Puskesmas Sekotong Undang Lintas Sektor,Bahas Pelaksanaan Vaksinasi . -->

Puskesmas Sekotong Undang Lintas Sektor,Bahas Pelaksanaan Vaksinasi .

Kim Sekotong
Selasa, 08 Juni 2021


Kimsekotong,-UPT BLUD Puskesmas Sekotong Kabupaten Lombok Barat, melaksanakan kegiatan Mini Lokakarya Lintas Sektor dengan berbagai pihak dalam upaya memaksimalkan vaksinisasi Covid 19.Selasa (8/6/2021) bertempat di ruang rapat Puskesmas Sekotong. 


Hadir dalam kegiatan ini Kapolsek Sekotong,Danramil Sekotong,Kades Buwun Mas, Kades Sekotong Tengah, Kades Plt Taman Baru, SDM PKH Kec. Sekotong, Kasi Kesos Kecamatan Sekotong, K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) PKK dan Bidan desa Se Kecamatan Sekotong.


“Kegiatan ini adalah kegiatan yang kedua Puskesmas Sekotong yang kami laksanakn per triwulan dengan tujuan mengharap dukungan lintas sektor r terhadap pembangunan kesehatan. Saat ini kami sedang focus dalam penanganan covid di Kecamatan Sekotong serta kegiatan vaksinisasi yang sedang berjalan. Kami juga melakukan evaluasi terhadap proses vaksinisasi tahap I agar semua bisa berjalan lebih optimal”, ungkap Kepala TU Puskesmas Sekotong Herman Jayadi, S.Kep Ns yang bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini.


Dalam sesi Tanya jawab, K3S Sekotong yang diwakili Kepsek SMKN 1 Sekotong, Kepsek SMPN 1 Sekotong dan Kepsek SDN 1 Sekotong siap bersinergi dengan Puseksams sekotong dalam upaya pemberian vaksinisasi bagi para guru di Kecamatan Sekotong yang sebagiannya sudah divaksin pada tahap I. Bahkan kegiatan vaksin tahap 2 dosis 1 akan dilaksanakan di SMPN sekotong tgl 10 Juni 2021 dengan sasaran para guru yang termasuk dalam K3S sejumlah 135 orang pukul 09.00-selesai.


 Lebih lanjut, Kapolsek Sekotong serta Danramil Sekotong  juga komitmen untuk mengawal semua kegiatan-kegiatan dalam upaya pemutusan mata rantai Covid 19.

Dari pihak pemerintah desa dengan seluruh satgas Covid 19 di kecamatan sekotong juga selalu siap bersinergi dengan pihak Puskesmas Sekotong sebagai upaya serius menuntaskan masalah wabah pandemi ini.


 Demikian juga dengan pihak SDM PKH yang siap terus memberikan edukasi kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan pentingnya menjaga kesehatan dan vaksinisasi khsusunya bagi lansia yang ada di seluruh wilayah kerja Kecamatan Sekotong.


Dalam kegiatan ini, didapatkan kesepakatan mekanisme tracing yaitu; pertama petugas puskesmas turun bersama sama mendata kontak erat melibatkan Babinmaspol dan Satgas Desa, kedua kegiatan linsek diharapkan bisa mengundang media sebagai upaya sosialisasi yang lebih efektif.


Dan yang ketiga pelaksanaan Vaksinasi Lansia dosis ke 2 dilaksanakan hari Senin, 14 Juni 2021 pukul 09.00-12.00 di Desa Buwun Mas dan di Desa Sekotong Tengah akan dilaksanakan pada hari selasa, 15 Juni 2021 Pukul 09.00-12.00 WITA serta vaksinasi bagi 135 guru akan dilaksanakn di SMPN 1 Sekotong tanggal  10 Juni 2021pukul 09.00-12.00 WITA.


Kepala UPT Puskesmas Sekotong, Drg I Nyoman Adnyana Putra sangat berterima kasih kepada segenap pihak yang sudah bersedia hadir dalam acara tersebut.


“Saya berharap kegiatan ini adalah kegiatan bersama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Corona di wilayah Kecamatan sekotong. Meskipun kasus di Sekotong terbilang rendah tapi kita tidak boleh lengah, justru harus meningkatkan sinergi dalam terus menekan penyebaran Covid. Sehingga saya berharap bahwa mini lintas sektor ini adalah penyamaan persepsi dan langkah dari semua pihak agar Kecamatan Sekotong khususnya segera pulih dan bangkit kembali” tegas beliau. (MM)