Desa Sekotong Barat Wakili Kecamatan Sekotong Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lobar Tahun 2021 -->

Desa Sekotong Barat Wakili Kecamatan Sekotong Pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lobar Tahun 2021

Kim Sekotong
Rabu, 02 Juni 2021

Sekcam Sekotong,Andi Purnawan,S.Sos.


Kimsekotong,-Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong setelah di tetapkan sebagai juara pertama pada lomba desa tingkat Kecamatan Sekotong tahun 2021.Desa yang pusat pemerintahannya berada di Tawun ini selanjutnya mewakili Kecamatan Sekotong pada lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Barat.


"Salah satu pertimbangan pihak kecamatan mendorong Desa Sekotong Barat untuk mewakili Kecamatan Sekotong dalam lomba desa tingkat Kab. Lombok Barat adalah dikarenakan  Desa Sekotong Barat  masuk kategori desa berkembang. Jadi perlu untuk dipacu dalam rangka pembenahan disegala bidang, mengingat potensi yang dimiliki Desa Sekotong Barat . Dengan mengikuti lomba desa ini,diharapkan Desa Sekotong Barat dapat bersaing dengan desa-desa yang ada sehingga dapat menuju desa yang mandiri,"jelas Sekretaris Camat Sekotong,Andi Purnawan,S.Sos,ketika dikonfirmasi KIM Sekotong.


Kepala Desa Sekotong Barat,Saharudin,ketika ditanyakan kesiapannya untuk mengikuti lomba juga menyatakan telah siap. 

"Kami akan rapat persiapan hari ini,(2/6/2021).Kalau ditanya siap,kami sangat siap,"pungkas Saharudin.


Desa Sekotong Barat akan bersaing bersama 10 desa yang merupakan juara 1 lomba desa tingkat kecamatan yang akan melalui proses penilaian di tingkat Kabupaten Lombok Barat.Penilaian dilakukan sejak senin hingga kamis (31 Mei-3 Juni 2021) bertempat di Aula DPMD Lombok Barat di Giri Menang Gerung.


Adapun 10 desa tersebut yakni Desa Penimbung Kecamatan Gunung sari,Desa Bengkel Kecamatan LabuapiDesa Kuripan Timur Kecamatan Kuripan,Desa Dasan Baru Kecamatan Kediri,Desa Gontoran Kecamatan Lingsar,Desa Meninting Kecamatan Batu Layar,Desa Sukamakmur Kecamatan Gerung,Desa Mekarsari Kecamatan Narmada,Desa Sekotong Barat Kecamatan Sekotong dan Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar.


Disebutkan pada berita sebelumnya,bahwa lomba desa di Kabupaten Lombok Barat hampir rutin digelar setiap tahun oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD).


Lomba desa ini selain sebagai ajang kompetisi antar desa mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional,juga sebagai ajang evaluasi sejauh mana tingkat perkembangan desa di Kabupaten Lombok Barat.


"Hasil lomba desa ini nantinya akan memberikan feed back baik bagi pemdes maupun pemda guna pembenahan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan desa kedepannya,"ujar Kepala Dinas PMD Lombok Barat,Hery Ramadhan, SSTp, SH,M.Si,melalui pesan singkatnya. Rabu (01/6/2021).


Kepala Dinas PMD juga berharap agar 10 desa yang merupakan perwakilan masing-masing kecamatan di Lombok Barat,dapat memberikan hasil yang maksimal pada lomba desa tahun ini.


"Harapannya tentu lobar dapat terus melanjutkan tradisi juara lomba desa tingkat nasional,"pungkas Kadis PMD Lobar.(sid).