iklan

Hari Raya Idul Adha 2021,Sembilan Ekor Hewan Qurban Dibagikan Kepada 900 Lebih Warga Sekotong Lombok Barat.

Ketua PHBI Masjid Nurul Iman Sekotong,H.Husen Hariadi (pakai Gamis) ketika menyerahkan daging qurban kepada salah seorang kepala dusun.


Kimsekotong.com
,-Usai pelaksaan Sholat Idul Adha 1442 H,Selasa (20/7/2021).Panitia PHBI Masjid Nurul Iman Dusun Sekotong Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,melakukan penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban.

Berdasarkan penjelasan dari pihak panitia PHBI Masjid Nurul Iman,penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dalam rangka memenuhi seruan Allah SWT untuk berqurban usai sholat Hari Raya Idul Adha 1442 H.Penyembelihan hewan qurban berupa sapi dan kambing tersebut, merupakan yang terbanyak diadakan selama 17 tahun di Dusun Sekotong.

"Penyembelihan hewan qurban ini merupakan yang terbanyak selama hampir 17 tahun kami mengadakan kegiatan seperti ini.Karena tahun tahun sebelumnya paling banyak 5 ekor sapi,"tutur H.Husen Hariadi,Ketua PHBI Masjid Nurul Iman ketika ditemui di tempat kegiatan pemotongan hewan qurban.

Lebih jauh,salah satu tokoh masyarakat di Desa Sekotong Tengah ini menuturkan,bahwa hewan qurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha tahun 2021 ini,merupakan titipan hewan qurban dari berbagai sumber yang di koordinir oleh panitia.

"Ada 3 kategori perolehan hewan qurban yang kami dapatkan.Yang pertama 1 orang utuh,kedua 7 orang 1 dan yang ketiga jam'iyah atau gotong royong.Alhamdulillah dapat terkumpul 8 ekor sapi jantan dan 1 ekor kambing,"tuturnya lagi.
"1 ekor kambing tersebut,kami sepakati untuk diserahkan kepada pengurus pondok pesantren Nurul Hidayah Lekok.Karena disana banyak para santri asal sekotong yang mondok,"ungkapnya.

Lebih jauh Haji Husen Hariadi menjelaskan,yang dimaksud 1 orang utuh tersebut adalah 7 orang anggota keluarga, berqurban 1 ekor sapi.

Sedangkan 7 orang 1 adalah 7 orang warga, berqurban 1 ekor sapi atau lebih.Dan sisanya secara berjamaah atau bergotong royong membeli 1 atau lebih hewan qurban.

Dari data yang diperoleh dari pihak panitia,adapun jumlah dan nama warga yang menitipkan hewan qurban dari masing masing kategori adalah sebagai berikut:

1 ekor sapi untuk 7 anggota keluarga yakni L.Ivan Indaryadi anggota DPRD Lobar.H.L.Adman warga Dusun Sekotong, tokoh masyarakat.H.Jalaludin Dusun Sekotong 2,tokoh masyarakat,dan Hendri Irawan Dusun Gunung Anyar, guru.

Kategori 7 orang 1 ekor sapi terdiri dari Kelompok 1 dengan anggota yakni H.Herman Jayadi Staf PKM Sekotong, H.Husen Hariadi, Ketua Panitia dan pemilik toko bangunan.Adi Ibrahim Dusun Sekotong 1 pemilik toko bangunan,Sifakyah staf Puskesmas,Hj.Muniah pedagang,L. Sarappudin Kades Sekotong Tengah dan Yek Zaki pemilik bengkel sepeda motor.

Adapun kelompok 2 terdiri dari H.Awaludin Dusun Sekotong 2,pengusaha.Hj.Saknah,pedagang,Zait Muttaqin,pemilik konter Bajang Cell, Alwi,S.Sos ASN Kantor Camat Sekotong,Desi Riani,Suhartini dan Amelia Riskani.

Sementara secara swadaya dilakukan lebih dari 50 orang donatur.Pembagian hewan qurban akan dilakukan secara berkelompok untuk menghindari terjadinya kerumunan warga.

"Untuk penerima daging hewan qurban dibuat menjadi 8 kelompok di 8 dusun yang ada di wilayah sekotong.Pembagian daging qurban dilakukan usai sholat zuhur kepada 4 dusun sebagai simbolis.Sisanya dibagikan oleh masing masing panitia,"ungkap Sopian Hadi,koordinator pendataan.

"Terima kasih kami ucapkan kepada keluarga besar Miq Tuan HL.Daryadi,semua panitia, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.Awalnya kami panitia sempat pesimis kegiatan ini akan berjalan sukses.Namun Alhamdulillah,berkat do'a para penerima daging qurban dan dukungan para tokoh.Pembagian hewan qurban pada perayaan idul Adha 1442 dapat melampaui target,"ujar H.Husen Hariadi.(sid).

Belum ada Komentar untuk "Hari Raya Idul Adha 2021,Sembilan Ekor Hewan Qurban Dibagikan Kepada 900 Lebih Warga Sekotong Lombok Barat."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel