Kelompok Tani Hati Nurani Kedaro,Perkuat Kelembagaan Melalui RAT. -->

Kelompok Tani Hati Nurani Kedaro,Perkuat Kelembagaan Melalui RAT.

Kim Sekotong
Sabtu, 06 Maret 2021


Kim Sekotong,-Kelompok Tani Hati Nurani Desa Kedaro berupaya meningkatkan Kualitas anggotanya melalui penguatan kelembagaan dengan mengadakan  Rapat Tahunan sebagai bentuk evaluasi dalam meningkatkan SDM para petani,jum'at (5/3/2021) bertempat di sekretariat kelompok tani tersebut.


Kelompok tani Hati Nurani terbentuk sekitar tahun 2014 dengan beranggotakan sebanyak 36 orang.


Kelompok tani ini terbentuk atas dasar swadaya dan tidak ada unsur paksaan namun berdasarkan kesadaran para anggota untuk membuat suatu wadah supaya ada langkah petani untuk menjemput program pemerintah dan menjadikan petani yang lebih terorganisir 


Rapat tahunan di pimpin oleh ketua kelompok tani Hati Nurani Yakni Sadli S.Pdi  serta dihadiri langsung oleh PPL dan semua anggota kelompok tani Hati Nurani. 

"Terlaksana rapat tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para anggotanya di samping itu terbentuknya KAS kelompok yang kita inisiasi kan lewat perkumpulan padi hasil panen sehingga KAS kelompok ini akan sangat membantu nantinya dan mempermudah para anggotanya,"ucap Sadli.


Sementara itu PPL Desa Kedaro yakni Ahmad Suadi S.Ip,sangat  mengapresiasi terlaksananya rapat tahunan oleh kelompok Tani Hati Nurani ini sehingga akan menjadi contoh dan di ikuti oleh kelompok tani yang lain nantinya.

Dalam penyampaiannya ia juga memberikan materi terkait dengan bagaimana menjadi petani yang bisa membawa hasil panen menjadi lebih baik dari sebelumnya di samping itu juga terbentuknya kelompok tani harus mempunyai KAS kelompok sehingga akan menjadi modal utama dalam membeli apa yang menjadi kebutuhan para anggota seperti pupuk, bibit, dan kebutuhan petani lainnya. 

https://youtu.be/hlXLoS8Zc3I

"sehingga perlu sekali kalau kelompok tani punya yang namanya KAS Kelompok, karena ini  yang akan mempermudah dan dengan adanya wadah ini mari  para anggota untuk trus maju dalam mengelola dan mengolah tanahnya sehingga hasil panennya maksimal ,"harap Suadi.(zul).