Kelompok Kerja Guru "Bangkit Bersama" Desa Buwun Mas,Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi. -->

Kelompok Kerja Guru "Bangkit Bersama" Desa Buwun Mas,Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi.

Kim Sekotong
Sabtu, 05 Juni 2021


KIM Sekotong- Setiap guru bertanggung jawab untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya. Guru bertanggung jawab secara profesional untuk terus meningkatkan kemampuannya. Dengan demikian, peningkatan kemampuan profesional guru menjadi tugas dan tanggungjawab setiap guru.


Namun demikian tidak semua guru dapat meningkatkan kompetensinya secara mandiri, sehingga diperlukan sebuah wadah yang bernama KKG atau Kelompok Kerja Guru. 


Untuk menunjang peningkatan kompetensi profesional di Buwun Mas, dibentuklah KKG Bangkit Bersama yang merupakan Kelompok Kerja Guru yang menaungi 2 gugus yaitu gugus 2 dan Gugus 5 Kecamatan Sekotong.


Sebanyak 128 guru dari 16 sekolah yang berada di Buwun Mas dari kelas 1 sampai kelas 6 dan Guru Mata Pelajaran Penjasorkes, PAI dan Mulok melaksanakan peningkatan kompetensi guru di SDN 6 Buwun Mas yang berada di Dusun Sauh Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong. (05/06/2021).


Anang Kasim,S.Pd,MM yang merupakan  UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sekotong  memaparkan bahwa kegiatan KKG kali ini terfokus pada kemampuan guru dalam menyusun soal dengan memperhatikan lingkungan dan sosial.


“KKG merupakan wadah bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya secara bersama-sama dengan mencari solusi setiap permasalahan yang ada di sekolah masing-masing.Kegiatan tahap 3 kali ini memfokuskan pada penyusunan soal-soal berdasarkan tema”. Papar pria yg sudah mengabdikan dirinya belasan tahun di wilayah Desa Buwun Mas ini.


“kegiatan KKG yang kami laksanakan di SDN 6 Buwun Mas ini benar-benar menggunakan protokol kesehatan, di setiap ruangan selain menyediakan tempat cuci tangan, kami juga menyediakan Handsanitizer dan thermogun untuk mengetahui suhu tubuh setiap peserta”. Ungkapnya lebih lanjut.


Pelaksanaan kegiatan dimulai pukul 8.00 am, setiap peserta mengisi daftar hadir dan mengecek suhu tubuh lalu masuk ke ruang kelas yang sudah ditentukan berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang di ampu.


Selain 16 Kepala sekolah, hadir pula 2 orang Pengawas Kabupaten Lombok Barat, H.Turmuzi,S.Pd,SD dan Suraidin,S.Pd, mereka berdua merupakan pengawas bina di gugus 2 dan gugus 5 sekaligus menjadi narasumber pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi profesioanl guru di KKG Bangkit Bersama tahap 3 ini.



H.Turmuzi,S.Pd,SD saat dihubungi KIM Sekotong setelah kegiatan selesai memberikan tambahan informasi mengenai kegiatan KKG yang dilaksanakan di sekotong tidak hanya dilakukan oleh gugus 2 dan 5,tetapi sudah dilaksanakan oleh Gugus 1 yang anggotanya berasal dari Sekolah Dasar Negeri yang berada di Desa Sekotong Tengah, Desa Cendi Manik dan Desa Taman Baru.


“Sebelum kegiatan KKG di Buwun Mas, gugus 1 sudah melaksanakannya lebih dulu dengan 11 sekolah sasaran di 3 desa, pelaksanaan kegiatan KKG di Desa Buwun Mas sangat kami apresiasi karena meskipun secara geografis wilayah ini masuk ke wilayah sulit, tetapi semua sangat antusias untuk hadir”. Jelasnya. 


“saya juga sangat bangga dengan semua kepala sekolah yang sudah menginisiasi kegiatan ini, mereka masih muda dan energik, bekerja sama sebagai team sehingga tak ada yang beekerja sendiri-sendiri”. Lanjut Turmuzi. (SA)