Sekdes Se-Lombok Barat,Perkuat Silaturrahmi Melalui Forsekdesi Dan PPDI. -->

Sekdes Se-Lombok Barat,Perkuat Silaturrahmi Melalui Forsekdesi Dan PPDI.

Kim Sekotong
Sabtu, 05 Juni 2021

Para Sekdes Se-kabupaten Lombok Barat.


Kimsekotong,-Para sekretaris desa (Sekdes) Se Kabupaten Lombok Barat menggelar kegiatan pertemuan membahas terbentuknya kepengurusan Forum Sekdes Indonesa (Forsekdesi ) dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Cabang Lombok Barat. Pertemuan tersebut bertempat di kediaman Sekretaris Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri,Abdul Qadir Jailani,Sabtu (5/6/2021).


"Melalui pertemuan ini,kami berharap ada komitmen dari kita semua terkait PPDI dan Forsekdesi di Kabupaten Lombok Barat.Dimana secara kelembagaan,PPDI dan Forsekdesi ini ada di tingkat nasional,tetapi di Kabupaten Lombok Barat,pengurusnya masih belum terbentuk,"ungkap pemimpin rapat,Wira Hamdani,S.Ip,yang juga merupakan Sekdes Kuripan Selatan tersebut. 


Lebih jauh pemimpin rapat yang didampingi oleh notulis yakni Sekdes Sigerongan,Syahrul Azwar,mengajak kepada para peserta untuk menyampaikan pendapatnya terkait pembentukan pengurus PPDI maupun Forsekdesi Lombok Barat.


Menanggapi permintaan tersebut Sekdes Sekotong Tengah,Muhamad Rasid,mengusulkan untuk terlebih dahulu memperkuat kelembagaan jika kepengurusan telah terbentuk.Sementara itu Ahmad Mas'ud,Sekdes Kuripan Utara mengusulkan agar proses terbentuknya PPDI dan Forsekdesi dimulai dari tingkat kecamatan.


"Akan sulit membentuk dan mengkoordinir pengurus ditingkat kabupaten jika tidak dimulai dari masing-masing kecamatan,"pungkas Ahmad Mas'ud,yang diiyakan juga oleh Sekdes Sekotong Timur,Zainal Abidin dan beberapa sekdes lainnya. 


Rapat berlangsung cukup alot,beragam tanggapan disampaikan oleh para sekdes yang hadir.Namun dengan kemampuan memimpin rapat yang sudah teruji di desa masing-masing,akhirnya menjelang waktu sholat zuhur,rapat tersebut menghasilkan beberapa keputusan. 


Adapun hasil rapat adalah terbentuknya kepanitiaan yang bertugas menyusun kegiatan pertemuan lanjutan terkait dengan pembentukan pengurus PPDI dan Forsekdesi di Kabupaten Lombok Barat.


"Panitia yang terbentuk saat ini kami percayakan untuk menyusun jadwal dan kegiatan pertemuan lanjutan pembentukan pengurus PPDI dan Forsekdesi,"tandas M.Juani,Sekdes Labuapi. 


Usai sholat zuhur dan makan siang yang telah disediakan oleh tuan rumah,para kepala kantor di desa ini kemudian melanjutkan penetapan panitia pembentukan pengurus PPDI dan Forsekdesi Kabupaten Lombok Barat. 


Berdasarkan kesepakatan,dipercayakan sebagai ketua yakni Wira Hamdani dengan sekretarisnya yakni Syahrul Azwar.Sementara sebagai bendahara yakni Sekdes Lelede,Mumun dan Sekdes Bengkel,Rohayani.Sedangkan sebagai anggota adalah para ketua pengurus forum sekdes yang ada di 10 kecamatan.


"Insya allah untuk pertemuan lanjutan,kita jadwalkan pada sekitar bulan juni atau juli,untuk tempat nanti akan kita bahas lebih lanjut,"ucap Wira Hamdani,usai memutuskan hasil rapat yang berlangsung penuh ke akraban tersebut.


"Alhamdulillah,semoga dengan terbentuknya forum ini nantinya,akan semakin menambah ikatan silaturrahmi dan kebersamaan kita para sekdes di Lombok Barat.Karena terus terang saja,kita hanya saling komunikasi lewat grup WA,tetapi baru kali ini bisa bertatap muka,"ucap Sayhrul,Sekdes Sigerongan.


Pertemuan berakhir pada sekitar pukul 14:30 Wita,dan ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Sekdes Terong Tawah,Ust.Khawalul Fahmi.(sid).