PKK NTB Dan Lombok Barat,Bersinergi Berdayakan Posyandu. -->

PKK NTB Dan Lombok Barat,Bersinergi Berdayakan Posyandu.

Kim Sekotong
Selasa, 25 Agustus 2020

Ketua TP.PKK Lombok Barat dan Ketua TP.PKK NTB. 

 Kimsekotong.Com,-Giri Menang,25 Agustus 2020,-Posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di tingkat bawah.Sehingga dengan perannya tersebut, pembinaan Posyandu harus terus di lakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Oleh sebab itu,dalam rangka memberikan pembinaan kepada para kader pos pelayanan terpadu (Posyandu) di desa, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Ketua TP-PKK Lombok Barat turun langsung untuk melakukan monitoring dan evaluasi di lapangan. Salah satunya seperti yang dilakukan dengan mengunjungi  Posyandu Mekar Harapan di Dusun Tatar Tengah, Desa Lebah Sempage, Kec. Narmada, Selasa (25/8).

"Alhamdullah kami tim penggerak PKK Lombok Barat, khususnya di Dusun Tatar Tengah, Desa Lebah Sempage, kami datang melakukan pembinaan posyandu untuk yang ketiga kalinya," aku Ketua TP.PKK Lombok Barat,Hj.Khairatun Fauzan Khalid.

Di akui juga oleh istri dari Bupati Lombok Barat,H.Fauzan Khalid ini,bahwa kedatangannya kali ini bersama Ketua TP.PKK Nusa Tenggara Barat.Dan Khairatun pun merasa sangat senang dan gembira.

"Kita sangat bergembira sekali dan bersenang hati untuk ke sekian kali turun bersama Ketua TP-PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah untuk melakukan pembinaan posyandu,"ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa TP-PKK Lombok Barat di dalam membantu program Pemerintah Daerah untuk terus bagaimana upaya meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat, khususnya sekarang ini adalah melalui posyandu.

Selain itu dia menyebut, pertama dulu datang ke dusun ini mengumpulkan beberapa posyandu dan melakukan pembinaan. Lanjut yang kedua mendapatkan laporan bahwa pada saat itu ada anak yang kena gizi buruk dan selanjutnya langsung ke lokasi, sehingga secara intens memberikan penyuluhan pada saat itu kepada sasaran yang ada.

"Alhamdulillah kedatangan kami yang ketiga sekarang ini di Dusun Tatar Tengah, tidak ada lagi di posyandu ini bayi yang terkena gizi buruk," jelasnya.
Dan ia juga berharap agar Posyandu Mekara Harapan menjadi posyandu keluarga.

"Insya allah untuk ke depan Posyandu Mekar Harapan kita ini  akan menjadi posyandu keluarga," harapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyampaikan rasa syukur dan bahagia bisa hadir untuk melihat langsung kegiatan yang dilakukan oleh posyandu di Desa Lebah Sempage.

"Sekitar 6 bulan kita mengalami pendemi Covi-19 ini, dimana kegiatan yang mengumpulkan masyarakat juga dibatasi dan Posyandu kita juga ditiadakan sehingga diganti dengan kunjungan ke rumah-rumah," tutur Niken.

Niken yang juga Istri Gubernur NTB ini menceritakan bahwa Ketua Tim Penggerak PKK Lobar menyampaikan di Lombok Barat sudah dimulai posyandu dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya berkesempatan pada hari ini bisa mengunjungi Posyandu Mekar Harapan Desa Lebah Sempage untuk melihat ibu-ibu kader berkumpul kembali melakukan posyandu dan melihat ibu lansia berolahraga bersama," jelasnya.

Dia juga menambahkan, beberapa waktu yang lalu melakukan kegiatan Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (PGDT) untuk mendeteksi dan melakukan terapi kepada anak-anak yang menderita gizi buruk dan stunting. Dan ini dilakukan menggunakan pitalilla di beberapa posyandu yang ditunjuk di pulau Lombok.

Pada kesempatan itu juga Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan Hj.Khaeratun Fauzan Khalid memberikan vitamin A kepada anak balita dan membagikan masker.