Selakaran,Cara Remaja Aktif Dusun Mertak Mas Bangun Kekompakan. -->

Selakaran,Cara Remaja Aktif Dusun Mertak Mas Bangun Kekompakan.

Kim Sekotong
Jumat, 04 Juni 2021


Kimsekotong,-Sejak terbentuknya kelompok remaja yang di namai  Remaja Aktif Dusun Mertak Mas Desa Kedaro Kecamatan Sekotong pada September tahun 2020.

Kelompok remaja yang memiliki puluhan anggota diinisiasi  oleh Kepala Dusun Mertak Mas tersebut,hingga kini terus aktif berkegiatan.


Salah satu bentuk kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah kegiatan selakaran guna menghidupkan kembali apa yang menjadi tradisi ke agamaan yang didukung oleh para tokoh masyarakat setempat.


"Supaya tradisi-tradisi yang baik tidak hilang di tubuh generasi muda saat ini.Karena mengingat saat ini kebanyakan pemuda selalu sibuk dengan gadgetnya namun Remaja Aktif selalu menyempatkan diri untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, setiap sekali sebulan sehingga silaturahim tetap jalan,"tutur Zulhamdi,S.Pd,Kadus Mertak Mas. 

Menurut Kadus Zul,kegiatan pembacaan kitab barzanji atau selakaran tersebut sengaja di adakan sekali sebulan karena supaya para remaja tidak merasa cepat jenuh dan bosan. 


Kegiatan yang melibatkan sekitar 150 orang anggota remaja ini akan terus dilaksanakan agar semakin memperkokoh kekompakan para pemuda di dusun ini. 


"Mempersatukan pemuda itu memang tidak mudah,namun Alhamdulillah di Dusun Mertak Mas,pemudanya sangat aktif dan mau berkegiatan.Sehingga hal tersebut juga dapat mengurangi dampak negatif terhadap kenakalan remaja,"ujar Sofiyan,Ketua Remaja Aktif Dusun Mertak Mas kepada KIM Sekotong. 


Sofiyan juga berharap agar kedepan para anggotanya tetap solid dan bersatu serta mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

"Karena banyak orang yang bisa membangun ke bersamaan,namun sedikit yang mampu mempertahankan. Remaja Aktif Dusun Mertak Mas harus tetap kompak selalu,"pungkas Sofiyan.(zul).