Kadis PMD Lobar Monitoring pelaksanaan Pilkades Di Sekotong,Begini Harapannya Kepada Panitia. -->

Kadis PMD Lobar Monitoring pelaksanaan Pilkades Di Sekotong,Begini Harapannya Kepada Panitia.

Kim Sekotong
Kamis, 27 Mei 2021

Kadis PMD Lobar,Hery Ramdhan ketika melakukan monitoring pelaksanaan pilkades di Kecamatan Sekotong.Kamis(27/5/2021).


Kimsekotong,-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Barat,Hery Ramdhan,mengharapkan kepada panitia pilkades serentak di Kabupaten Lombok Barat untuk menerapkan prokes covid 19 pada setiap tahapan pelaksanaan pilkades.


"Saat  ini kita sedang berada di masa Pandemi COVID-19,kita perlu mengantisipasi agar tidak ada Cluster pilkades di Kabupaten Lombok Barat.Karena Menteri Dalam Negeri menyisipkan  prokes dalam aturan pelaksaan pilkades,"ungkap Kadis DPMD Lobar ketika melakukan monitoring pelaksanaan pilkades di Kecamatan Sekotong.Kamis (27/5/2021).


Menurut kata dia,pelaksanaan prokes covid 19 dapat berbentuk berbagai hal yang diatur dalam keputusan panitia.

"Misalnya salah satu calon mau berkampanye,boleh boleh saja dengan jumlah masa dibatasi paling banyak 50 orang.Dan yang mengaturnya itu adalah panitia pemilihan untuk membuatkan jadwalnya,"pungkasnya.


Namun untuk tidak menimbulkan kerumunan,Kadis DPMD Lobar juga menyarankan,agar kampanye dilakukan secara virtual melalui berbagai media sosial.


Lebih jauh Kadis DPMD Lobar juga menyebutkan bahwa hari terakhir pelaksanaan penerimaan lendaftaran bakal calon kepala desa adalah tanggal 28 Mei 2021 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.


Artinya pelaksaan pilkades sudah mulai ke tahapan yang krusial yakni verifikasi kelengkapan dan Keabsahan berkas bakal calon kades.Dengan demikian ia berharap agar panitia pilkades dapat bekerja secara profesional.


"Yang sangat sangat krusial saat ini adalah penetapan calon, dan memberikan kesempatan untuk kampanye, masa tenang dan fase pemilihan ditanggal 12 Juli 2021.

Saya harapkan panitia pemilihan bekerja secara objektif, profesional,netral, Berintegritas dan tidak memihak disalah satu calon.Semua panduan pilkades sudah ada di Perbub Lobar 20 tahun 2021,"jelasnya pada pertemuan monitoring yang bertempat di Aula Kantor Camat Sekotong tersebut.

 Tak lupa juga pada kesempatan monitoring yang di hadiri oleh Camat Sekotong,Kapolsek Sekotong,Kepala Desa yang pemilihan,BPD,Ketua Panitia tersebut,Kadis DPMD menyampaikan terkait dengan jadwal pelaksanaan pilkades serta anggaran pelaksanaan pilkades.


"Dana anggaran untuk pilkades dari kabupaten sudah bisa dicairkan dan digunakan untuk kebutuhan.Karena sudah jelas untuk apa digunakan sesuai regulasinya.Dan pastikan pemilihan kepala desa  ini aman, nyaman dan tertib, dan bisa menghasilkan pemimpin pemimpin yang bisa memajukan desa masing-masing,"tutup Kadis DPMD Lobar sebelum menuju Desa Kedaro dan Cendi Manik serta Taman Baru yang merupakan 3 desa yang melakukan pemilihan kades di Kecamatan Sekotong.(hrd/sid).