Di Labuan Poh Sekotong,Siput Darat Di Olah Jadi Keripik Yang Lezat. -->

Di Labuan Poh Sekotong,Siput Darat Di Olah Jadi Keripik Yang Lezat.

Kim Sekotong
Selasa, 12 Januari 2021

 

Klp usaha mandiri PKBM Qolbun Salim Dusun Labuan Poh Desa Batu Putih Kec.Sekotong.

Kimsekotong.com,--Kelompok usaha mandiri PKBM Qolbun Salim Dusun Labuan Poh Desa Batu Putih Kec.Sekotong Lombok Barat,mengembangkan usaha pembuatan keripik berbahan siput darat sebagai usaha  ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid_19.


Adalah Ibu Guru Mistiani,S.Pd yang prihatin melihat kondisi masyarakat yang  terpuruk akibat pandemi. 


Selaku pembina program keaksaraan usaha mandiri (PKBM) Qolbun Salim, ia melakukan gebrakan baru dengan mengajak dan mengajarkan ibu-ibu membuat kripik dengan bahan baku siput darat (sipudat).


"Disaat seperti ini kan kita masih di landa pandemi covid 19,sehingga masyarakat kami disini terutama untuk ibu-ibu sangat sulit untuk mendapatkan penghasilan.Dan saya sangat prihatin melihat kondisi ini "tuturnya.Jum'at (8/1/2020).


Lebih jauh,Mistiani menuturkan bahwa ia mulai  berfikir tentang apa yang harus ia perbuat untuk ibu-ibu di dusunnya.Dan akhirnya ia melihat begitu banyak siput darat di tempatnya dengan potensi yang berlimpah namun belum di manfaatkan  dengan baik. 



"Dari situlah timbul di benak saya untuk mengolah siput ini menjadi sebuah kripik dan saya mencobanya sendiri dengan memakai bahan baku  siput darat.Dan hasilnya ternyata siput darat ini sangat enak dan gurih. Setelah itu saya mengajak ibu-ibu keaksaraan usaha mandiri PKBM qolbun salim untuk membuatnya,sehingga bisa  menjadi sumber penghasilan tambahan bagi mereka",ungkapnya. 


Pusat kegiatan belajar masyarakat PKBM Qolbun Salim yang berada di Dusun Labuan Poh Desa Batu Putih Kec.Sekotong ini,terdapat sekitar 140 orang ibu-ibu yang nantinya akan di buat menjadi 14 kelompok untuk menjalankan pembuatan kripik dari bahan baku siput darat (sipudat).


Melihat antusias yang luar biasa dari ibu-ibu PKBM Qolbun Salim tersebut, Mistiani sangat berharap bantuan pemerintah terkait untuk mendukung program yang saat ini tengah di rintisnya. 


"Saya melihat ibu-ibu ini yang sangat luar biasa dan bersemangat  merintis usaha  ini.Sehingga kepada instansi terkait, saya sangat berharap agar program kami ini di dukung,supaya kedepannya masyarakat kami khususnya di Dusun Labuan Poh ini dapat menciptakan lapangan kerja melalui pengolahan keripik siput darat,"Harap Mistiani.(yud).