Aksi Tanam Mangrove Di Hari Ultah Tagana Ke 17 Tahun. -->

Aksi Tanam Mangrove Di Hari Ultah Tagana Ke 17 Tahun.

Kim Sekotong
Kamis, 18 Maret 2021


KIM SEKOTONG,-Dalam rangka  memperingati Hari ulang Tahun Taruna Siaga Bencana(Tagana) yang ke 17 pada tahun 2021,Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat,menggelar aksi tanam bibit mangrove di Desa Bilalando, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah,Kamis 18 maret 2021.


Kegiatan penanaman mangrove di ikuti oleh Ratusan anggota Tagana Se-NTB  dan melibatkan pilar-pilar sosial serta OKP lainnya. 


"Bersinergi bersama multi pihak, Sukseskan Tagana menjaga Alam adalah menjadi Tema pada penanaman mangrove kali ini,"pungkas H. Ahsanul Khalik, S. sos,MH Kepala Dinas Sosial provinsi NTB dalam sambutannya. 


Lebih jauh Ahsanul Khalik menyebutkan bahwa Penanaman bibit mangrove ini juga sebagai salah satu upaya dalam mitigasi bencana yang melibat semua pihak mulai dari pemerintah daerah, kabupaten/kota, kecamatan, Desa, LSM,pihak swasta dll.Di samping itu bersinerginya semua pihak dalam mensukseskan Tagana menjaga alam,mitigasi bencana juga sebagai bentuk wujud cinta  terhadap alam.


"ketika kita mencintai alam, maka kita akan menjaga nya,ketika kita jaga alam,maka alam pun akan  jaga kita,"ucapnya lagi.


"Selain tujuan menjaga alam, penanaman mangrove juga sebagai salah satu media menanam kebaikan dan kebermanfaatan,"lanjut Ahsanul. . 

Ucapan terima kasih di sampaikan oleh Kepala Desa Bilalando atas terselenggara nya penanaman mangrove di desanya. 


"Kami atas nama Pemerintah Desa Bilalando mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi, dan Dinas Sosial Lombok Tengah beserta anggota Tagana Sepulau Lombok atas terselenggaranya bhakti sosial penanaman mangrove di desa kami,"ucap Panjaitan,Kades Bilelando yang baru dua bulan dilantik. 


Ucapan yang sama juga di sampaikan

Oleh Kadis Sosial Lombok Tengah. 


"Atas nama Dinas Sosial Lombok Tengah dan atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi, kabupaten/kota sepulau Lombok dan teruntuk semua anggota Tagana yang ikut berpartisifasi dalam kegiatan lonching penanaman sejuta mangrove dalam rangka memperingati Ulang Tahun Tagana Indonesia yang ke 17 tahun di salah satu Desa paling selatan di kecamatan praya timur Loteng, tepatnya di Desa bilalando,"kata Kadis Sosial Loteng.


Lebih jauh ia berkata,"Harapan saya pribadi kepada pemerintah Desa dan masyarakat bilalando supaya bersama-sama menjaga mangrove yang di tanam hari ini, tidak hanya sekedar di tanam dalam bentuk serimonial saja, tapi harus benar-benar di jaga supaya mangrove-mangrove ini bisa hidup supay dan  bisa memberikan manfaat terhadap masyakarat kita,"harap Baiq Tutik dalam sambuatan singkatnya. 

Sebelum penanaman mangrove di mulai, terlebih dahulu di rangkai dengan proses serah terima bibit mangrove secara simbolis oleh Kadis sosial Provinsi di dampingi kadis sosial Lombok Tengah kepada Kepala Desa bilalando. Setelah itu baru lah di kegiatan selanjutnya penanaman bibit mangrove di wilayah pesisir pantai bilalando. Adapun bibit mangrove yang di tanam hari ini sebanyak 5000 pohon dan akan di lanjutkan penanamannya di Desa-Desa yang ada di NTB.(Mrd).