Restorasi Sungai Sekotong Sukses,Bupati Di Jadwalkan Meninjau Besok Pagi. -->

Restorasi Sungai Sekotong Sukses,Bupati Di Jadwalkan Meninjau Besok Pagi.

Kim Sekotong
Kamis, 27 Agustus 2020



Kimsekotong.com,-Restorasi sungai Telaga Lebur-Sekotong yang di lakukan oleh Kodim 1606/Lobar bersama Dinas PUPR Lobar dan BWS NTB di Desa Sekotong Tengah Kec.Sekotong Kab.Lombok Barat telah selesai di kerjakan. 

Sejak mulai di kerjakan pada sekitar 17 juli lalu,Restorasi sungai dalam bentuk pemasangan batu beronjong sepanjang 44 meter dalam satu titik dengan tinggi bronjong 2 meter lebih. Pemasangan bronjong tersebut rampung di kerjakan pada sekitar 23 agustus 2020.

"Alhamdulillah,sudah selesai di kerjakan 3 hari yang lalu,"terang Saeun,Ketua KMPS (Kelompok Masyarakat Peduli Sungai) Desa Sekotong Tengah.Saeun juga merupakan Kepala Dusun Sekotong 2 yang wilayahnya menjadi kawasan restorasi.

Sungai Sekotong yang di restorasi tersebut merupakan salah satu sungai yang setiap tahun menjadi penyebab banjir di Desa Sekotong Tengah.Sungai yang berhulu di Dusun Telaga Lebur ini memiliki panjang sekitar 3,5 Km,dan bermuara di Laut Lembar.

Dengan adanya restorasi tersebut,warga yang terdampak banjir di 4 dusun (Dusun Telaga Lebur,Sekotong 2,Suredadi dan Mekarsari) yang ada di sepanjang badan sungai sangat merasa bersyukur. 

"Alhamdulillah,dengan adanya restorasi Sungai Telaga Lebur-Sekotong akan dapat mengurangi dampak banjir serta menumbuhkan kepedulian warga untuk menjaga sungai,"kata Mahnun,Kadus Telaga Lebur Kebon.

Dengan menggunakan alat berat dari PUPR Lobar dan BWS,serta di kerjakan oleh para prajurit Kodim 1606 Lombok Barat di bantu warga masyarakat,restorasi sungai berlangsung sukses dan selesai sesuai waktu yang di tentukan.Sehingga karena hal tersebut,berdasarkan informasi yang beredar,Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid,di jadwalkan akan meninjau lokasi restorasi pada Jum'at (28/08) besok pagi. 

"Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa atas limpahan karuniaNya sehingga pengerjaan restorasi kali sekotong selesai pengerjaannya.Terima kasih  kami ucapkan ke TNI dan Pemda Lobar khususnya Pak Bupati yang akan meninjau besok jumat.Juga kepada PU Lombok Barat yang telah memperhatikan kebutuhan kami di Desa Sekotong Tengah.Semoga dengan telah di restorasinya sungai ini, bisa mengurangi banjir di Desa Sekotong Tengah dan semoga bermanfaat amin,"tulis Kades Sekotong Tengah,Lalu Sarappudin.(sid).