iklan

Sekcam Sekotong,Buka Rapat Teknis Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs.


KIM Sekotong,-Sekretaris Kecamatan Sekotong,Andi Purnawan,S.Sos membuka rapat teknis pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs Desa Tahun 2021.Rabu (24/03/2021) di Aula Kantor Camat Sekotong. 


Andi Purnawan yang mewakili Camat Sekotong yang tengah mengikuti Musrenbang RKPD Lobar tahun 2022 secara virtual tersebut mengatakan tentang pentingnya data di desa.


"Ketersedian data itu penting sebagai salah satu acuan kegiatan pembangunan di desa,sehingga desa perlu menyediakan data yang lengkap dan mudah di akses,"ucap Sekcam ketika membuka rapat. 


Melihat begitu pentingnya data,Sekcam Sekotong juga berharap agar para peserta dapat menyerap informasi yang di sampaikan pada rapat tersebut. 


"Yang terakhir saya berharap kepada para peserta rapat untuk menyimak apa yang akan di sampaikan oleh nara sumber nantinya,"harap Andi Purnawan. 


Sementara itu,Narasumber pada rapat teknistersebut,Sabilirrasyad,M.Pd,menyebutkan bahwa pendataan IDM berbasis SDGs memiliki acuan dan tujuan yang jelas yakni  hasil data IDM akan menjadi acuan pembagian Dana Desa pada tahun berikutnya. 


"Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:Desa tanpa kemiskinan,Desa tanpa kelaparan,Desa sehat dan sejahtera,Pendidikan desa berkualitas,Desa berkesetaraan gender,Desa layak air bersih dan sanitasi,Desa yang berenergi bersih dan terbarukan.


Selain itu,Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa,Inovasi dan infrastruktur desa,Desa tanpa kesenjangan,Kawasan pemukiman desa berkelanjutan,Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan,Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa,Ekosistem laut desa,Ekosistem daratan desa,Desa damai dan berkeadilan,Kemitraan untuk pembangunan desa,Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif,"terang Narasumber yang juga merupakan Tenaga Ahli (TA) ini. 

Lebih jauh di sebutkan bahwa upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.


 Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasu dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :Desa tanpa kemiskinan,Desa tanpa kelaparan,Desa sehat sejahtera,Keterlibatan perempuan desa,Desa berenergi bersih dan terbarukan,Pertumbuhan ekonomi desa merata,Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,Desa damai berkeadilan,Kemitraan untuk pembangunan desa, dan,Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif. 


Rapat teknis di ikuti oleh para kepala desa,Pendamping Desa,Kasi Pemerintahan Kecamatan,serta  kaur perencanaan desa se wilayah Kecamatan Sekotong.


Pada kesempatan tersebut para kepala desa sepakat untuk mengalokasikan anggaran pendataan IDM berbasis SDGs yang akan di lakukan oleh Satgas Relawan Data di masing masing desa.(sid).







Belum ada Komentar untuk "Sekcam Sekotong,Buka Rapat Teknis Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel