Sinergitas Pengembangan Wisata Bahari,Berlangsung Di Bagek Kembar. -->

Sinergitas Pengembangan Wisata Bahari,Berlangsung Di Bagek Kembar.

Kim Sekotong
Kamis, 17 Desember 2020

Penyerahan bantuan program sinergitas wisata bahari kepada para pelaku dan pengelola wisata bahari di provinsi NTB.Kamis (17/12/2020).


Kimsekotong.com,-Kegiatan koordinasi sinergitas program pembangunan Desa  Wisata Bahari di Kabupaten Lombok Barat.Kamis  (17/12/2020) Pukul 09:00 Wita,berlangsung di Kawasan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong Lombok Barat.


"Kegiatan Program Sinergitas pengembangan wisata bahari atau Dewi bahari merupakan kelanjutan pada tahun sebelumnya,yang pada tahun 2020 kami kemas dalam bentuk program desa wisata bahari.Program ini merupakan bentuk dukungan KKP terhadap program prioritas pariwisata nasional atau KSPN terutama akibat dampak covid 19,"terang Theresia Susanti,koordinator acara tersebut dalam laporannya.


Hadir pada kegiatan tersebut beberapa perwakilan dari Direktur KKHL KKP,Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil,Perwakilan Bank Indonesia NTB, Bappeda NTB,Kadis Kelautan dan Perikanan NTB,Kantor Perwakilan DKP Wilker Lombok,DKP NTB,Dinas Perikanan Lobar,Kordinator Wilker BKKPN Kupang,Koordinator Wilker BPSPL Denpasar,Camat Sekotong,Kades cendi Manik dan Batu Putih,Komunitas Penyelam (Kapela) NTB,Pengelola Wisata Tosala KLU,serta Pokdarwis Bagek Kembar.


Dalam sambutannya via zoom, Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) RI,Dr.Miftahul Huda,M.Si memaparkan wacana untuk  menjadikan Wisata Bahari (Dewi Bahari),sebagai alternatif pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.


"Sehubungan dengan program pemulihan ekonomi masyarakat pesisir akibat dampak COVID- 19 dan pemulihan  kondisi ekosistem pesisir dan laut,serta mendukung pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas Mandalika dan sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat,maka pengembangan wisata Bahari atau Dewi Bahari menjadi penting untuk lakukan,"ungkapnya.


Selain itu,Dirjen PRL juga mengapresiasi Bank Indonesia (BI) atas pemberian bantuan 7 buah Gazebo untuk Kawasan Ekowisata Mangrove Bagek Kembar,serta berharap agar pengembangan Destinasi Wisata Bahari dapat bermanfaat bagi masyarakat.


"Wisata Bahari atau Dewi Bahari memiliki potensi yang cukup potensial untuk di kembangkan di Lombok Barat.Sebab daerah ini memiliki Coral Garden Terbesar.
Dan saya berharap agar desa-desa wisata bahari dapat bagian kue ekonomi melalui pengelolaan destinasi wisata,sehingga masyarakat juga harus peduli untuk menata lingkungan,"ungkapnya.


Usai acara pemaparan dari Dirjen Pengelolaan Ruang Laut,di lanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada beberapa pelaku wisata bahari di NTB yaitu Yayasan Deep Blue Sea,Pengelola Wisata Tosala KLU,Pokdarwis Bagek Kembar dan Kapela NTB.(sid).