Pesan Tgh.Mukhlis Ibrahim,Vaksin COVID 19 Aman Dan Halal. -->

Pesan Tgh.Mukhlis Ibrahim,Vaksin COVID 19 Aman Dan Halal.

Kim Sekotong
Minggu, 07 Maret 2021


KIM Sekotong,-Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlahuddiny Kediri Kabupaten Lombok Barat,TGH. Mukhlis Ibrahim mengajak umat islam di Lobar untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19.


Sebab menurut tuan guru asal Kota Santri Kediri ini,vaksinasi merupakan bagian dari upaya menjalankan ajaran agama untuk saling melindungi umat manusia satu sama lainnya.

“Semua agama, tanpa terkecuali mengajarkan kita untuk saling melindungi satu di antara yang lain, dan vaksinasi ini merupakan bagian dari upaya untuk menjalankan ajaran agama,”ujarnya.


Lebih jauh Tuan Guru Mukhlis menjelaskan bahwa program vaksinasi adalah upaya pemerintah untuk melindungi warganya dari wabah COVID-19.

“Ini adalah ikhtiar atau usaha pemerintah sebagai wujud kecintaan kepada warga negaranya, kecintaan pemerintah kepada bangsa Indonesia,” jelas Pimpinanan Ponpes Al-Ishlahuddiny ini.


Selain aman,vaksin covid 19 juga sudah mendapatkan fatwa halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sesuai kriteria yang ditetapkan. “Artinya, vaksin ini boleh digunakan untuk seluruh umat Islam selama terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten,” ujarnya lagi.


Vaksin bukan obat, melainkan upaya pencegahan. Untuk itu, ia meminta semua pihak untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan). 

“Vaksin ini, sekali lagi, bukan obat tapi upaya pencegahan. Oleh karena itu, harus dilakukan secara simultan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang selama ini diberlakukan,” kata TGH. Mukhlis Ibrahim.


Ajakan itu disampaikan Pimpinan Al-Ishlahuddiny ini saat memberikan keterangan pers usai di vaksin COVID-19, di Aula Mapolres Lobar, Selasa (2/3/2021).

TGH. Mukhlis Ibrahim juga menghimbau kepada masyarakat umat islam yang ada di Lobar, bahwa vaksinasi COVID-19 ini aman.

“Aman dan terkendali serta terukur, dimana didampingi oleh para tenaga medis, dengan melalui prosedur yang ketat, hingga menempuh sampai empat tahapan untuk dilakukan pemeriksaan, Saya menghimbau kepada umat Islam Lobar untuk jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19, ini sesuai kriteria dan syarat kesehatan yang ditentukan,” Ucapnya.(sid).