Puskesmas Sekotong Mulai Galakkan Posyandu Keluarga Di Wilayah Binaan. -->

Puskesmas Sekotong Mulai Galakkan Posyandu Keluarga Di Wilayah Binaan.

Kim Sekotong
Selasa, 03 November 2020



Kimsekotong.com,-Posyandu Keluarga merupakan salah satu terobosan dalam upaya menanggulangi masalah  kesehatan di wilayah binaan Puskesmas Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Posyandu keluarga lebih mengutamakan  pendekatan keluarga  yang pelaksanaan kegiatannya akan rutin setiap bulan.


"Posyandu kelurga memiliki 5 cakupan utama,yaitu KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Diare.Selain itu ditambah integrasi program dari lintas sektor, yaitu  Kelas Remaja, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (PUP), program Keluarga Sakinah, Ketahanan Pangan, Pertanian serta peran aktif Tokoh Agama (Dai Kesehatan) serta instansi yang dalam upaya mensinergikan program di SKPD terkait,"terang drg. I Nyoman Adnyana Putra, Kepala UPTD BLUD Puskesmas Sekotong,ketika tengah memantau pelaksanaan Posyandu Keluarga di Desa Sekotong Tengah.Selasa (03/11/2020)



Lebih jauh ia menjelaskan bahwa jangkauan sasaran juga di upayakan sampai kepada keluarga, sesuai dengan program Keluarga Sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.Dengan adanya pendampingan oleh Kader, Dai dan Petugas,akan memastikan setiap individu mandapatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang diperlukan.


"Posyandu Keluarga bertujuan untuk meningkatkan  akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang   komprehensif dan Terintegrasi dan sejalan dengan RPJMD Provinsi NTB,"ungkap Nyoman.


Pelaksanaan posyandu Keluarga di Desa Sekotong Tengah berlangsung penuh semarak.Terlihat dari banyaknya sasaran yang datang berkunjung ke posyandu Dusun Sekotong 2.

Sebelum pelaksanaan Posyandu,terlebih dahulu di adakan senam lansia yang di ikuti puluhan lansia.Selanjutnya di lakukan kegiatan penyuluhan yang di lakukan oleh Kepala Desa,Kepala Puskesmas dan koordinator PKH. 


"Posyandu keluarga memiliki cakupan yang lebih luas daripada posyandu konvensional.Dan Pemerintah Desa Sekotong Tengah siap untuk memfasilitasi,"ujar Lalu Sarappudin,Kepala Desa Sekotong Tengah.(sid).