iklan

Jangan Biarkan Sang Penjaga Laut Lombok Ini Berjuang Sendirian-Voting Finalis Favorit SIA 2020.

Umar Dhani Sang Penjaga Ekosistem Pesisir Laut Lombok Asal Desa Batu Putih Kec.Sekotong Kab.Lombok Barat-NTB. 


Kimsekotong.com,-Kondisi alam dan lingkungan laut semakin hari semakin memprihatinkan. Melihat hal ini, Umar Dhani, sebagai seorang yang lahir dan dibesarkan di kawasan pesisir dan hidup dari hasil laut ini merasa bertanggung jawab untuk menjaga alam dan lingkungan laut yang menjadi tempatnya menggantungkan hidup. Ia pun memulai aksinya dengan melakukan hal-hal kecil seperti membersihkan pantai dan mulai mengajak remaja sekitar untuk sadar akan pentingnya lingkungan sejak 2013. Kegiatan ini mulai berkembang setelah para anggota mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pada 2015, kegiatan Umar dan komunitasnya semakin berkembang sehingga dibentuk kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) Deep Blue Sea. Berkat usaha Umar mencari informasi di media sosial untuk memperluas wawasannya dalam upaya pelestarian lingkungan laut, sampailah ia pada kesimpulan bahwa transplantasi karang untuk mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak adalah pilihan tepat. Informasi ini kemudian menjadi bagian dari kegiatan Pokmaswas Deep Blue Sea, yakni bertugas patroli dan rehabilitasi lingkungan dengan melakukan transplantasi karang. Ia berharap bahwa dengan menjaga keindahan alam pesisir tempat tinggalnya akan mengundang wisatawan untuk berkunjung. Maka, di luar kesibukannya menjaga alam, ia aktif mengedukasi pemuda di daerahnya agar memiliki keahlian dalam berenang, snorkeling, dan diving. Tujuannya agar para pemuda ini berdaya dan dapat menaikkan taraf perekonomian daerahnya.
Kiprahnya luar biasa dalam menjaga ekosistem pesisir Pulau Lombok,Umar Dhani yang merupakan putra kelahiran Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat ini,pantas untuk menjadi duta lingkungan dari Pulau Lombok.Dukung ia dengan cara mengklik namanya pada vote link di bawah
https://www.satu-indonesia.com/SIA2020vote/

Belum ada Komentar untuk "Jangan Biarkan Sang Penjaga Laut Lombok Ini Berjuang Sendirian-Voting Finalis Favorit SIA 2020."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel