Karya Bakti Restorasi Sungai Di Lombok Barat,Resmi Di Tutup Bupati Fauzan Khalid. -->

Karya Bakti Restorasi Sungai Di Lombok Barat,Resmi Di Tutup Bupati Fauzan Khalid.

Kim Sekotong
Selasa, 15 September 2020

Giri Menang,Senin 14 September 2020-Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid menutup secara resmi Karya Bakti Restorasi Sungai Di Wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Penutupan kegiatan restorasi di gelar dalam upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Sekotong.

Senin 14 September 2020 Pukul 08:30 Wita.

Sebelum gelaran prosesi upacara,Bupati dan rombongan di sambut oleh para muda mudi menggunakan pakaian adat sasak selanjutnya di iringi  gendang belek menuju kediamana Wakil Bupati Lombok Barat,Hj.Sumiatun.

Di kediaman wabup yang jaraknya sekitar 20 meter sebelah uatara Kantor Camat Sekotong tersebut,Bupati mendengarkan laporan singkat kegiatan karya bakti restorasi sungai melalui layar LCD. 

Sekitar 20 menit kemudian,

Bupati di dampingi Danrem 162/WB Letjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, beserta Wabup Lobar dan rombongan menuju tempat upacara penutupan di Halaman Kantor Camat Sekotong. 

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Lombok Barat,sementara peserta upacara terdiri dari berbagai unsur.Yakni Keluarga besar DPUTR Lobar,Forpimda Lobar,Forpincam Sekotong,Kepala Desa Sekotong Tengah dan Sekotong Timur, KMPS,Babinsa dan Babinkamtibmas Se Kecamatan Sekotong dan Kec.Lembar serta para tamu undangan lainnya.

Setelah laporan singkat di sampaikan oleh Dandim 1606/Lobar Kol Arm Gunawan S Sos MT,berikutnya yakni sambutan oleh Bupati Lombok Barat.

"Alhamdulillah,pagi ini kita semua bisa hadir di kantor camat sekotong pada upacara penutupan karya bakti Restorasi Sungai yang di komandoi oleh TNI sebagai ujung tombak,di back up penuh oleh BWS Provinsi NTB di bantu oleh Pemda Lombok Barat,"ucap Bupati Fauzan Khalid dalam sambutannya.

Menurut bupati,restorasi sungai di kabupaten Lombok Barat dapat berlangsung sukses berkat adanya kerjasama antara Pemda Lobar,TNI dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi NTB.Pada tahun kedua ini,restorasi sungai berpusat di sungai Kambeng Desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar dan Sungai Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah Kec.Sekotong.Adapun panjang badan sungai yang di restorasi adalah 2,4 kilometer.

Dengan suksesnya kegaiatn restorasi yag di mulai pada pertengahan Bulan Agustus dan di tutup pada tanggal 14 september 2020 ini,H.Fauzan Khalid mengharapkan agar masyarakat juga turut menjaga kelestariannya. 

Salah satu upaya yang di lakukan adalah melalui terbentuknya Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) di masing masing desa. 

"Dan akhirnya,ijinkan saya pak Danrem,untuk mengucapkan terima kasih kepada TNI dan BWS Provinsi NTB,atas suksesnya Karya Bakti Restorasi Sungai di Kabupaten Lombok Barat.Dan dengan mengucapkan Alhamdulillah,karya bakti restorasi sungai di Kabupaten Lombok Barat,saya nyatakan di tutup,"kata Bupati Lombok Barat.

Sementara itu, Dandim 1606/Lobar  Kolonel Arm Gunawan  menyampikan ucapan terimaksih Kepada  Pemerintah Lombok Barat khususnya Dinas PUTR yang telah mendukung terlaksananya restorasi sungai yang berjalan lancar dan aman sesuai dengan rencana. Termasuk ditambahnya sarana restorasi sepanjang 500 meter yang juga dapat terselesaikan dengan baik.


"Kami TNI sambut apa yang diharapkan Bupati Lombok Barat di mana tahun depan akan ada lagi pembanguan seperti ini. Tentu di lokasi yang berbeda dan kuantitas pekerjaannya lebih besar dan  panjang," katanya.


Selanjutnya, dandim menyebut restorasi Sungai Sekotong-Lembar melibatkan satu pleton pasukan untuk membantu restorasi. BWS membantu alat berat, operator termasuk bahan bakar. "Sedangkan anggaran dari Pemerintah Lombok Barat Sendiri,"Cetus Gunawan.


Hadir juga Wakil Bupati Hj Sumiatun, beberapa Forkopimda di antaranya ketua DPRD  Hj Nurhidayah, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani, Wakapolres Lobar Kompol L. Salehudin, Asisten I Agus Gunawan, Kadis PUTR Lombok Barat I Made Arthadana, Kadis LH Budi Darma Jaya, Camat Sekotong L. Pardita Utama, Camat Lembar Hasanudin, dan sejumlah anggota TNI-POLRI.

Upacara di tutup dengan do'a bersama setelah itu bupati dan rombongan kembali ke tempat kediaman Wabup Lobar sebelum menuju ke kantor pemerintahan masing-masing.(sid).