Gunakan Strategi Jemput Antar,Ratusan Lansia Desa Pelangan Di Vaksin Semalam. -->

Gunakan Strategi Jemput Antar,Ratusan Lansia Desa Pelangan Di Vaksin Semalam.

Kim Sekotong
Selasa, 27 April 2021


KIM Sekotong.com,-UPT Puskesmas Pelangan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, menggandeng Satgas  PPKM Desa Pelangan  dalam membantu percepatan layanan vaksinasi Covid19 bagi bagi para lansia yang bertempat di Aula Kantor Desa Pelangan.Senin (26/4/2021).


Dalam kegiatan yang berlangsung usia berbuka puasa ini, dipantau langsung oleh Kepala Puskesmas  Pelangan, Kapolsek Sekotong beserta anggota,Danramil beserta anggota serta Satgas PPKM Desa Pelangan.


Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda.


Menurut Kepala Puskesmas Pelangan ,Ns. Zulqutbi, S.Kep, saat diwawancarai menjelaskan bahwa Vaksinasi COVID-19 sangat penting bagi lansia.Hal itu disebabkan karena kelompok usia lanjut lebih rentan terhadap infeksi virus Corona. Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19.


Itulah sebabnya, lansia menjadi prioritas untuk menerima vaksin ini. Menurut Sasaran  Lansia  yang Divaksinasi Covid19 di Desa Pelangan,  berkisar umur 59 Tahun ke atas dengan jumlah 87 lansia dan bersedia di vaksin.


Menurut Kepala Desa Pelangan sekaligus ketua Posko PPKM Pelangan,Akhmad Zainul Hafiz, SH, menerangkan bahwa untuk mendukung kemauan lansia Divaksinasi Covid19,pihaknya menggunakan strategi antar jemput.


"Kami menerapkan strategi antar jemput lansia, hingga lansia nyaman untuk di vaksinasi. Kami akan terus mendukung pelaksanaan vaksinasi ini dan akan terus berkoordinasi dengan pihak puskesmas supaya dapat mempercepat
layanan vaksinasi Covid19 bagi lansia,"ucap Zainul.


Kegiatan ini bekerja sama dengan Polsek Sekotong, camat Sekotong,  Danramil 06 Sekotong, Satgas PPKM Desa Pelangan, Karang Taruna dan Lintas Sektoral lainnya.