iklan

Harga Sapi Naik Saat Hari Raya Idul Adha 2021,Anggota Dewan,Pengusaha Emas Dan Jamaah Masjid Di Sekotong Keluarkan Hewan Qurban.


 

anggota DPRD Kab.Lombok Barat,L.Ivan Indaryadi saat menyerahkan Hewan Qurban kepada Ketua PHBI Masjid Nurul Iman Dusun Sekotong.Selasa (20/7/2021).

Kimsekotong.com,-Sebagai salah satu bentuk ketaatan ummat muslim khususnya bagi yang mampu untuk melakukan penyembelihan hewan qurban usai pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.Harga hewan qurban, khususnya sapi dan kambing pada setiap Bulan Zulhijjah atau bulan haji selalu mengalami kenaikan harga.Hal tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan terhadap hewan qurban setiap tahunnya.

“Betul,karena ummat muslim yang mampu diwajibkan untuk melakukan penyembelihan hewan qurban pada setiap usai sholat idul adha.Adapun ketentuannya yaitu 1 ekor sapi yang memenuhi syarat untuk di qurbankan, dapat mencakup 7 orang.Sedangkan 1 ekor kambing untuk 1 orang.Jadi wajar jika harga hewan qurban naik pada saat lebaran haji,karena permintaan banyak,”jelas salah seorang tokoh agama asal sekotong,Ust.Haji Kamaruddin.

Meski demikian,semangat untuk mengeluarkan hewan qurban ummat islam khususnya para agniya yang ada di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,tidak pernah surut.Disebutkan lebih dari puluhan orang di Kecamatan Sekotong membeli hewan qurban untuk diserahkan kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) yang terdapat si setiap masjid yang ada di daerah ini.

“Alhamdulillah,kami menerima titipan hewan qurban juga dari Lalu Ivan Indaryadi salah seorang anggota DPRD Lombok Barat asal Kecamatan Sekotong berupa 1 ekor sapi jantan dengan perkiraan harga sekitar 15-18 juta,”ungkap H.Husen Hariadi,Ketua PHBI Masjid Nurul Iman Dusun Sekotong Desa Sekotong Tengah.Selasa 20 Juli 2021.

Dijelasakan Haji Husen,untuk idul adha tahun 2021 ini pihaknya mampu mengumpulkan sebanyak 8 ekor sapi jantan dan 1 ekor kambing.

“Untuk tahun ini kami dapat mengumpulkan 8 ekor sapid an 1 ekor kambing qurban yang dagingnya kami bagikan kepada sekitar 950 orang yang berhak menerima daging qurban di Dusun Sekotong,”lanjutnya.

Sementara itu Panitia PHBI Masjid Raudatul Jannah Dusun Telaga Lebur Dese Desa Sekotong Tengah mendapatkan titipan 3 ekor sapi jantan.Hewan qurban tersebut diserahkan oleh salah seorang pengusaha muda sukses  asal dusun setempat,Sumardi Ahmad.

“Alhamdulillah,pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2021 ini, kami  dapat lakukan pemotongan hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi jantan.Hewan Qurban tersebut dikeluarkan oleh seorang pengusaha muda sukses yang hampir setiap tahun mengeluarkan hewan qurban,”tutur Putrawadi,Kadus Telaga Lebur Dese.

Sumardi Ahmad.

Dituturkan Kadus Wadi,3 ekor sapi qurban tersebut dibeli sang pengusaha jual beli emas tersebut dari warga sekitar 23 jt setiap ekornya.Daging sapi qurban tersebut setelah disembelih kemudian dibagikan kepada sekitar 250 orang.

 “Pada idul adha  tahun lalu,beliau mengeluarkan 2 ekor sapi qurban yang dibagikan kepada  180 orang.Sedangkan tahun ini kami diberikan 3 ekor sapi jantan yang kami berikan kepada sekitar 250 orang,”ungkap Kadus Wadi.

Ditempat lainnya,Panitia PHBI Masjid Jawahirul Qulub Dusun Bertong Desa Persiapan Empol untuk pertamakalinya menyelenggarakan pemotongan hewan qurban usai Hari Raya Idul Adha.

"Lebaran Idul Adha tahun 2021 ini,PHBI Masjid Jawahirul Qulub Dusun Bertong Desa Persiapan Empol, menerima satu ekor sapi qurban dengan Berat 187 Kg.Sapi qurban tersebut diserahkan oleh kelompok jamaah subuh yang berqurban sebanyak 7 orang.Yaitu Ust. Samsul Arifin, H. Ahmad suadi, Mat Kholik,. H. Mahyudin,H. Selamet,M. Idrus dan Hj. Muniri,”ungkap Hariadi,Sekretaris PHBI Masjid Jawahirul Qulub Dusun Bertong.

Lebih jauh Hariadi mengatakan bahwa daging kurban ini di peking menjdi 105 paket,dan di salurkan ke warga yang menerima,di 2 dusun, yakni dusun bertong Barat 38 KK, Bertong Tengah 25 KK dan Bertong Timur 43.Dengan adanya  kegiatan ini,terdapat banyak warga yang merasa terpanggil untuk ikut andil dalam iuran untuk tahun tahun berikutnya.

"Insya Allah tahun depan kita akan melibatkan semua pengusaha pengusaha,PNS,dan warga yang mampu di Dusun Bertong Barat dan Bertong timur.Supaya apa yang diharapkan untuk kurban tahun depan lebih banyak"ujar Ust .Samsul Arifin,Ketua PHBI.(Sid).

Panitia PHBI Masjid Jawahirul Qulub Dusun Bertong


 

Belum ada Komentar untuk "Harga Sapi Naik Saat Hari Raya Idul Adha 2021,Anggota Dewan,Pengusaha Emas Dan Jamaah Masjid Di Sekotong Keluarkan Hewan Qurban."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel