayahan atau kadus.

“Pada awal ikut tes seleksi,saya sempat tanya sama panitia.Bisa enggak cewek  ikut jadi calon,ternyata bisa.Lalu sayapun  ikut mendaftar bersama salah seorang calon dari dusun saya”.cerita ibu kadus kelahiran tahun 1993 ini kepada KIM Sekotong.

Kadus Ni Komang Sumiani,SKM,  merupakan anak ke- 8 dari sembilan bersaudara.Menamatkan pendidikan dasar di SDN 1 Kedaro.Sempat duduk di bangku SLTP di desanya,kemudian pindah ke SLTPN 1 Gerung, tamat tahun 2010.Setelah itu Ia  bersekolah di SMA 2 Gerung,tamat tahun 2012.Tak sampai di situ,Komang pun melanjutkan perkuliahan di Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB), selesai tahun 2017.

Sebagai seorang pemimpin di tengah dominasi laki-laki di Dusun Lendang Guar Timur, dengan mayoritas pendudunya beragama hindu, tentu menjadi sebuah tantangan baginya.Namun dengan membangun komunikasi yang baik,kadus bertubuh mungil  ini,mampu mengatasi setiap hambatan yang di laluinya.

“Intinya adalah pada komunikasi yang baik.Saya kalau bersama tokoh-tokoh yang ada disini selalu minta pelajaran.Kalau saya salah,saya minta agar di ingatkan,dan para tokoh di Dusun Lendang Guar Timur dapat menerima keberdaan saya dengan baik”.Ungkap kadus yang kesehariannya  ikut membantu sang kakak, membuka praktek pengobatan di Desa Kedaro ini.

Dengan prinsip ihlas di dalam mengerjakan apapun yang menjadi tugasnya.Komang,  mempunyai kiprah yang patut di acungi jempol.

Dengan tampilnya Komang Sumiani,SKM sebagai kadus perempuan satu-satunya di Kecamatan Sekotong.Tentunya menjadi catatan  sejarah tentang mulai adanya peranan  gender  di Kecamatan Sekotong.

Terbukti dengan terpilihnya tokoh perempuan Lombok Barat asal Kecamatan Sekotong,Hj.Sumiatun sebagai Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat mendampingi H.Fauzan Khalid,S.Ag,M.Si.Selain itu,Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat,HJ.Nur Hidayah,SE adalah juga seorang perempuan.

 

Belum ada Komentar untuk "Bergelar Sarjana Kesehatan Masyarakat,Ternyata Sosok Ini Adalah Kepala Dusun Perempuan Pertama Di Lombok Barat."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel