iklan

Semarak Pilkades Di Desa Mareje,Para Calon Sepakat Jaga Toleransi.

Pencabutan nomor urut calon kades di desa mareje kec.lembar lombok barat.Rabu(16/6/3021).


Kimsekotong,-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Lombok Barat tahun 2021 di Desa Mareje Kecamatan Lembar,memasuki tahap penetapan calon,pencabutan nomor urut,penyampaian visi misi serta deklarasi damai para Calon Kepala Desa Mareje.Rabu (16/6/2021) bertempat di aula kantor desa setempat. 

Hadir pada kesempatan tersebut,Pjs.Kades Mareje,BPD,Panitia Kecamatan,Polsek dan Danramil Lembar,Satgas Covid 19,Calon kades beserta tim sukses,dan puluhan warga masyarakat lainnya.Kegiatan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan Covid 19.

Pelaksanaan penetapan dan pencabutan nomor urut calon dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.Dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia,ketua BPD dan Camat Lembar serta Polsek Lembar.

Dalam kata sambutannya,ketua Panitia Pilkades Mareje,H.Idran,S.Pd,secara tegas menyatakan bahwa pelaksanaan pilkades di Desa Mareje mengacu penuh pada regulasi yang telah ditetapkan.Yakni Perbup Lombok Barat No.20 Tahun 2021 Tentang Pilkades serentak Lombok Barat tahun 2021.

"Alhamdulillah,dalam melaksanakan tahapan pilkades di Desa Mareje tidak ada kendala.Meski ada kendala,itu merupakan dinamika politik yang berjalan wajar.Yang paling riskan adalah pada penetapan daftar pemilih.Tetapi kami bekerja sesuai aturan yang ada,"tegas H.Idran yang disambut uplaus hadirin.

Sementara itu,Ketua BPD Mareje,Nasib,SH,mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh panitia.Dikatakan oleh Nasib,bahwa panitia Pilkades Mareje telah menjalankan semua tahapan sesuai dengan aturan yang ada,sehingga ia berharap agar para Calon Kades Mareje dapat mengikuti tahapan pilkades secara demokratis. 

"Mari kita bersama sama mengawal tahapan pilkades agar berjalan sesuai aturan yang ada.Jika ada persoalan bisa di komunikasikan sama panitia di semua jenjang,"harap Nasib,SH.

Usai acara sambutan- sambutan,dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut calon.Berdasarkan hasil undian nomor urut,Calon atas nama Sardi,S.Pd mendapatkan nomor urut 1,Nurudin yang merupakan calon incumbent mendapat nomor urut 2, sementara nomor urut 3 dipegang oleh calon atas nama H.Muhsin Salim.Selanjutnya para calon menandatangani berita acara penetapan nomor urut di saksikan oleh segenap panitia dan para tim sukses para calon.

Pada pemaparan visi misi,para calon kades diberikan kesempatan sekitar 10 menit,untuk menyampaikan visi misinya di hadapan panitia dan warga masyarakat.Dari penyampaian ketiga calon tersebut,semua bercita cita membangun Desa Mareje ke arah yang lebih baik.

Sesi berikutnya yakni deklarasi pilkades damai oleh masing masing calon.Deklarasi damai tersebut  berisi item terkait kesepakatan untuk menjalankan aturan aturan pelaksanaan pilkades,serta menjaga kondusifitas selama hingga sesudah pilkades berlangsung.

Hal tersebut dilakukan mengingat Desa Mareje merupakan salah satu desa dengan tingkat toleransi yang cukup tinggi.Sebab,secara umum di desa ini terdapat dua penganut agama yang hidup secara berdampingan,yakni penganut agama islam dan agama budha.Acara berakhir dengan lancar dan tertiba hingga berakhir pada pukul 11:30 Wita.(sid).



Belum ada Komentar untuk "Semarak Pilkades Di Desa Mareje,Para Calon Sepakat Jaga Toleransi."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel