Kerjasama Lintas Sektor,Vaksinasi Lansia Di Desa Buwun Mas Lampaui Target. -->

Kerjasama Lintas Sektor,Vaksinasi Lansia Di Desa Buwun Mas Lampaui Target.

Kim Sekotong
Selasa, 27 April 2021


KIM Sekotong,-Vaksinasi covid19 bagi para lansia yang dilaksanakan di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,Senin (26/4/2021) melampui target yang diharapkan. 


Kegiatan vaksinasi bagi lansia tersebut tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. 


Sebelum kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dan berlangsung sukses di sebabkan adanya kegiatan sosialisasi oleh Kepala Desa Buwun Mas melalui semua perangkat unsur kewilayahan/kadus, para relawan dan juga Babinsa dan Babinmaspol, agar menghadirkan lansia ke kantor Desa Buwun Mas sebagai pusat pelaksanaan kegiatan.Vaksinasi covid 19 dilaksanakan setelah berbuka puasa dan shalat magrib di halaman Kantor Desa Buwun Mas. 


Meskipun mengalami kendala karena informasi-informasi tidak valid terkait efek samping penggunaan vaksin,namun antusiasme para lansia tidak berkurang.Hal ini terbukti dengan banyaknya lansia yang hadir bahkan melewati target yang semula untuk 40 orang menjadi 50 orang.Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Buwun Mas, Rochidi,S.IP.


"Antusiasme warga kami tidak terpengaruhi oleh informasi-informasi tidak benar terkait efek samping yang buruk setelah vaksin, terbukti dari tingkat kehadirannya melebihi target yang sudah ditentukan" ucap Rochidi.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Sekotong IPTU I KADEK SUMERTA. SH,Camat Sekotong LALU PARDITE UTAMA,Kepala Puskesmas Sekotong drg.I Nyoman Adnyana Putra,Kepala Desa Buwun mas ROCHIDI. SIP,Bhabin kamtibmas Desa Buwun Mas BRIPKA TEGUH MARTANTO.


Sebelum dilaksanakan vaksinasi terhadap lansia terlebih dahulu dilakukan proses regristrasi, screaning pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah serta diagnosis penyakit yang diderita seperti jantung, diabetes dan ginjal guna memastikan keamanan dalam vaksinasi Covid-19 produksi sinovac, dilanjutkan dengan vaksinasi dan observasi selama 30 menit, setelah itu diberikan kartu tanda telah melaksanakan vaksinasi Covid 19 sesuai dengan aplikasi screening. 


Ditemui KIM Sekotong setelah acara vakisnasi selesai, Kepala Puskesmas Sekotong, drg. Nyoman Adnyana Putra memberi apresiasi kepada Pemdes Buwun Mas dan semua yg terlibat sehingga pelaksanaan vaksinasi  ini berjalan lancar dan melebihi target.


"Kami sangat mengapresiasi Pemdes Buwun Mas, relawan dan semua yg terlibat sehingga pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar, bahkan tingkat kehadiran warga melebihi target kami. Ungkapnya.


"Pelaksanaan vaksinasi untuk lansia masih akan terus dilakukan, sampai semua lansia di 4 Desa Binaan Puskesmas Sekotong tercover semua." Lanjutnya. 


Terkait dengan adanya lansia yg belum melakukan vaksinasi, beliau menjelaskan bisa langsung dibawa ke Puskesmas Sekotong atau kalau jumlahnya mencapai 30 orang atau lebih tim vaksinator akan datang ke desa.


"Buwun Mas punya Ambulance Desa, kalau ada 10 orang lansia yg mau divaksin, bisa dibawa ke Puskesmas Sekotong, kalau yg belum punya KTP, nanti kita bantu administrasinya disana." Jelasnya lebih lanjut. 


Ada yang menarik pada pelaksanaan vaksinasi lansia kali ini, para lansia dihibur oleh salah seorang tim vaksinator Pukseksmas sekotong dengan menyanyikan lagu-lagu religi selama 30 menit, sehingga para lansia tidak bosan menunggu reaksi dari vaksin covid 19 yang sudah disuntikkan. (SA)