iklan

Dua Kadus Di Sekotong,Sepakat Pisahkan Calon Pengantin Bawah Umur.

Proses pemisahan calon pengantin usia anak di Dusun Telor Jago Desa Sekotong Tengah.Minggu(16/5/2021).


Kimsekotong.com,-Dua orang Kepala Dusun (Kadus) di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,yakni Kadus Telor Jago Desa Sekotong Tengah dan Kadus Gawah Pudak Desa Sekotong Barat,melalui sebuah proses mediasi berhasil memisahkan pasangan calon pengantin yang menikah di usia anak.


"Tadi malam,sabtu (15/5/2021) sekitar pukul 21:00 Wita,orang tua dari pengantin perempuan datang kerumah melaporkan bahwa anak perempuannya menikah dengan lelaki bernama Supriadi (18 th) yang berasal dari Dusun Telorjago Desa Sekotong Tengah .Dimana pengantin perempuan yang merupakan warga Dusun Gawah Pudak berusia 12 tahun dan baru masuk kelas 1 MTs,"terang H. Suhandi Nur,Kadus Gawah Pudak kepada KIM Sekotong.


Menurut keterangan Kadus Gawah Pudak bahwa keduanya saling kenal lewat media sosial facebook,dan kemudian mereka berjanji untuk menjalin hubungan ke jenjang pernikahan.Namun hubungan mereka akhirnya kandas karena terbentuk usia pengantin perempuan yang masih tergolong usia anak.


"setelah kami menerima laporan dari orang tua pengantin perempuan kami langsung menghubungi kepala dusun telor jago untuk melakukan mediasi pemisahan antara pengantin laki2 dan perempuan yakni pada hari minggu (16/5/2021).kami bersama RT, BPD dan tokoh agama berangkat untuk melakukan pemisahan,"ucap H. Suhandi Nur.


Melalui negosiasi serta menjelaskan aturan pemerintah tentang pencegahan dan dampak perkawinan usia anak,akhirnya  dari pihak laki-laki menerima dengan legowo pemisahan tersebut.


"Kalau memang itu yang terbaik untuk mereka berdua dan dalam mentaati undang-undang yang sudah ada,"jelasa H.Andi.


Kegiatan pembelasan tersebut juga di jelaskan oleh salah seorang tokoh masyarakat gawah pudak yang juga kepala madrasah di dusun tersebut.


"Acara silaturrahim sekaligus memisahkan pernikahan anak dibawa umur di dusun Telor Jago Desa Sekotong Tengah. Penganten perempuan dari dusun gawah pudak umur 12 tahun.Alhamdulillah kedua belah pihak menerima dengn baik,"kata Ust.Nurdin,S.Pdi.(sid)

Belum ada Komentar untuk "Dua Kadus Di Sekotong,Sepakat Pisahkan Calon Pengantin Bawah Umur."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel